5 Modifikasi Keren Toyota GR Supra di SEMA Show 2019

5 Modifikasi Keren Toyota GR Supra di SEMA Show 2019
Gambar
Review Pengguna

SEMA Show 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat turut disemarakkan Toyota. Terlihat fokus pada satu mobil saja, apalagi kalau bukan GR Supra yang telah dimodifikasi. Tak tanggung-tanggung ada beberapa model dipajang, dalam acara yang berlangsung 5 sampai 8 November itu. Hasil modifikasinya keren semua.

GR Supra Heritage Edition

modifikasi toyota supra

Garis besar dari modifikasi Supra untuk gelaran SEMA ini adalah jantung mekanisnya. Toyota bekerjasama dengan Precision Turbo and Engine untuk menguatkan mesin 3.0 liter enam silinder segaris turbocharger. Peningkatan dilakukan pada suplai udara yang naik 18 persen. Selain itu, sistem pembuangannya direvisi menjadi berukuran 3 inci dan penyematan Mission Performance ECU. Tenaga yang dihasilkan mampu melebihi 500 hp.

Dari segi kosmetik, model ini mendapatkan body kit baru, dan spoiler belakang bergaya klasik dengan siku yang membulat. Splitter dan sayap belakang merupakan hasil karya Motorsport Technical Center dan LG Motorsports. Sementara diffuser yang berpadu apik dengan dual muffler yang menyatu ke tengah adalah pengerjaan dari MTC dan Cripworks.

Bodinya dibalut warna yang disebut Re-Entry Red. Perangkat lain yang diaplikasikan yaitu lampu depan dan belakang, serta detail bodi lainnya dibenamkan komponen yang terinspirasi dari generasi keempat Supra. Menariknya, rumah lampu buritan dibuat menggunakan printer 3 dimensi. Wujudnya masih disempurnakan pelek 19 inci HRE P107SC yang dibalut ban Toyo Proxes R888R 305/30 (belakang) dan 295/30 (depan). Di balik bingkai roda terdapat cakram 15 inci dengan kaliper monoblok Brembo. Terakhir untuk pengendalian ditunjang coilover yang bisa disetel dari Tein.

GR Supra HyperBoost Edition

GR Supra modifikasi

Toyota menggandeng Nascar analis Rutledge Wood untuk mendandani GR Supra. Hasilnya adalah Hyperboost Edition yang mampu menyemburkan daya dorong hingga 750 hp. Mobil ini dipenuhi material fiber karbon. Tak tanggung-tanggung ada 20 buah komponen yang terbuat dari bahan itu, yang pemasangannya memakai model bolt-on. Namun, bagian atap yang berupa metal digantikan dengannya, sehingga bobot berkurang signifikan.

Fender yang melebar dipadukan pelek 20 inci Lightspeed Racing Wheels dengan berpalang merah dan bingkai karbon. Ia dibungkus ban Continental ExtremContact yang ditujukan mengejar performa. Ground clearance Hyperboost diturunkan berkat pemakaian coilover KW Automotive V3. Secara keseluruhan , bodinya disepuh kelir abu-abu TRD Cement Grey.

GR Supra Performance Line Concept

Toyota GR Supra

Model konsep yang dibuat Toyota Customizing & Development (TCD) ini sebenarnya sudah debut Februari lalu di Osaka Automesse. Rombakannya dipusatkan pada sisi aerodinamika. Hal itu didapat dari penyematan body kit fiber karbon. Winglet besar di depan memunculkan aura lebih agresif. Kemudian sampingnya dipasangkan skirt yang lebih tebal untuk meningkatkan gaya tekan ke bawah. Sektor samping dilengkapi pelek hitam aluminium tempat 19 inci dengan motif jala. Klaimnya ia punya bobot yang lebih ringan dari bawaan pabrik, dan hadir berbalut ban Michelin Pilot Super Sport 4S untuk cengkraman yang mantap.

Area belakang khususnya bumper, dimodifikasi menjadi lebih garang. Di tepian terdapat ekstensi yang mencuat keluar, guna mengarahkan aliran angin lebih baik. Perangkat ini dikombinasikan sistem knalpot kustom dari HKS yang mufflernya berukuran besar. Walau tak mengubah sektor penggerak mekanis, tapi diperkirakan ubahan kosmetik ini dapat mempengaruhi performa.

GR Supra Wasabi Concept

Sesuai namanya, Supra satu ini punya warna bodi senada wasabi dari Jepang, hijau terang. Tim Toyota Genuine Accessory mengubah mobil sport itu dengan menyematkan aksesoris kosmetik. Bodykit kustom yang terdiri dari splitter depan besar dengan ujung lancip. Side skirt juga ditambahkan bilah di ujungnya yang mengarah ke atas dan bawah. Begitu juga di bagian belakang. Sayap massif mengesankan gaya street racing. Ini disandingkan bersama bumper sederhana dengan lubang knalpot ganda yang diposisikan di tengah.

Pelek 20 Inci 6 palang berdesain simpel dengan lebar tapak yang berbeda antara depan dan belakang diterapkan. Untuk menjaga handling tetap andal, ban Michelin pilot Sport 4S dipercaya membungkus pelek. Sedangkan sistem pengeremannya memakai Brembo B-M kaliper 6-piston dengan cakram ganda 405 mm di depan, dan stopper 4-piston bersama rotor 380 mm di belakang. Komponen suspensinya ditopang coilover yang dapat disetel dari Ohlins Road & Track.

GR Supra 3000GT Concept

Karya lain dari tim Toyota Customizing & Development department adalah 3000GT Concept. Ini adalah versi yang mengambil inspirasi langsung dari Supra TRD3000GT lansiran 1994. Bodykit tampak dominan meliputi seluruh sisi bodi. Kap mesin diberikan lubang udara berbentuk segitiga di tiap sisi. Rupanya dibungkus kelir perak gelap dengan aksen stiker emas berupa garis dinamis di berbagai area tubuh. Wing besar terpampang jelas di belakang. Ia tak hanya sekedar pajangan, tapi memastikan downforce yang didapat lebih optimal. Diffuser baru juga dilekatkan dengan sistem perangkat pembuangan gas sisa pembakaran dari HKS.

Coilover adjustable Tein Street Advance Z menghiasi. Ia dikombinasikan dengan pelek multi-spoke 19 inci dan ban Toyo Proxes R888R. Penghela lajunya Brembo GT-S dengan kaliper 6-piston di depan mencengkram dual-cakram 380 mm di muka. Ubahan juga mencakup sektor dalam mobil. Jok Bride Xero CS bergaya racing dipasang. Kemudian sistem hiburannya dimaksimalkan dengan sistem audio Pioneer. (Hfd/Odi)

Sumber: Toyota

Baca Juga: Yui, Usaha Toyota Untuk Membuat Anda Lebih Akrab Dengan Kendaraan

Jelajahi Toyota GR Supra

Toyota GR Supra Rp 2,15 Milyar Cicilan : Rp 48,99 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store