jakarta-selatan

7 Alasan Toyota Calya Jadi Mobil Terlaris Kedua Di 2017

  • Jun 07, 2017
  • 4275 Dilihat

Diluncurkan pada Agustus 2016 silam, Toyota Calya langsung mendapat respon positif di pasar otomotif Tanah Air. Meski umurnya belum setahun, penjualan Calya langsung meroket.


Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan Calya menjadi mobil terlaris kedua di 2017. Januari hingga April 2017, penjualan Calya telah mencapai 5.861 unit.


Angka penjualan ini hanya mampu dikalahkan oleh Toyota Avanza dan ditempel ketat Toyota Kijang Innova yang mencapai 4.898 unit. Mengapa Calya begitu populer sehingga penjualannya mampu mengalahkan Honda Brio, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga? Berikut kami berikan ulasan singkatnya:


Pengendaraan Calya lebih baik



1. Low Cost Green Car


Calya diposisikan di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Mobil ramah lingkungan, hemat bahan bakar dan berbandrol murah ini tentu menyasar pasar menengah ke bawah yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau. Calya dijual mulai Rp 130 jutaan hingga Rp 150 jutaan menjadikannya sebagai salah satu MPV termurah di Indonesia saat ini.



2. Berjenis MPV


Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi produk terlaris di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Avanza yang sejak diperkenalkan pada 2003 lalu hingga saat ini menguasai market mobil di Indonesia. Seakan melihat kesuksesan itu, 13 tahun kemudia Toyota kembali meluncurkan produk di kelas low MPV yang diberi nama Calya.


Mobil low MPV dianggap ideal digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya mobil yang memiliki dimensi cukup besar ini mampu menampung banyak orang di dalamnya. Sehingga mampu menampung keinginan orang Indonesia yang suka melakukan perjalanan bersama keluarga.



3. Fitur Lumayan Lengkap


Dashboard Calya modern


Meski dijual dengan harga murah, namun Toyota sudah melengkapi Calya dengan fitur yang cukup lengkap. Fitur yang diberikan dianggap mampu membuat penumpang dan pengendara Calya aman dan nyaman selama perjalanan.


Untuk fitur hiburan, Calya dilengkapi dengan Audio 2-DIN yang bisa memutar CD, MP3 serta tersedia koneksi AUX-In dan USB. Ada juga konektivitas Bluetooth untuk menerima panggilan telepon ataupun sebagai music player dari smartphone. Calya juga dilengkapi illumination light yang warnanya sama dengan meter combination.


Multi Information Display (MID) digital memberikan informasi berkendara yang cukup baik kepada pengendara. Untuk keamanan, Calya memiliki kunci immobilizer dan remote alarm.



4. Dilengkapi Air Circulator


Solusi untuk mobil bertenaga pas-pasan


Tidak seperti mobil biasanya yang menggunakan sistem pendingin double blower, Calya dilengkapi Toyota dengan Air Circulator. Hal ini menjadikan sistem pendingin Calya unik.


Air circulator berfungsi layaknya AC double blower. Sistem ini sama-sama memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris kedua dan ketiga pada Calya. Bedanya, kipas angin ini menghembuskan udara dingin yang keluar dari lubang AC di bagian depan. Tujuannya agar hawa dingin di bagian depan bisa lebih cepat didistribusikan merata ke seluruh kabin mobil.



5. Fitur Keselamatan Lengkap


Toyota sangat memperhatikan faktor keselamatan pada setiap mobilnya. Meski harganya relatif murah, namun Toyota tidak segan-segan memberikan fitur keselamatan dual SRS Airbags. Selain itu juga ada rem ABS, sampai fitur pengait kursi anak (ISOFIX). Mobil ini juga menyediakan 7 sabuk pengaman 3 titik dan menjadikannya sebagai MPV 7 penumpang yang sesungguhnya.



6. Hemat Bahan Bakar


Mesin 4 silinder Toyota


Toyota mengklaim Calya sebagai mobil yang hemat bahan bakar. Alasannya, mobil ini sudah memakai teknologi Dual VVT-i. Calya menggunakan mesin bertipe 3NR berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm. Menurut peraturan pemerintah, setiap mobil LCGC wajib memiliki catatan konsumsi bahan bakar setidaknya 20 kpl.



7. Jaringan Luas Toyota


Calya didukung oleh jaringan servis dan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak cuma itu, suku cadang mobil ini juga relatif mudah didapatkan dan harganya relatif tidak terlalu mahal.


Baca juga: Mobil Baru Buat Mudik Seharga Rp 100 Jutaan, Ini Dia Pilihannya

Shares

Video Toyota Calya

Lihat video terbaru Toyota Calya untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer