• Wishlist

Detail Mazda CX-9 All-Wheel Drive, Mirip Varian 2WD dengan Sentuhan Ekstra

Detail Mazda CX-9 All-Wheel Drive, Mirip Varian 2WD dengan Sentuhan Ekstra

CX-9 AWD menduduki posisi teratas dari seluruh jajaran Mazda. Bagaimana tidak, ia mencetak banderol termahal, Rp 954,9 juta. Belum lagi tambahan Rp 4 juta bila menginginkan kelir khas Mazda: Soul Red Crystal Metallic atau Machine Grey Metallic. Agar setimpal dengan uang tebusan tentu disematkan fitur komplet, berikut detailnya.

Eksterior

Dari luar, SUV ini mencirikan kemewahan lewat dimensi gambot. Ukuran memanjang dicatatkan 5.075 mm, berarti di kisaran panjang tubuh Toyota Land Cruiser 200 meski tidak lebih tinggi. Di samping dimensi, elemen fungsional memanfaatkan barang-barang berkelas. Pendar lampu depan menganut perangkat LED disertai otomatisasi sakelar dan pengaturan ketinggian arah. Pendar dioda turut diaplikasikan ke foglamp serta lampu belakang.

Barang penunjang nuansa mewah lain adalah elektrik sunroof di kepala. Sampai saat ini lubang kaca di atap selalu sukses mendongkrak tampilan guna menyajikan rasa kelas atas. Tak hanya itu, electric power tailgate dibuat menggugah lewat penambahan handsfree function. Tinggal menyodorkan kaki ke kolong buritan, pintu bagasi akan membuka sendiri. Peranti seperti ini umum eksis di model premium.

Interior Mazda CX-9 AWD

Interior

Ide serupa turut diaplikasikan ke dalam kabin guna menunjang rasa. Material isolasi suara seberat 24 kg berikut Sound Insulating Glass memastikan kesunyian dari dunia luar. Telinga penumpang bakal dimanja Sound System rancangan BOSE berisi 12 speaker dan subwoofer.

Hiburan dalam kabin tersaji lewat sistem infotainment 9 inci. Otak MZD Connect Infotainment System mengisi jiwa dalam head unit, kini sudah punya kemampuan konektivitas smartphone. Perangkat eksternal dapat terkoneksi melalui USB, AUX, dan Bluetooth. Permainan teknologi layar dalam interior disudahi oleh Active Driving Display full colour, memancarkan informasi persis ke windscreen.

Baca Juga: Si Bongsor Mazda CX-9 Kedatangan Varian AWD, Dibanderol Rp 954,9 juta

Fungsi pengaturan elektris disediakan untuk kedua bangku depan. Mulai dari setting ketinggian, pergeseran, dan sudut rebahan ada di keduanya. Tersedia pula fungsi ventilasi dan pemanas. Khusus kursi pengemudi, ada tambahan pengaturan lumbar dan power adjustment memory.

Ya, daftar equipment seakan tidak berbeda dengan varian 2WD. Namun, sebaiknya perlu suasana berbeda agar definisi kasta atas terasa jelas bukan? Mazda pun memikirkan hal itu, mereka membungkus jok tipe AWD dengan Nappa Leather. Ornamen penghias memanfaatkan Real Wood Panel di beberapa titik. Tak hanya itu, spion tengah ditempelkan komponen frameless berikut fungsi auto dimming sehingga pandangan ke belakang lebih luas.

2020 Mazda CX-9 engine

Mesin

Urusan pemacu daya mengeksploitasi unit Skyactiv-G 2,5 liter turbo serupa varian non-AWD. Tanpa ada pengembangan apapun, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 231 PS pada 5.000 rpm. Yang menarik adalah jumlah torsi berlimpah diraih sejak putaran bawah. Total 420 Nm dapat diekstrak sejak 2.000 rpm. Buncahan daya ini kemudian dapat tersalur ke empat roda melalui girboks otomatis enam percepatan.

Sistem penggerak empat roda kepunyaan Mazda cukup unik. Mereka sebut i-Activ, sistem bekerja secara mandiri sesuai deteksi berbagai sensor. Dalam kondisi normal, tenaga hanya tersalur ke roda depan. Lantas ketika otak komputer mengidentifikasi selip, barulah sebagian diarahkan ke roda belakang. Semua itu didasari banyak faktor mulai dari kecepatan roda, posisi pedal, sampai temperatur di luar ikut dipertimbangkan.

Handling aman dan nyaman didukung oleh G-Vectoring Control Plus. Pergerakan tubuh kala menikung diatur sedemikian rupa oleh simfoni mesin, transmisi, rem, dan sasis agar menyajikan handling stabil sekaligus menyenangkan. Selain penyesuaian torsi mesin, komponen rem bantu mengendalikan kemiringan arah tubuh kala menikung.

Mazda CX-9 AWD power tailgate

Fitur Safety

Perangkat keselamatan standar sudah pasti komplet. ABS, EBD, Dynamic Stability Control,dan Traction Control, tak perlu ditanya keberadaannya dalam sebuah mobil premium masa kini. Airbag saja sudah enam titik. Semua ini diberikan ekstra Hill Launch Assist, sensor parkir depan belakang, serta kamera 360 derajat.

Namun Itu saja belum cukup. Mazda membekali peranti keselamatan komplementer i-Activsense. Diantaranya ada Blind Spot Monitoring (BSM) , Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Lane Departure Warning System (LDWS), sebagai alat peringatan bagi pengemudi. Lalu, CX-9 AWD juga punya sistem pengereman aktif Smart City Brake Support (maju dan mundur) berikut Pedestrian Brake. Driver Attention Alert menyudahi daftar kelengkapan safety, berfungsi untuk memberikan peringatan bila mengantuk. (Krm/Odi)

Baca Juga: Mazda Segarkan New CX-3, Ada Dua Varian Baru

Jelajahi Mazda CX 9

Mazda CX 9 Rp 849,9 - Rp 954,9 Juta Cicilan : Rp 19,39 Juta

Bandingkan & Rekomendasi