Gaya Ekstrem Honda Jazz Offroad, Lengkap dengan Snorkel

Gaya Ekstrem Honda Jazz Offroad, Lengkap dengan Snorkel
Gambar
Review Pengguna

Jalan perkotaan sangat cocok bagi Honda Fit atau biasa dikenal di Tanah Air dengan Jazz. Gaya hatchback lima penumpang ini begitu modern. Namun, hal itu tak berlaku bagi Jefferson Baluyot Palma, pria asal Filipina yang mentransformasi Fit debutan 2015 miliknya dengan konsep offroad.

Bukan tanpa sebab, mobil jinak itu dimodifikasinya. Minat Palma terhadap modifikasi sudah cukup lama. Sebelumnya, ia pernah mengotak-atik Hyundai Veloster. Untuk Fit sendiri, terdapat motivasi tersendiri. Lantaran pernah mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah di bodi, akhirnya ia memutuskan memodifikasinya bergaya offroad. Sebenarnya ini telah dilakukan sejak tahun lalu, dan terus di-update.

modifikasi Honda Jazz offroader

Untuk mendapatkan kemampuan offroad, sudah pasti ground clearance perlu ditinggikan. Lift-kit 2,5 inci disematkan ke suspensi depan, dan belakang 4 inci. Kemudian pelek bawaan pabrik ditukar dengan XXR 257 berdiameter 16 inci dan lebar 8,25 inci. Palangnya sederhana bertabur kelir abu-abu gelap. Komponen itu dibungkus ban MT buatan Kenda Klever dengan spesifikasi 254/75. Membuatnya dapat menggaruk tanah lebih mumpuni. Namun, karet bundar itu tak serta-merta bisa langsung dipasang. Diperlukan ruang lebih besar agar muat. Palma pun memangkas sedikit area kaki-kaki.

Sisi bodi dipasangkan fender, diambil dari Jeep Cherokee. Ia membeli dua fender bagian depan untuk dipasangkan ke empat titik. Bentuknya dikustom lagi, terutama pada bagian belakang. Lantaran pintu tak bisa terbuka karena tertahan olehnya. Side skirt dilengkapi rock slider terbuat dari metal, sehingga cukup kuat melindungi bodi terhadap benturan batu.

Baca juga: Tak Sampai Rp 200 Juta, Mobkas Keren Honda City 2016 Layak Dipertimbangkan

Pada bagian depan, bumper bermaterial sama diaplikasikan. Palma melakukan modifikasi agar berpadu apik membungkus hidung Jazz. Grille palang tetap dipertahankan, meski memang sedikit diotak-atik. Guna menyematkan sektor penerangan lebih tajam. Rupa makin garang, kesan mobil perkotaan tak lagi terlihat. Belum lagi perangkat winch dan lampu LED terintegrasi ke dalamnya. Membuatnya terlihat kompak.

Bumper itu pun menjadi dudukan untuk dua foglamp khas offroad. Guna mengontrol winch dan foglamp, pria yang kini tinggal di Amerika Serikat (AS) ini membenamkan tombol di dalam kabin. Namun, alat pengatrol juga bisa diseting dengan menyambungkan remote ke soket di bawah kap mesin.

Modifikasi Honda Jazz Fit offroad

Kap mesin dilubangi pada kedua sisi. Untuk menempatkan insang yang berfungsi sebagai jalur keluar udara panas, akibat mesin pembakaran. Sisi depan mobil juga dilubangi untuk memberikan jala bagi snorkel atau alat pengisap udara khusus offroad. Komponen diambil dari Toyota Land Cruiser yang dikustom, sehingga terpasang baik di pilar A. Ini masih ditambah emblem Honda yang menempel. Menariknya, sambungan snorkel ke jantung mekanis tak menggunakan komponen dari brand otomotif apapun. Melainkan pipa PVC yang dibentuk agar muat tersimpan di bawah kap.

Bodi belakang tak banyak diubah bentuk. Namun, beragam komponen menempel. Tampak jeriken untuk menyimpan bahan bakar duduk rapi di dudukan. Sebelahnya terdapat ban serep yang dikaitkan ke mounting. Palma harus menambatkan perangkat itu ke sedikit bagian pintu buritan dan spoiler bodi. Tatanan ini mengharuskan Palma untuk memindahkan posisi kamera parkir, karena terhalang ban cadangan. Sementara di bawah terdapat kait untuk towing. Area atap cukup simple, cuma ketambahan roof rack.

Interior tak banyak diubah. Dasbor disematkan gauge untuk menginformasikan tekanan dan temperatur oli, air dan transmisi. Lalu spion tengah digantikan layar khusus yang melayang di langit-langit. Menampilkan proyeksi dari kamera di bokong. Tak ada ubahan untuk jantung mekanis. Masih menganut empat silinder berkubikasi 1,5 liter. Sistem penggeraknya juga sama, two-wheel drive di depan. Hanya sistem pembuangan gas yang disetel lagi, untuk menghasilkan suara yang lebih galak dan bulat. Walau begitu, mobil tetap mumpuni untuk dibawa melintasi jalur offroad. Ini dibuktikannya dalam sejumlah video yang diunggahnya melalui akun YouTube Whatzs Production. (Hfd/Tom)

Sumber: The Drive, YouTube Whatzs Production

Baca juga: Nissan GT-R Offroad, Modifikasi Godzilla Dua Alam

Jelajahi Honda Jazz

Honda Jazz Rp 252,5 - Rp 295 Juta Cicilan : Rp 5,76 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store