• Wishlist

Alasan Tidak Membeli Daihatsu Ayla 2020 Tipe D dan X Termurah

Alasan Tidak Membeli Daihatsu Ayla 2020 Tipe D dan X Termurah

Astra Daihatsu Motor suguhkan 12 varian New Ayla 2020 buat pasar Indonesia. Banyaknya irisan harga tersedia sangat wajar. Tak lain demi mengakomodasi beragam kebutuhan konsumen sini, sesuai dengan kapabilitas finansial. Kalau Anda memang mencari mobil murah sekelas LCGC, kendaraan lansiran Daihatsu memang oke dipinang.


Bukan salah pabrikan juga menyodorkan opsi murah. Karena memang masih ada permintaan. Terutama untuk perusahaan yang membutuhkan kendaraan dengan harga sangat terjangkau. Mesin 1,0 liter kerap dijadikan armada operasional atau sebagai hadiah. Namun disarankan tidak memilih model termurah lantaran beberapa aspek seperti di bawah ini.


Daihatsu Ayla tipe X


Enjin 3-Silinder


Hatchback mungil Ayla tipe D dan X Deluxe ditanami enjin berkode 1KR-VE, tiga silinder 998 cc VVT-i 12 katup. Daya yang dihasilkan hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Bisa menggerakkan mobil lima penumpang ini. Tapi jangan berharap lebih, misal ingin respons tangkas dan kenyamanan. Sebab konfigurasi tiga silinder kerap menimbulkan getaran yang lumayan terasa. Apalagi kala Anda berhenti di lampu merah dan mesin langsam alias idle.


Mending pilih mekanikal pacu dengan konfigurasi empat silinder 1,2-liter 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 16 katup. Daya pacu menyuplai torsi optimal 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm. Selain lebih bertenaga, jantung pacu ini lebih minim getar dan jauh rasional untuk dipakai sebagai kendaraan pribadi. Jangan khawatir soal efisensi bahan bakar. Teknologi Dual VVT-i sangat bisa diandalkan dan mengoptimalkan pembakaran.


Baca Juga: Simak Lima Hal Menarik Daihatsu New Ayla 2020


Profil Kurang Menarik


Tipe Ayla D 1.0 sebagai unit termurah berbanderol Rp 113,8 juta OTR Jakarta. Tampilannya polos tanpa ada aksesori. Bahkan tidak ada lapisan kromium di bodi. Bentuk bumper dan kisi-kisi depan jauh berbeda. Tidak disertakan lampu LED. Peleknya pakai model kaleng 13 inci, minus wheel cap. Bagian belakang juga belum dibekali wiper.


Ayla type D+


Begitu Anda masuk ke kabin, semuanya serbabiasa. Sektor hiburan mengandalkan head unit 1-DIN. Bisa memutar CD, MP3 dan Radio yang disalurkan lewat dua speaker di pintu. Kelengkapan panel meter berupa indikator ECO, layar MID dan tachometer. Jadi, kurang cocok dijadikan mobil keluarga.


Sedikit Peranti


Jujur saja, tipe D atau bahkan X kurang cocok bagi pecinta keluarga. Fitur yang sekadarnya saja, membuat tipe ini pas hanya untuk fleet market. Soalnya cuma tersemat sabuk pengaman tiga titik serta dua titik di baris ketiga. Betul, tanpa ada airbag apalagi sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Hanya pakai cakram biasa di depan dan drum di belakang.


Ya, masih ada kelebihan sedikit. Ia dibekali Electronic Power Steering (EPS), Air Conditioner (AC) dan power window. Kemudian ban tipe D hanya 13 inci model kaleng dan X sudah 14 inci alloy. Sementara tipe 1.2 X dan R pakai lampu depan projector + LED position lamp, pelek 14 inci dual tone, dual SRS Airbag. Lanjut pretensioner, side impact beam, immobilizer serta front and rear stabilizer.


Rekomendasi


Kalau memang harus ambil unit LCGC merek Daihatsu pun tak masalah. Dianjurkan pilih New Ayla 1.2 X dan R. Terserah, mau beli transmisi manual 5 percepatan atau otomatis konvensional 4 percepatan. Sekadar info saja, varian 1.2 X MT dijual Rp 135,9 juta. Lalu Ayla X AT dilego Rp 145,9 juta dan R Deluxe AT sebagai kasta tertinggi dilabeli harga Rp 159, 4 juta on the road Jakarta.


Daihatsu ayla mid trim


Namun apakah tidak tanggung? Mari kita tengok harga saudara dekatnya, Daihatsu Sigra. Varian 1.2 X AT MC dipasarkan Rp 150 juta dan unit lain 1.2 R AT MC Rp 156,4 juta. Satu lagi yang termahal 1.2 R AT DLX MC Rp 160 juta. Jelas Sigra lebih lapang (7 penumpang) dibanding Ayla (5 penumpang). Kelengkapan fitur pun sebetulnya mirip-mirip. Dengan harga beda tipis, peranti dan kelapangan lebih baik, kenapa tidak ambil Sigra saja? Tak perlu kalut. Tinggal tentukan besaran uang dimiliki dan sesuaikan dengan kebutuhan. (Alx/Tom)


Baca Juga: Sebelum Beli, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu New Ayla 2020

Jelajahi Daihatsu Ayla 2020

Daihatsu Ayla 2020 Rp 101,65 - Rp 159,4 Juta Cicilan : Rp 2,32 Juta

Bandingkan & Rekomendasi