• Wishlist

All-new Audi A4 Siap Sapa Indonesia Akhir Mei 2016

All-new Audi A4 Siap Sapa Indonesia Akhir Mei 2016

Jakarta: Pasar sedan di Tanah Air sepertinya akan kedatangan pemain baru lagi dalam waktu dekat ini. Ya, pada bulan April 2016, Honda sudah meluncurkan All-new Honda Civic Turbo dan BMW juga baru saja meluncurkan M2 Coupe, dan kini, gilirannya Audi. Salah satu sumber kami di Audi Indonesia menyebutkan jika pada akhir Mei 2016 ini, generasi terbaru Audi A4 akan segera hadir di Tanah Air. Indikator lainnya yang semakin menegaskan hal ini terjadi adalah Audi saat ini tengah menawarkan promo pembelian menarik khusus untuk A4 dengan uang muka hanya Rp 39 Juta untuk membawa pulang Audi A4.


Mid-size sedan dari pabrikan asal Ingolstad ini akan mengalami perubahan besar di sektor tampilan, interior dan juga depot tenaganya. Dengan detail berbeda pada lampu utama, grill depan dan lampu belakang untuk eksteriornya, sedangkan di dalam kabinnya akan dibekali fitur-fitur modern dan kualitas material yang berkelas. Namun, soal mesinnya, Audi tetap mempertahankan mesin 2.0 Liter dengan performa yang ditingkatkan.


A4 tampak belakang


Secara umum, Audi memang sudah menyediakan varian mesin berbahan bakar bensin Turbo Fuel Stratified Injection (TFSI) dan Turbocharged Direct Injection (TDI) untuk A4 secara global. Namun di Indonesia berdasarkan informasi yang kami dapatkan, mesin A4 hanya akan ditawarkan dengan menggendong satu mesin 2,0 liter TFSI saja. Yang berbeda, akan ada dua varian yang masing-masing menawarkan output tenaga berbeda dari mesinnya, yaitu 2,0 liter TFSI 190 ps dan 2,0 Liter TFSI 252 ps. Khusus untuk varian kedua, akan mendapatkan sistem penggerak empat roda khas Audi Quattro.



Soal tampilan, A4 terbaru ini akan dihiasi dengan grill depan model heksagonal terbaru yang tajam dan tegas plus lampu depan yang agresif berkat teknologi Matrix LED serta rancangan DRL bersudut tajam. Sedangkan pada area buritannya, lampu belakang turut dibuat berbeda, dimana lampu sein dan lampu mundurnya tidak lagi menempati area tengah melainkan di bawah. Yang menarik, sebelumnya Audi tidak pernah menyematkan reflektor di bumper tetapi kali ini mereka menyajikan citarasa yang berbeda.


kabin A4 terbaru


Yang tak kalah menarik dari kabinnya nanti adalah Audi virtual cockpit yang menggantikan konsep konvensional pada instrumen clusternya. Layar cluster akan menyala ketika kita menyalakan mesin dan menyuguhkan tampilan digital untuk navigasi, indikator rpm dan kecepatan serta pengaturan lagu. Disamping itu, pada sistem tatanan audionya sudah menanamkan label Bang & Olufsen. Kami perkirakan kedua fasilitas tadi akan jadi amunisi yang penting selain performa depot tenaga dalam rangka berkompetisi melawan rivalnya BMW Seri-3 ataupun Mercedes-Benz C-Class.


Lalu bagaimanakah dengan kisaran harganya? Merujuk dari informasi di laman Audi Jerman, harga A4 terbaru dengan mesin TFSI berkekuatan 2.0L dibanderol mulai dari 37.800 Euro atau setara dengan Rp 567 Juta. Akan tetapi, angka tadi belum termasuk biaya pengiriman dan bea impor ke Indonesia. Sehingga jangan heran jika nanti banderolnya akan berada di rentang harga off-the road para pesaingnya di Tanah Air.


Baca Juga: Audi A6 tawarkan tampilan lebih segar di IIMS 2016


Sumber foto: Audi via Newspress.co.uk