Modifikasi Melawan Kodrat, Toyota FJ Cruiser Bergaya Slammed

FJ Cruiser, offroader besutan Toyota yang punya desain unik. Gayanya memadukan FJ40 dengan gaya modern. Sambil tetap menyajikan nuansa tangguh, mobil ini menyimpan potensi untuk dimodifikasi lebih liar lagi. Di saat banyak rumah modifikasi mentransformasi menjadi semakin jago menggaruk tanah. Atoy Customs, modifikator asal Filipina justru melakukan berani berlawanan arah.

Mobil ini kini lebih cocok untuk melewati jalan perkotaan, ketimbang alam lepas. Bagaimana tidak. Konsep slammed diterapkan. Terlihat dari ground clearance yang jauh lebih rendah dari versi saat keluar pabrik. Untuk mewujudkannya, Atoy Customs mendesain ulang komponen kaki.

Toyota FJ Cruiser modified

Shock absorber Tein Enduro Pro+ dengan spring KYB Xtage 40 mm dipilih. Setelannya sedikit diubah, sehingga kesan ceper kentara. Rupa tangguh tak dihilangkan pada sektor kaki-kaki. Pelek Stealth Custom Series F5 berukuran 17 inci dan berwarna gelap dipasang ke empat sisi. Palang tebalnya berpadu apik bersama ban Falken ZIEX STZ berkonfigurasi 275/65. Corak tapaknya cocok untuk melekat ke jalan aspal perkotaan. Sementara sistem pengereman bawaan diganti dengan MaxSpeed 355 enam piston di balik roda.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Fortuner Gaya Off-road Mentereng dari India

Tak hanya kaki-kaki, untuk melengkapi tampilan eksterior juga dipercantik. Bumper depan menggunakan komponen kustom dengan lubang udara untuk mendinginkan pengereman. Mirip bentuk pabrikan, tapi dibuat lebih lebar, agar terkesan ground clearance makin rendah. Belum puas, dudukan grille untuk lampu kabut besar bertengger di atas bumper. Penerangan utama juga di-upgrade LED PIAA 6000k.

Fj cruiser lowered

Pada sisi mobil terpampang flare fender besar dari serat karbon ditempeli mudguard. Sementara area belakang ketambahan spoiler ducktail hitam yang juga dari serat karbon. Kemudian ban cadangan yang menggantung di pintu, dilepas. Selain membuat tampilannya lebih atraktif, berat kendaraan ikut tereduksi, guna meningkatkan performa melesat. Buritan disempurnakan lagi dengan rear diffuser kustom sederhana yang memancarkan aura tangguh.

Jantung mekanis ikut diotak-atik. Atoy Customs menggandeng DTM Motorsport untuk men-tuning ECU mesin 1GR-FE V6 berkubikasi 4,0 liter. Kemudian saluran intake diperkuat AFE GT Momentum. Komponen lain seperti AFE Throttle Body spacer dibenamkan. Performa turut didukung ubahan sistem pembuangan gas. Sistem catback diimplementasikan, yang terdiri dari header long tube AC, pipa Y AC dengan dua resonator bullet, muffler Borla Atak Crate dan Borla Black chrome tips. Alhasil tenaga yang dikeluarkan kini mencapai 238 hp dan torsi 343 Nm dengan meminum bahan bakar RON95.

FJ cruiser engine

Interior ditransformasi dengan mengganti jok dengan model highback, tanpa menghilangkan fungsi bawaan. Ini masih ditambah armrest. Pengemudi mengontrol arah roda depan menggunakan kemudi Greddy. Kenyamanan seluruh penumpang ditopang perangkat audio modifikasi, terdiri dari speaker Firland Separates dan amplifier, serta subwoofer Blaupunkt. (Hfd/Odi)

Sumber: Street63

Baca Juga: Liberty Walk Rilis Paket Body Kit Toyota GR Supra, Sarat Nuansa Balap