jakarta-selatan
kali dibagikan

Generasi Baru Audi A5 Resmi Meluncur di Jerman

  • 03 Jun, 2016
  • 1820 Kali Dilihat

Beberapa hari yang lalu, Audi Indonesia memperkenalkan generasi terbaru A4. Kini, mengambil tempat di markas pusat Audi di Ingolstadt, Jerman, (6/2) generasi terbaru Audi A5 Coupe diluncurkan. Perubahan dan penyempurnaan yang diusungnya pun tak main-main, dari material penyusun bodi hingga mesin semua diracik ulang demi mendapat komposisi medium Coupe yang terbaik di kelas premium. Mobil ini sudah bisa dipesan dan akan diantar ke konsumen di Eropa pada November 2016 lengkap dengan varian performa tingginya, S5.


Audi A5 mengambil basis dari generasi terbaru A4 dan disajikan dalam format Coupe 2-pintu. DNA khas Audi A5 yang memiliki garis bahu bergelombang khas Coupe tetap dipertahankan. Penanda bahwa ini adalah generasi baru tentunya adalah grill dan lampu yang mencerminkan desain Audi generasi ini. Lampu dengan DRL light guide yang tegas, lampu yang pipih, dan grill 3D. Sebagai sebuah Coupe, fender di keempat rodanya pun dibuat lebih berotot yang sekaligus mengindikasikan bahwa sistem penggeraknya Quattro.


A5 mengambil bentuk coupe


Disebutkan dalam rilis Audi, bodi terbaru A5 memiliki bobot lebih ringan 60 kg berkat penggunaan beragam material untuk menyusun konstruksinya. Wheelbasenya pun dipanjangkan, untuk memperluas isi kabin dan ruang bagasi. Tak hanya itu, mesin yang digunakan pun merupakan deretan mesin terbaru Audi.


Untuk pasar Inggris misalnya, akan ada 5 tipe mesin yang ditawarkan untuk A5, 2 bensin (TFSI) dan 3 diesel (TDI) dengan pilihan kapasitas mesin 2.0 liter atau 3.0 liter. Pilihan mesin ini disajikan untuk memberikan pilihan tenaga pada konsumen, yakni mulai dari 190 PS sampai 286 PS. Tenaga ini lebih tinggi 17% dan lebih efisien bahan bakar 22% dari deretan mesin generasi sebelumnya. Untuk S5, mesin yang digunakan pun berbeda, yakni unit V6 3.0 liter TFSI dengan output mencapai 354 PS. DI Britania Raya, mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 6-speed dan otomatis 7-speed S Tronic, dengan penggerak standar khas Audi, Quattro. Sedangkan skema penggerak belakang, dijual sebagai opsional. Ada pula sistem penggerak Quattro yang lebih canggih, yakni Allroad Quattro yang disediakan juga sebagai opsional.


Sebagai sebuah coupe premium lansiran Jerman, tentu saja fitur yang diembannya pun sangat bertabur. Fitur kenyamanan berkendara misalnya, ada Predictive Efficiency Assistant, Active Lane Assist, Stop and Go Adaptive Cruise Control dengan Traffic Jam Assist. Sedangkan fitur keamanan seperti Park Assist, Cross Traffic Assist, Exit Warning, Collision Avoidance dan Turn Assist semua diintegrasikan dengan Audi Pre Sense System. Di kabin, fitur khas Audi yang tak dimiliki kompetitornya tentu hadir, yakni Audi Virtual Cockpit, dan Audi MMI dengan layar digital 7 inci.


interior A5 terbaru


Di segmen compact coupe premium, Audi A5 akan bertarung dengan Mercedes-Benz C-Class Coupe dan BMW 4-series. Sedangkan S5 tentunya akan beradu performa dengan C-Class AMG dan BMW M4. Hingga berita ini diturunkan, belum ada harga resmi yang dirilis baik itu untuk pasar Jerman, maupun Inggris, namun berkaitan dengan Indonesia, nampaknya model ini belum akan meluncur tahun ini ke Tanah Air.


Baca Juga: Audi A4 Terbaru meluncur di Jakarta


Foto Utama: AutoExpress UK

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Audi A4

Lihat video terbaru Audi A4 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Audi Pilihan

  • Populer
  • Komparasi