Sosok All New Audi A4 Yang Siap Menyapa Tanah Air

Sosok All New Audi A4 Yang Siap Menyapa Tanah Air

Mercedes-Benz C-Class dan BMW seri-3 sebentar lagi akan kedatangan rival barunya, karena Audi di Indonesia sedang mempersiapkan varian terbaru dari Audi A4. Memang persaingan pada segmen sedan saloon ini tergolong cukup tenang, namun didalamnya telah terjadi kompetisi dari segi teknologi dan fitur modern. Walaupun sama-sama produsen otomotif asal Jerman, tetapi selera yang ditawarkan oleh Audi terasa berbeda dibandingkan pesaingnya.

Audi lebih suka untuk menciptakan tren sehingga kecepatan dalam menyegarkan produknya tidak secepat Mercedes dan BMW. Sama halnya seperti A4 terbaru ini, yang telah mendapat sentuhan berbeda dan menjadi lebih agresif dibandingkan edisi yang beredar di Tanah Air. Tidak hanya itu, urusan jantung mekanisnya juga ditingkatkan dan tetap membuat pengemudinya tersenyum plus interior yang modern dan canggih.

Untuk mengetahui perubahan apa saja yang akan terjadi dengan A4 terbaru, kami telah paparkan informasinya dibawah ini, mulai dari tampilan eksterior, kabin sampai performa yang bersembunyi dibalik kap mesinnya.

Gaya Berwibawa Lebih Modern

Desain A4 baru lebih menarik

Bahasa desain Audi pada line-up produknya memang konsisten, karena selalu menanamkan trend identitas yang berkarakter.  Seperti yang Anda lihat diatas, A4 biru adalah yang akan datang, sementara dibawahnya adalah yang lama. Contohnya pada model grill depan dan lampu utama yang canggih. Hal ini juga memberikan pengaruh kepada A4 teranyarnya, yang mempertahankan rancangan berwibawa namun sudah dicampur sedikit unsur progresif.

Seperti terlihat melalui garis-garis yang tegas dan tebal di sekujur bodi, grill heksagonal yang kaku dan lampu utama baru. Efek samping mengusung desain eksterior ini adalah dimensi bodinya berubah menjadi lebih panjang 25 mm, lebar bertambah 16 mm, dan sumbu roda lebih berjarak 12 mm dibandingkan generasi sebelumnya.

Lalu apa lagi perbedaan tampilannya dengan saloon sedan yang ada sekarang? Diawali dari grill heksagonalnya yang diramu lebih menyiku dan bilah horizontal didalamnya beraksen chrome, kemudian area rumah lambu kabut tidak lagi dihuni lampu berbentuk persegi melainkan membulat plus aksen honeycomb berkelir hitam, serta lampu depan Matrix LED yang lebih terlihat agresif dengan tambahan DRL bergaris tajam.

Kemudian, bila melihat mobil ini dari samping, masih saja ditemukan kesamaan pada garis atapnya dan model kaca samping. Tetapi ketika memperhatikan lebih detail ke area bawahnya, di A4 terbaru, timbul lekukan bodi kedalam yang tertoreh hingga ke bumper belakang dan juga velg model palang 10 di sederhanakan jadi palang 5 berkonsep bintang.

Beralih ke buritan, ducktail yang terintegrasi dengan pintu bagasi di edisi saat ini masih tetap dipertahankan. Perubahannya terjadi pada konsep rumah lampu belakang yang seperti suksesornya namun ada guratan asimetrisnya plus lampu sein dan mundurnya tidak lagi mengambang di tengah tetapi sudah berpindah ke bawah, kemudian pada bumpernya tertanam reflektor persegi panjang yang belum pernah diterapkan Audi sebelumnya.

Kabin Modern Futuristis

Kabin A4 futuristis

Selain dari tampilan luar, bagian dalamnya juga tidak dilupakan untuk diberikan penyegaran. Saat ini, A4 mengusung model dashboard yang lebih mendominasi ke arah cockpit pengendara, dimana bagian tengahnya berada seakan-akan satu wilayah dengan instrumen cluster plus layar multi media didalamnya. Kemudian untuk palang kemudinya ditambahkan dengan lingkar tengah berbentuk lingkaran dan layar speedometernya masih analog berkonsep dual circle plus ditengahnya tertanam peranti MID.

Bagaimana dengan edisi mendatang? Rancang bangun dashboardnya berubah lebih modern dan melandai. Pada bagian tengahnya tidak lagi dibatasi oleh 'bingkai' karena terbelah oleh kisi-kisi pendingin udara berorientasi memanjang hingga ke area penumpang depan. Layar multimedianya pun menonjol keluar dengan dimensi lebih besar. Bergeser ke sektor pengemudi, palang stir tetap palang tiga plus aksen persegi diarea tengahnya. Yang paling menggoda adalah instrumen clusternya futuristis karena menginstalasi layar digital didalamnya yang berubah ubah fungsinya sesuai dengan mode yang diminta seperti navigasi sampai dengan informasi selama berkendara.

Meskipun terdapat perubahan, tetapi beberapa hal masih dipertahankan seperti jumlah akodomasi didalam kabinnya yang tetap 5 orang dengan penggunaan model jok yang elegan dan nyaman, pendingin udara otomatis 3 area berkonsep digital, fitur MMI berupa knop lingkaran yang berperan dalam mengatur mode layar multimedia namun letaknya berpindah ke dekat dashboard dan diameternya diperbesar.

Performa Yang Meningkat

PErforma A4 meningkat signifikan

Generasi terbaru A4 secara global dibekali dengan dua varian mesin yakni Turbo Fuel Stratified Injection (TFSI) berbahan bakar bensin dan Turbocharged Direct Injection (TDI) peminum solar di balik bonnetnya. Disamping itu, kapasitas dari jantung mekanis yang ditawarkan pun beragam, dimana TFSI memiliki pilihan 1.4L atau 2.0L, sedangkan TDI lebih besar lagi yakni 2.0L dan 3.0L. Sama seperti pendahulunya, sistem penggerak yang dikenakannya terbagi menjadi dua yakni penggerak roda depan dan empat roda (Quattro).

Saat ini A4 yang dijual di Indonesia didukung dengan mesin TFSI yang berstandar emisi Euro 5 dengan 2 pilihan kapasitas. Yakni depot tenaga 1.8 L yang berkompetensi memberikan daya 169 PS dan torsi 320 Nm, kemudian bagi konsumen yang mencari kekuatan yang lebih besar bisa memilih mesi berkekuatan 2.0L yang sanggup memproduksi tenaga maksimal 179 PS dan 210 PS dengan catatan momen puntirnya sebesar 350 Nm.

Bagaimana dengan versi yang akan datang? Menurut kabar yang CarBay kumpulkan dan mengacu dari edisi yang eksis saat ini, A4 hanya akan mengenakan mesin bensin. Ya, depot tenaga TFSI dengan kapasitas 2.0L. Yang menjadi menarik, performa yang disajikan lebih menggoda meskipun ukuran total dari 4 buah silindernya sama, dengan jumlah percepatan transmisinya menjadi 7-percepatan.

Pertama adalah TFSI 2.0L bertransmisi otomatis S tronic dengan penggerak roda depan yang bisa memproduksi tenaga 192 PS dan torsi 320 Nm. Dan kedua ialah TFSI 2.0L bertransmisi otomatis S tronic dengan penggerak empat roda (Quattro) yang menyajikan daya 255 PS serta momen puntir 370 Nm. Bila dibandingkan dengan edisi sekarang maka angka yang dipaparkan diatas ini lebih bertenaga. Hmm, Sepertinya mobil ini layak ditunggu.

Baca Juga: BMW X1 Terbaru Siap Meluncur Di Indonesia

Foto: Audi

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Audi

  • Audi TT Coupe
    Audi TT Coupe
  • Audi Q5
    Audi Q5
  • Audi A5
    Audi A5
  • Audi A6
    Audi A6
  • Audi R8
    Audi R8
  • Audi  TTS Coupe
    Audi TTS Coupe
  • Audi Q8
    Audi Q8
  • Audi Q3
    Audi Q3
  • Audi A7
    Audi A7
  • Audi RS 4 Avant
    Audi RS 4 Avant
Harga Mobil Audi

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Audi A4 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Audi A4

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang
Mobil Sedan Yang Akan Datang

Artikel Mobil Audi A4 dari Carvaganza

  • VIDEO: Mobil Keluarga Bertenaga Buas, Audi RS4 Avant
    VIDEO: Mobil Keluarga Bertenaga Buas, Audi RS4 Avant
    Wahyu Hariantono, 23 Sep, 2021
  • Audi Bocorkan Spesifikasi A4 Terbaru, Ada Varian Full Electric
    Audi Bocorkan Spesifikasi A4 Terbaru, Ada Varian Full Electric
    Wahyu Hariantono, 27 Mei, 2021
  • Audi A4 Black Edition Punya Fitur Berlimpah
    Audi A4 Black Edition Punya Fitur Berlimpah
    Valdo Prahara, 03 Jun, 2017
  • Test Drive: Sensasi Audi A4 2.0T TFSI Quattro
    Test Drive: Sensasi Audi A4 2.0T TFSI Quattro
    Raju Febrian, 01 Sep, 2016
  • Audi A4 2017 Raih Penghargaan Top Safety Pick+ IIHS
    Audi A4 2017 Raih Penghargaan Top Safety Pick+ IIHS
    Raju Febrian, 04 Jun, 2016

Artikel Mobil Audi A4 dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Spesifikasi Vellfire HEV, Denza D9 dan Maxus 9 yang Dipajang di IIMS 2024
    Spesifikasi Vellfire HEV, Denza D9 dan Maxus 9 yang Dipajang di IIMS 2024
    Anjar Leksana, Today
  • Cicilan Kredit Mobil Listrik BYD Dolphin Premium Seharga Rp425 Juta
    Cicilan Kredit Mobil Listrik BYD Dolphin Premium Seharga Rp425 Juta
    Anjar Leksana, Today
  • Mau Kredit Hyundai Stargazer Prime IVT, Simak Skema Cicilannya
    Mau Kredit Hyundai Stargazer Prime IVT, Simak Skema Cicilannya
    Alvando Noya, Today
  • Obat Ganteng, Simak Daftar Harga Semua Aksesori Suzuki Jimny 5 Pintu
    Obat Ganteng, Simak Daftar Harga Semua Aksesori Suzuki Jimny 5 Pintu
    Anjar Leksana, 22 Feb, 2024
  • Sajian Promo Toyota di IIMS 2024, DP Rendah hingga Bonus Asuransi Tiga Tahun
    Sajian Promo Toyota di IIMS 2024, DP Rendah hingga Bonus Asuransi Tiga Tahun
    Anjar Leksana, 22 Feb, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
  • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Wahyu Hariantono, 29 Jan, 2024
  • Test Drive Neta V: Semarang - Jakarta Tanpa Perlu Charge Baterai
    Test Drive Neta V: Semarang - Jakarta Tanpa Perlu Charge Baterai
    Muhammad Hafid, 29 Jan, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce: Ada Kenikmatan Tersendiri
    Test Drive Mitsubishi XForce: Ada Kenikmatan Tersendiri
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    Muhammad Hafid, 09 Jan, 2023
  • Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Eka Zulkarnain H, 02 Jan, 2023
  • Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Anjar Leksana, 14 Okt, 2022
  • Estafet Generasi Suzuki Baleno di Indonesia, dari Sedan Bertransformasi Hatchback
    Estafet Generasi Suzuki Baleno di Indonesia, dari Sedan Bertransformasi Hatchback
    Anjar Leksana, 28 Jul, 2022
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024