Daihatsu Terios akan ada Penyegaran, Bakal Ada Fitur Baru

Daihatsu Terios akan ada Penyegaran, Bakal Ada Fitur Baru

SUV populer Daihatsu Terios akan mendapatkan penyegaran. Pengumuman ini disampaikan langsung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam sebuah undangan yang diterima redaksi Oto.com. Dalam pemberitahuan tersebut diungkapkan pertemuan virtual, Jumat (17/9) mendatang, untuk membahas pengembangan Daihatsu Terios. Tentu ini memberikan tanda tanya, apa yang akan dihadirkan pihak Daihatsu?

Terios sejatinya memang perlu mengalami pembaruan. Ini karena si saudara kembar Toyota Rush sudah mendapatkan penyegaran beberapa waktu lalu dengan kehadiran Rush GR Sport. Nah, biasanya, ada yang dilakukan Toyota juga dilakukan Daihatsu. Ini terkait produk kembar mereka.

Low SUV dari Daihatsu ini hadir pertama kali pada akhir 2006 bersamaan dengan Rush. Pembaruan terakhir ada di akhir 2017, juga dengan Rush, dimana ini termasuk perubahan besar terlihat dari desain dan teknologi yang digunakan. Sejak terakhir diperbarui, nyaris tidak ada ubahan sama sekali pada SUV populer tersebut. Belakangan memang desakan untuk memberikan pembaruan pada Terios semakin besar. Ukuran empat tahun memang cukup lama untuk sebuah model.

Daihatsu Terios

Fitur Idling Stop

Tapi pertanyaan ini sebenarnya sudah terjawab di media sosial. Dari beberapa akun tenaga penjual Daihatsu, memang SUV ini mendapatkan pembaruan dari sisi fitur.

Salah satunya adalah akun Instagram DaihatsuSurabayaPangsud. Dalam keterangan unggahannya, disebutkan Terios mendapatkan fitur Idling Start Stop system. Fitur ini memang tidak ada di model sebelumnya dan baru saat Rush GR Sport hadir, fitur ini diperkenalkan.

Mengingat Rush juga merupakan produksi Daihatsu, jadi bisa disimpulkan tinggal tunggu waktu fitur ini akan diberikan pada Terios. Dan ternyata calon konsumen Daihatsu bisa dipastikan akan mendapatkan fitur tersebut di Terios sesaat lagi.

Fitur Idling start stop ini membuat mesin mati secara otomatis saat kendaraan berhenti di tengah kemacetan atau lampu merah. Tujuannya untuk menghemat bahan bakar dan juga membuat emisi gas buang semakin rendah. Apakah sebagai langkah menyambut pajak emisi bulan depan? Bisa jadi.

Fitur Idling Start Stop ini akan melengkapi beberapa fitur yang ada di Terios saat ini, baik di sisi keselamatan maupun kenyamanan. Saat ini Terios memiliki fitur Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, serta pengereman ABS EBD. Kemudian ada fitur around view monitor, enam speaker di seluruh kabin, immobilizer dan engine start stop.

Baca juga: Toyota Sajikan Produk Baru Rush GR Sport, Apa Bedanya?

Toyota Rush GR Sport

Jika ingin dibandingkan dengan si saudara kembar Rush, fitur Daihatsu Terios nantinya tidak akan berbeda jauh dengan Rush. Terios saat ini belum memiliki enam airbag seperti Rush namun dengan hadirnya beberapa fitur keselamatan lain, bisa menjadi daya tarik untuk calon konsumen yang menginginkan mobil low SUV.

Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah apakah Daihatsu juga akan menghadirkan desain yang berbeda seperti yang dilakukan Toyota dengan Rush GR Sport? Pertanyaan ini sebenarnya sudah dijawab oleh pihak Daihatsu bahwa mereka tidak akan menghadirkan pendekatan yang sama dengan Toyota sehingga Terios dengan ornamen aksesori sporty tidak akan ditemui dalam waktu dekat ini.

Terios sendiri sudah memiliki bahasa desain yang berbeda, terlihat pada varian teratas R Custom. Grill depan menggunakan sentuhan krom dengan desain bumper guard di bagian bawah yang membuat tampilannya makin kokoh. Ada juga side stone guard di samping dengan sentuhan stiker berwarna merah.

Spesifikasi lainnya tetap sama dengan Rush seperti dimensi, Terios menawarkan ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Mesinnya menggunakan 2NR VE-DOHC Dual VVTi 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 104 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm yang dipasangkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Terios menjadi salah satu produk terlaris Daihatsu. Bulan lalu, Terios berkontribusi sebesar 15 persen dari market Daihatsu atau di tempat ketiga dengan model yang pertama adalah Granmax pick up dan kedua Sigra. Model SUV ini menjadi salah satu produk yang mendapatkan keringanan pajak PPnBM dari pemerintah sejak Maret 2021 lalu sebesar 100 persen hingga Agustus. Saat ini Terios mendapatkan diskon 25 persen sesuai dengan peraturan pemerintah. (Sta/Raju)

Daftar Harga Terios:

Tipe Harga
X MT Rp 210.900.000
X MT DLX Rp 220.900.000
X AT DLX Rp 230.700.000
R MT Rp 243.100.000
R MT DLX Rp 253.100.000
R AT Rp 252.900.000
R AT DLX Rp 262.900.000
R MT Custom Rp 255.000.000
R AT Custom Rp 264.800.000

 

Baca juga: Mengulik Desain Daihatsu Xenia 2022, Tampilannya Total Berganti

Jelajahi Daihatsu Terios

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Grand Xenia
    Daihatsu Grand Xenia
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Daihatsu Terios Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Terios

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang