Honda City Hatchback RS Resmi Hadir, Model Anyar dengan Mesin Baru

Honda City Hatchback RS Resmi Hadir, Model Anyar dengan Mesin Baru

Setelah sempat menjadi perdebatan dan tanda tanya, Honda City Hatchback resmi mendebut di Tanah Air. PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan ke publik lewat seremoni virtual pada hari ini, Rabu (3/3/2021). Tampilan dan fiturnya sudah terkuak, pemesanan sudah bisa dilakukan, namun HPM belum merilis soal harga. Rencananya baru akan diumumkan April mendatang bersamaan dengan pengiriman unit ke konsumen. Yuk kenalan dengan City pertama tanpa bokong ini.

Kedatangan Honda City Hatchback ini ternyata juga menjadi salam perpisahan. Pihak HPM mengemukakan kehadiran hatchback ini sebagai penanda berakhirnya produksi Honda Jazz. Jalur perakitan langsung berganti memproduksi City Hatchback RS di pabrik Karawang. Berarti berakhirlah kiprah Jazz yang telah mengisi segmen hatchback Honda sejak 2004. Tentunya dilanjutkan oleh City HB.

"Hatchback merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia, Honda juga menjadi brand yang memiliki tempat yang kuat di segmen ini. Kami telah mempelajari kebutuhan model yang lebih sporty untuk pelanggan di segmen ini, dan kami yakin Honda City Hatchback RS akan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia dan melanjutkan nilai-nilai warisan Honda di pasar hatchback," kata Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam konferensi pers virtual.

Honda City Hatchback RS

Satu Varian

Untuk komsumen Indonesia, hanya ada satu varian yang ditawarkan yaitu RS. Tampilannya secara umum sama seperti di pasar Thailand. Desain eksterior sesuai City generasi terbaru tanpa bagasi sedan. Memakai bahasa desain baru dengan ciri Honda yang masih banyak melekat. Headlamp tampak memicing dan menyatu dengan grille, mirip Accord dan Civic. Terlihat jenis lampu LED dan ornamen hitam tanpa banyak elemen krom sebagai penegas karakter sporty. Emblem RS pun tertera jelas sekaligus dikenalkan sebagai keluarga RS terbaru di Indonesia.

Tapi model yang dijual di sini tak sepenuhnya identik dengan Thailand. Soal teknis punya diferensiasi tersendiri. Terutama dari pilihan mesin yang hanya ada satu. Di sini mendapat mesin 4-silinder 1,5-liter DOHC i-VTEC naturally aspirated. Tenaganya mencapai 120 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Tidak ada opsi mesin turbo 1.0L.

Kalau cuma melihat sepintas, jantung pacunya sama seperti mesin Honda Jazz dan model lain berkapasitas sama. Tapi ternyata berbeda dan merupakan pengembangan enjin terbaru dari Honda. Istimewanya memakai konstruksi DOHC, berbeda dibanding lainnya yang SOHC. Diklaim tetap bertenaga dan efisiensi tetap tinggi. Lalu tersedia dua pilihan transmisi: CVT dan manual 6-speed. Khusus manual juga sebuah keistimewaan untuk pasar Tanah Air. Sebab tidak tersedia di Thailand.

Baca juga: Honda City Hatchback RS Meluncur Gantikan Jazz di Indonesia, Berapa Harganya?

Honda City Hatchback RS

Fitur

Fitur keselamatan tanpa kehadiran Honda Sensing. Namun sudah sangat mencukupi lewat kelengkapan yang ada. Seluruh penumpang dilindungi 6 titik airbag dan masing-masing kursi dilengkapi ELR (Emergency Locking Retractor). Peranti aktif standar termasuk Vehicle Stability Assist (VSA), Hill-Start Assist (HSA), begitu pula ABS+EBD dan BA. Hasil uji tabrak ASEAN NCAP terbukti meyakinkan. Berkat fitur konstruksi baru berhasil diganjar rating 5 bintang.

Soal kenyamanan kabin mendapat perhatian lumayan banyak. Honda menekankan fitur kenyamanan serta hiburan. Terpusat di monitor 8 inci dengan ragam fungsi dan Smartphone Connection. Termasuk di dalamnya Android Auto serta tak ketinggalan Apple CarPlay. Fitur tak kalah penting tersedia Remote Engine Start. Menyalakan mesin bisa dari jauh hanya menekan tombol di remote kunci.

Dimensi bodi tergolong besar untuk ukuran hatchback. Panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm dan wheelbase 2.600 mm, melebihi lawan terdekatnya, Toyota Yaris. Berimbas ke lapangnya kabin demi mendapat akomodasi terbaik. Pengaturan kursi pun bisa sangat fleksibel. Terbukti dari hadirnya fitur ULTRA Seat mewarisi dari Honda Jazz dan HR-V. Dudukan kursi dapat dilipat ke atas agar dapat menampung barang berukuran panjang. Berbagai format pengaturan kursi dapat disesuaikan kebutuhan. Sangat praktis.

Honda City Hatchback RS

Pilihan Warna

Pilihan kelir bodi ada 6 pilihan warna. Antara lain Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan warna baru Meteoroid Gray Metallic. Ingin personalisasi lebih juga disediakan paket aksesori dari Modulo. Mulai dari Door Visor, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, dan Rear Under Spoiler.

Soal harga bisa menjadi spekulasi tersendiri. Meski beberapa kali mendapat pertanyaan, pihak HPM enggan memberi bocoran sedikit pun sampai April nanti. Namun ia menjanjikan konsumen bakal mendapatkan harga yang layak dengan produk yang ditawarkan.

"Harga memang belum diumumkan. Beberapa saat menjelang delivery akan kami umumkan. Yang pasti kami akan berikan value for money yang tinggi. Nanti ditunggu saja," ujar Yusak Billy. Bila ingin menebak bisa mematok dari Thailand. Varian RS di sana dibanderol 749 ribu Baht atau setara Rp 349,9 jutaan. Bisa jadi berada di teritori harga Honda Jazz. (Odi/Raju)

Baca juga: Tertangkap Basah, Inikah Wujud Generasi Keenam Honda CR-V?