Belum Resmi Diluncurkan, Audi RS Q8 buat Geger Jagad Super SUV di Nürburgring

Belum Resmi Diluncurkan, Audi RS Q8 buat Geger Jagad Super SUV di Nürburgring
Gambar
Review Pengguna

Semakin banyak SUV mengadu ketangkasan di Sirkuit Nürburgring, Jerman, demi titel ‘Raja’. Berita paling hangat datang dari pergumulan Mercedes-Audi. Seolah ditusuk dari belakang, takhta Mercedes AMG GLC63 dikudeta oleh Audi RS Q8. Super SUV asal Neckarsulm, Jerman, ini naik ke singgasana SUV Green Hell dengan menorehkan waktu 7 menit 42,253 detik.

Prestasi impresif RSQ8 tentu membuat para musuh bebuyutan kegerahan. Pasalnya, model Q8 sendiri merupakan pendatang baru di segmen SUV kupe. Bara api persaingan kian panas mengetahui model racikan Audi Sport belum sepenuhnya resmi meluncur. Dikabarkan baru rilis bulan ini sebagai bagian gempuran performa tinggi 2019, melengkapi RS3, RS3 Sportback, RS6 Avant, dan RS7 Sportback.

Kehebatan sang SUV kencang berasal dari jantung pacu RS6. Unit V8 4.000 cc twin-turbo dibekali kemampuan tenaga sebesar 592 hp. Walau bisa dipastikan bobot mobil tidak ringan, momen akselerasi menuju 100 kpj membutuhkan waktu 3,8 detik saja. Capaian ini sukses terlaksana berkat torsi puncak 800 Nm. Potensi jantung terus diperas hingga kecepatan 306 kpj.

Ada dukungan suspensi canggih agar cekatan saat melahap tikungan. Balans handling memanfaatkan air suspension serupa SQ8, termasuk anti-roll bar aktif 48V. Sistem anti-roll bar perlu sebab menahan pergeseran bobot saat menikung. Perangkat lunak diotak-atik agar bantingan lebih optimal. Melansir dari Autocar, tekanan per 10% lebih kaku dan kekuatan peredaman aktif meningkat 15%. Bantuan kendali lainnya adalah teknologi four-wheel steering serta torque-vectoring Sport rear-differential.

Daya cengkeram utama diprakarsai oleh ban khusus Pirelli P Zero 295/35 ZR23. Karet bundar ini diklaim bisa mengantarkan performa di sirkuit dan juga dipakai harian. Seperti diutarakan kepala pengembangan Audi Sport Victor Undenberg, "kami menginginkan ban senyap, nyaman, dan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca sekaligus menorehkan waktu cepat di sirkuit. Target kami tercapai melalui ban ini.”

rekor SUV tercepat

Tidak ada perubahan eksterior yang berarti dari varian lebih rendah. Para insinyur terlalu sibuk merancang kapabilitas untuk dua dunia berbeda. Paling jelas terlihat adalah pelek 23 inci mengisi ruang sepatbor berlimpah, membuat kaki Audi RSQ8 tampak jenjang tanpa mengganggu proporsi tubuh.

Grille mendapatkan revisi minimalis menggunakan material serat karbon. Sisi terbawah bumper seolah sedang ditumbuhi spoiler memanjang hingga ke samping. Melongok buritan, tampak dibenamkan diffuser agresif, membalut dual exhaust khas RS. Fitur kabin sudah seharusnya mendapatkan sentuhan spesifik seperti pada Instrument Cluster, mengingat ia adalah kasta tertinggi dari model Q8. (Krm/Odi)

Sumber: Motor1, Autocar

Baca Juga: Audi Siap Hadirkan Teknologi Cahaya Inovatif Pakai OLED

Jelajahi Audi Q8

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store