Audi Buka Detail Spesifikasi A4 Terbaru, Ada Varian RS dan Full Listrik

Audi Buka Detail Spesifikasi A4 Terbaru, Ada Varian RS dan Full Listrik

Kalender pergantian model dihadapi sedan Audi A4. Generasi yang beredar saat ini diketahui sudah memasuki akhir masa produksinya. Tak lama lagi ia dijadwalkan akan punya model baru. Dikabarkan, generasi penerusnya sudah semakin matang dan siap diluncurkan setidaknya untuk tahun depan. Rangkaian varian baru konon sudah ditentukan oleh Audi untuk ditawarkan pada generasi baru nanti.

Audi A4, sedan Audi yang bertarung dengan Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri 3 itu kini sedang dipasarkan dalam model generasi kelimanya. Model ini sudah beredar sejak tahun 2016 dengan kode seri B9/8W. Ada dua versi yaitu sedan dan estate (Avant). Untuk generasi penerusnya, sumber dari Audi mengatakan akan dibangun menggunakan dua platform berbeda, untuk dua jenis powertrain berbeda juga.

Dilansir oleh Autocar, saat ini Audi telah finalisasi rencananya untuk A4 generasi keenam. Salah satu bocoran yang beredar adalah bahwa A4 akan memiliki varian full electric dan hybrid, yang disediakan untuk versi terkencangnya. Dan salah satu platform yang beredar di keluarga Volkswagen Group, MLB platform, akan digunakan pada A4 baru juga, konon untuk versi Avant.

Karena Volkswagen Group dan Audi sudah tidak akan lagi membuat mesin pembakaran generasi baru, maka Audi A4 terbaru akan memanfaatkan mesin bensin dan diesel yang sudah ada dengan sejumlah peningkatan. Mesin itu akan dipadukan dengan sistem mild-hybrid atau bahkan plug-in hybrid, baik dengan sistem penggerak roda depan dan all-wheel drive dengan label quattro.

Penyebaran varian elektrifikasi akan lebih ditekankan oleh Audi pada model-model terbarunya, termasuk A4 nanti. Contohnya untuk RS4, akan mempertahankan mesin V6 2.9 liter twin-turbo dengan bantuan sistem elektrik. Mesin dari RS4 generasi saat ini sanggup memuntahkan tenaga 450 hp dan torsinya 600 Nm.

Baca juga: Audi e-tron GT Mendebut dengan Performa di Bawah Bayangan Porsche Taycan

Audi A4 e-Tron RS Render Audi A4 e-Tron RS Render

Versi Elektrik

Untuk versi full electric, Audi akan memberikan nama A4 E-tron yang ditujukan menjadi rival bagi Tesla Model 3 dan BMW i4. A4 E-tron dikembangkan menggunakan arsitektur PPE (Premium Platform Electric), merupakan pengembangan gabungan Audi dan Porsche. Platform ini juga akan berbagi dengan calon A6 E-tron pada generasi selanjutnya, serta generasi kedua Macan yang telah dipastikan akan punya varian full electric.

Nama A4 E-tron akan digunakan sebagai penanda varian full electric, setidaknya sampai Audi berhenti memproduksi A4 dengan mesin konvensional. Soal desain, versi listrik akan kurang lebih sama dengan versi bensin atau diesel. Yang akan menjadi pembeda utama adalah grille depan tertutup dan beberapa elemen desain unik lainnya, yang ditujukan demi meningkatkan aerodinamika.

Powertrain versi listrk A4 akan tersedia dalam opsi single-motor gerak belakang dan dual-motor dengan sistem quattro. Kemungkinan versi listrik akan menyusul peluncurannya pada tahun 2024. Untuk varian RS4 nanti, yang mengadopsi penggerak listrik sepenuhnya, tenaganya akan mencapai 475 hp sementara torsinya tembus hingga 799 Nm.

A4 generasi terbaru merupakan salah satu dari sekitar 20 model bertenaga listrik murni, yang akan Audi rilis sampai tahun 2025. Alasan mesin konvensional masih akan ditawarkan untuk A4 berikutnya adalah karena A4 saat ini merupakan model terlaris kelima dari seluruh line up Audi di dunia. Dan untuk langsung beralih ke listrik sepenuhnya dianggap akan terlalu cepat, apalagi mesin bensin dan diesel masih akan mereka produksi sampai tahun 2030.

Audi A5 Sportback 2020

Audi A5 Sportback

Nah dari Indonesia, ada kabar jika Audi akan menambah jajarannya. Disebutkan jika model baru yang akan dipasarkan adalah A5 Sportback. Ia akan menambah keluarga yang dihuni A5 Coupe dan RS 5 Coupe.

New Audi A5 berkonsep mobil sport yang ringan. Tampilan A5 sportback ini begitu mewah dan sangat menawan. Terintegrasi desain bagian depan dengan single-frame grille yang memiliki sudut pada bagian atas dan bentuk model lampu depan yang modern dengan menggunakan fitur LED daytime lights. Dan didukung teknologi Xenon tidak ketinggalan juga opso sistem adaptive light, kelebihan yang sangat menawan dan spec canggih.

Kelebihan Audi A5 Sportback tidak hanya sampai disitu, mobil ini juga menggunakan mesin teknologi turbocharged yang berkolaborasi dengan 4 silinder yang berkapasitas 2.0 liter, serta sistem direct injection. Tipe 40 TFSI disebutkan punya tenaga cukup sebesar, yaitu 201 HP dengan torsi maksimum sebesar 319 Nm.

Audi A5 Sportback ini dapat mempuni dengan kecepatan yang mampu berakselerasi waktu 6,4 detik dari 0-100 km/jam. Kecepatan maksimum mencapai 209 km/jam yang di operasikan secara electronic. Teknologi transmisi 7 percepatan otomatis S tronic yang digunakan untuk mengatur tenaga dan torsi yang tinggi. Nah, kita tunggu saja varian dan spesifikasi yang dibawa ke Indonesia. (Why/Raju)

Sumber: Autocar

Baca juga: Audi Indonesia Luncurkan A6 Anyar, Kian Atraktif dan Eksklusif

Jelajahi Audi A4

  • Tampak Depan Bawah Audi A4
  • Tampak samping A4
  • Tampak Depan Audi A4
  • Tampak atas A4
  • Lampu depan A4
  • lampu belakang A4
  • Pelek A4
  • Knalpot A4
Audi A4
Rp 1,28 Milyar Cicilan : Rp 29,16 Juta

Model Mobil Audi

  • Audi R8
    Audi R8
  • Audi A6
    Audi A6
  • Audi A7
    Audi A7
  • Audi  TTS Coupe
    Audi TTS Coupe
  • Audi Q3
    Audi Q3
  • Audi TT Coupe
    Audi TT Coupe
  • Audi Q7
    Audi Q7
  • Audi A4
    Audi A4
  • Audi Q5
    Audi Q5
  • Audi A5
    Audi A5
  • Audi Q8
    Audi Q8
  • Audi A3
    Audi A3
  • Audi A8 L
    Audi A8 L
  • Audi RS5
    Audi RS5
Mobil Audi

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Audi Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Audi

Bandingkan & Rekomendasi