Mampu Berlari seperti Supercar, Inilah 10 SUV Terkencang 2020

Mampu Berlari seperti Supercar, Inilah 10 SUV Terkencang 2020

SUV merupakan kendaraan yang diperuntukkan sebagai transportasi segala medan. Lebih tepat dipakai di kontur jalan kurang bersahabat yang tidak cocok untuk mobil jenis sedan. Bodi besar dan penggerak 4x4, sulit diharapkan untuk melaju cepat di atas aspal mulus. Bukan itu habitat sebenarnya.

Tapi kini tren sudah semakin bergeser. Di tengah semakin meningkatnya permintaan SUV, pabrikan punya cara untuk memenuhi hasrat penyuka kecepatan. SUV sekarang tidak hanya piawai di medan off-road, tapi sudah setara supercar. Kami merangkum 10 SUV dengan akselerasi secepat kilat dan kecepatan puncak tertinggi yang beredar di pasaran sekarang. Sebagian ada yang dijual di Indonesia.

10. Tesla Model X P100D

Tesla model X

Inilah masa depan industri otomotif. Mau menghasilkan tenaga dan torsi sebesar apapun, dari mesin dengan bantuan induksi bermacam-macam, tetap kalah dari mobil listrik. Model X merupakan model SUV Tesla yang dianugerahi performa serupa line-up Tesla lain. Sumber tenaga berasal dari dua motor listrik dan baterai dengan kapasitas berbeda-beda.

Paling fenomenal tentu varian P100D dengan baterai 100 kWh. Memiliki Ludicrous Mode seperti Tesla Model S, sehingga tercipta tarikan brutal 0-100 kpj dalam 3,1 detik! Jarak tempuh dari kondisi baterai penuh mencapai 465 km. Start awal pasti unggul dari super-SUV lain. Tapi setelah melewati 1,6 km, ia langsung dilibas. Karena kecepatan puncak hanya sebatas 249 kpj.

9. Mercedes-AMG GLC 63 S Coupe

AMG GLC63 Coupe

Mercedes bergenre SUV crossover yang saling berbagi platform C-Class, masuk dalam 10 besar SUV terkencang. Semua itu berkat ulikan tangan ahli insinyur Affalterbach di divisi AMG. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 3,8 detik. Didapat dari tenaga enjin sebesar 503 hp (510 PS) dan torsi 700 Nm. Sumbernya tak lain seonggok V8 4,0-liter twin-turbo. Akselerasi cepat berkat penggerak empat roda 4MATIC yang disalurkan transmisi otomatis 9-speed 9G-Tronic. Kecepatan tertinggi tanpa limiter mampu 280 kpj.

Pembuktian tak perlu diragukan. Di Nürburgring Nordschleife Mercedes-AMG GLC 63 S mampu menorehkan catatan 7 menit 49,369 detik. Mengalahkan Stelvio (7:51,7), Porsche Cayenne Turbo (7:59,74) dan Range Rover Sport SVR (8:14). Sungguh mencengangkan! Bahkan mampu mengasapi Cayenne Turbo sampai selisih 10 detik lebih.

8. Mercedes-AMG GLE 63 S Coupe

Mercedes-AMG GLE 63

Berasal dari rahim sama dengan GLC 63, tapi berada di kelas lebih tinggi. Kali ini, AMG dengan nomenklatur 63 membawa GLE-Class menjadi salah satu SUV terkencang. Ingat, mesinnya bukan lagi berkapasitas 6,3-liter. Melainkan 4,0-liter V8 ditambah dua turbo sama seperti GLC. Dengan tenaga sama, 603 hp (612 PS) dan torsi 850 Nm , klaim akselerasi 0-100 kpj 3,8 detik serta kecepatan puncak 280 kpj. Figur yang juga serupa dengan GLC.

7. Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio

2018 Alfa Romeo Stelvio

Alfa Romeo sempat jadi pemberitaan saat menorehkan catatan waktu tercepat di sirkuit Nürburgring. Rekor yang diraih dalam kategori SUV melalui Stelvio Quadrifoglio. SUV ini memiliki figur akselerasi 0-100 kpj dalam 3,8 detik dan top speed 283 kpj. Sumber tenaga berasal dari mesin V6 2,9-liter twin-turbo hasil campur tangan Ferrari. Tergolong kecil, tapi menghasilkan daya 503 hp (510 PS) dan torsi 600 Nm. Penyalur menuju keempat roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Memiliki perpindahan gear secepat 150 milidetik jika mode berkendara berada di pilihan Race.

Stelvio dilengkapi sistem gerak all-wheel drive (AWD) Alfa Q4 standar di semua varian. Dalam keadaan berkendara normal hanya menggerakkan roda belakang saja. Saat grip berkurang, 50% tenaga akan disalurkan otomatis ke roda depan. Sistem AWD inilah yang membantu Stelvio mencetak rekor di The Green Hell.

6. BMW X5 M/X6 M Competition

BMW M Division

BMW berhasil buktikan, bisa bikin SUV dengan pengendalian seperti sedan. Itulah X5 dan versi coupe X6. Ini jadinya jika dituning langsung oleh M Division. Duo SUV stylish nan sangar. Ditenagai enjin baru S63 V8 4,4-liter turbo ganda, torehan output sebesar 617 hp (625 PS) dan torsi 750 Nm. Cukup mengantarkannya menuju 100 kpj secepat 3,7 detik. Kecepatan maksimum dibatasi 250 kpj. Namun bisa dicabut jika membeli fitur opsional M Driver’s Package. Tanpa limitasi, mampu meraih top speed 290 kpj.

Urusan suspensi tak lepas dari sentuhan tangan dingin para insinyur Divisi M. Dibangun ulang mulai dari lengan suspensi rigid hingga mounting yang lebih keras. Fitur M Adaptive Suspension dan Active Roll Stabilization, dipasang sebagai perangkat standar. Secara otomatis mengatur tingkat peredaman tiap sisi dan body roll. Sebagai daya penghentian, BMW M mempercayakan piringan cakram 395 mm dengan kaliper 6-piston (depan) serta 380 mm (belakang).

5. Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid

the fastest Cayenne

Pionir SUV yang terlahir dari pabrikan supercar ini pantas diakui sebagai mobil multitalenta. Selain tetap jago dilintasan off-road, Cayenne terkenal akan keberingasannya melahap panasnya aspal sirkuit. Kasta terpanas bukan lagi dihuni oleh trim Turbo S semata. Ia dikalah Turbo S E-Hybrid. Bermodalkan mesin V8 4,0-liter twin-turbo plus motor elektrik, memproduksi total 671 hp (680 PS) dan torsi puncak 900 Nm. Ditopang transmisi PDK 8-speed untuk menggerakkan keempat roda, tercipta akselerasi 0-100 kpj secepat 3,7 detik. Kecepatan tertingginya 295 kpj. Teknologi PHEV memungkinkan melaju dalam mode listrik murni. Sudah kencang, pasti irit juga.

4. Audi RS Q8

Audi RS Q8

Audi RS Q8 pantas disebut salah satu raja dalam line-up Audi. Masuk kasta flagship, lalu ditambahkan performa tinggi, jadilah karya masterpiece pabrikan Ingolstadt. Performa dahsyat berasal dari unit V8 4.000 cc twin turbo, sama seperti penghuni RS7 Sportback dan RS6 Avant. Daya dieksploitasi luar biasa. Tercatat angka tenaga maksimum sebesar 592 hp (600 PS) dengan kekuatan memuntir 800 Nm. Saudara Lamborghini Urus ini hanya butuh 3,8 detik untuk menuju 100 kpj. Jika terus menyiksa pedal gas selama 9.9 detik lagi, titik 200 kpj bisa ditembus hingga akhirnya dibatasi pada 304 kpj.

Bukan melulu soal kecepatan, Audi masih sadar soal lingkungan. Terpendam teknologi MHEV yang mampu mengirit 0,8 liter tiap 100 kilometer saat berkendara sehari-hari.

3. Lamborghini Urus

Lamborghini Urus

Pabrikan sekelas Lamborghini akhirnya tak tahan juga ingin ikutan punya SUV. Lagi-lagi berkat Volkswagen Group. Platform MLB yang dipakai, membuatnya bertalian darah dengan Porsche Cayenne, Bentley Bentayga, Audi Q7 dan VW Touareg.

Mesin yang tertanam di depan berkonfigurasi V8 4,0-liter plus twin-turbo. Dengan tenaga mencapai 650 hp dan torsi 850 Nm yang disalurkan oleh transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF ke penggerak empat roda AWD. Steering roda belakang milik Aventador S juga tersedia. Sprint 0-100 kpj secepat 3,6 detik. Tapi angka ini belum cukup menempatkan Urus sebagai SUV terkencang dunia saat ini. Top speed 305 kpj kalah tipis dari Bentayga Speed.

2. Jeep Grand Cherokee Trackhawk

Cherokee Trackhawk

Ahlinya SUV muncul dan sanggup membuat malu pabrikan Eropa. Tidak hanya diakui sebagai jagonya off-road, tapi bisa juga membuat SUV yang melesat cepat. Ialah Jeep Grand Cherokee dengan tambahan nama Trackhawk di belakangnya. Adalah versi hot-rod dari Grand Cherokee, yang dirancang untuk melahap putaran sirkuit. Sumber tenaga berasal dari V8 6,2-liter berdaya 707 hp dan torsi 875 Nm. Dengan penggerak AWD dan transmisi matik 8-speed, cukup menghasilkan akselerasi 0-100 kpj dalam 3,4 detik dan melaju sampai 305 kpj. Hebatnya lagi, mobil ini tetap dirancang untuk kenyamanan sebagai SUV keluarga.

1. Bentley Bentayga Speed

Bentayga Speed 2021

Bisa dibilang, Bentayga tak akan lahir tanpa andil besar Volkswagen Group. Tak hanya sangat mewah khas Bentley tapi juga kencang. Mesin yang diusung sungguh mengerikan. Berkonfigurasi W12 dengan kapasitas 6,0-liter ditambah turbo ganda. Terciptalah daya 626 hp (635 PS) dan torsi raksasa 900 Nm yang memuncak dari 1.500 rpm sampai 5.000 rpm. Semua tersalur sempurna ke empat roda via transmisi otomatis 8-speed. Akselerasi 0-100 kpj dalam 3,9 detik, terus melaju hingga 306 kpj. Ini dia SUV paling kencang seantero jagat.

Efisiensi tetap dipikirkan. Sistem cylinder deactivation akan mematikan enam silinder sekaligus berdasar input dari sensor di inlet dan exhaust. Meminimalisir kerja silinder dan catalytic convertor sekaligus pemborosan. Keuntungan ada pada emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar. Saat cruising di gigi 5 sampai 8 dan pedal gas dikendurkan, torque converter akan melepaskan diri. Sehingga mesin dalam posisi idle dan menggelinding seperti posisi netral. (Odi)

Sumber: AutoExpress

Baca Juga: Daftar Teknologi Mobil dari Film yang (Tak) Mungkin Jadi Kenyataan

Anindiyo Pradhono

Anindiyo Pradhono

Pria yang akrab disapa Odi ini memiliki pengetahuan luas soal dunia otomotif. Belasan tahun sudah berkecimpung di dunia yang sesuai passion-nya ini. Berbagai mobil telah dicicipi. Mulai dari mobil-mobil keluaran terbaru, mobil listrik, hybrid, sportscar, supercar hingga mobil balap formula. 

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid
    Rp 405,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD Atto 4
    BYD Atto 4
    Rp 464,33 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    15 Jul, 2024 .
  • Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    15 Jul, 2024 .
  • BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    10 Jul, 2024 .
  • Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
    Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
    26 Jun, 2024 .
  • Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
    Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
    26 Jun, 2024 .
  • Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    20 Jun, 2024 .
  • Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    13 Jun, 2024 .
  • NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    13 Jun, 2024 .
  • Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    13 Jun, 2024 .
  • Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    13 Jun, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Red Bull RB17 Akhirnya Unjuk Diri, Hypercar Buatan Adrian Newey Setara Performa F1
    Red Bull RB17 Akhirnya Unjuk Diri, Hypercar Buatan Adrian Newey Setara Performa F1
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • TGRI Kuasai Podium Setiap Kelas di Seri Ke-2 Kejurnas Slalom 2024
    TGRI Kuasai Podium Setiap Kelas di Seri Ke-2 Kejurnas Slalom 2024
    Wahyu Hariantono, Hari ini
  • Semester 1 2024, HR-V dan WR-V Jadi SUV Honda Favorit Konsumen Indonesia
    Semester 1 2024, HR-V dan WR-V Jadi SUV Honda Favorit Konsumen Indonesia
    Setyo Adi, Hari ini
  • Tepati Komitmen, VinFast Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Subang
    Tepati Komitmen, VinFast Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Subang
    Eka Zulkarnain H, Hari ini
  • Baru Start, Lotus Evija X Langsung Cium Tembok di Goodwood
    Baru Start, Lotus Evija X Langsung Cium Tembok di Goodwood
    Alvando Noya, Hari ini

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Kia Memperkenalkan Seltos Facelift 2024 dengan 2 Pilihan Mesin
    Kia Memperkenalkan Seltos Facelift 2024 dengan 2 Pilihan Mesin
    Setyo Adi, Hari ini
  • Bertemu Neta X, Calon Rival Hyundai Kona Electric
    Bertemu Neta X, Calon Rival Hyundai Kona Electric
    Wahyu Hariantono, Hari ini
  • Ditawarkan dalam 2 Varian, All New Hyundai Kona Electric Siap Meluncur di GIIAS 2024
    Ditawarkan dalam 2 Varian, All New Hyundai Kona Electric Siap Meluncur di GIIAS 2024
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • GAC Aion Menyiapkan ES untuk Mengisi Segmen Sedan Listrik
    GAC Aion Menyiapkan ES untuk Mengisi Segmen Sedan Listrik
    Alvando Noya, Hari ini
  • MG Memperkenalkan HS Generasi Terbaru
    MG Memperkenalkan HS Generasi Terbaru
    Setyo Adi, Hari ini
  • Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Setyo Adi, 24 Jun, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
  • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*