10 Pertimbangan Sebelum Membeli Daihatsu Sigra

10 Pertimbangan Sebelum Membeli Daihatsu Sigra
Gambar
Review Pengguna

Masih bingung memilih mobil keluarga? Atau masih menimbang model lain dengan harga tak sampai Rp 150 juta? Pilihan sih banyak, tapi yang paling mengakomodir keluarga dengan fitur mumpuni, pilihannya hanya ada Sigra atau Calya. Jika hati lebih condong ke Sigra karena beberapa faktor, pertimbangkan dulu 10 hal berikut sebelum membelinya.

1. Ada 10 Tipe dari 6 Varian

Sama halnya Xenia-Avanza, Daihatsu memplot Sigra dengan strata sedikit di bawah Calya. Artinya, harga lebih murah dan terjangkau ke lebih banyak target pembeli. Total Sigra terdiri dari 6 varian utama : D, M, X, X Deluxe, R dan R Deluxe. Kemudian masing-masing dibagi lagi untuk tipe transmisi manual dan otomatis, kecuali tipe D dan M. Sehingga secara keseluruhan, Sigra terdiri dari 10 tipe. Banyak dan membingungkan bukan?

Sigra tipe X

2. Tidak Semua Tipe Dilengkapi ABS

Rem dengan fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS), seharusnya sudah menjadi peranti wajib di seluruh mobil saat ini. Tapi terkadang, pihak pabrikan masih enggan melengkapi produk mereka dengan alasan yang tidak masuk akal. Beruntung Sigra sudah dilengkapi fitur agar rem tidak mengunci ini. Tapi sayangnya, tidak semua tipe ada. Fitur ABS baru tersedia Sigra X dan R tapi untuk transmisi otomatis saja.

3. Dua Pilihan Mesin

Tipe D dan M merupakan varian dengan mesin 3-silinder 1,0-liter dan hanya menggunakan transmisi manual saja. Ya, mesin ini ialah 1KR-VE milik Agya dan Ayla 1.0. Hanya saja, sudah mendapat tambahan teknologi VVT-i. Untuk Sigra tipe X dan R, menggunakan mesin baru 3NR-VE, 4-silinder 1,2-liter yang telah mengadopsi teknologi Dual VVT-i.

mesin sigra

4. Fitur Berbeda dengan Calya

Meski berasal dari jalur perakitan yang sama, antara Sigra dan Calya, tidak hanya dibedakan dari segi desain eksterior dan interior semata. Jika ditelaah lebih dalam kelengkapan fiturnya, ternyata ditemukan beberapa perbedaan. Di antaranya tidak adanya fitur autolock, Isofix, sensor seatbelt dan suara alarm saat mengunci. Semua itu hanya ada di Calya.

5. Fitur Belum Pernah Ada di Mobil Murah

Salah satunya ada koneksi yang tersedia di headunit 2-DIN. Menambah kenyamanan dan keselamatan berkendara bila disambungkan ke telepon genggam Anda. Selain itu, ada fitur Blinker di lampu sein, sehingga tidak perlu menekan penuh tuas sein bila hanya untuk berpindah jalur. Cukup menekan sedikit, lampu lantas berkedip tiga kali. Ada juga fitur Auto cut-off, sangat berguna bila pengemudi lupa mematikan lampu saat meninggalkan kendaraan. Secara otomatis lampu mati sendiri beberapa detik setelah pintu ditutup.

kabin sigra

6. Ground Clearance 180 mm

Meski terlihat rendah, ternyata ground clearance Sigra setinggi 180 mm. Lumayan tinggi untuk kondisi jalanan Indonesia yang masih buruk. Tak perlu khawatir kolong mobil mentok ataupun ragu melewati genangan air yang cukup tinggi. Asalkan kondisi penumpang tidak terlampau penuh. Karena suspensi yang empuk, membuat amblas dan mengurangi ground clearance.

7. Suspensi Belakang Empuk

Soal ini banyak diperdebatkan dan acapkali menjadi sindiran untuk Calya dan Sigra. Jika baris ketiga diisi penuh penumpang dewasa, maka suspensi belakang langsung amblas seperti mobil ceper. Ini menandakan setelan suspensi yang sangat empuk, yang berarti memberi kenyamanan saat berkendara. Toh kondisi amblas tersebut tidak sampai mengganggu laju mobil.

pengendalian Sigra

8. Bukan Agya-Ayla yang Dipanjangkan

Datsun GO hatchback dan Datsun GO+ memiliki panjang wheelbase sama. Tidak demikian dengan Sigra dan Cayla, walaupun menggunakan basis sama dengan Agya-Ayla, wheelbase mereka dibedakan. Wheelbase Agya-Ayla sepanjang 2.450 mm, sedang Calya-Sigra 2.525 mm. Ini tentu bertujuan untuk mengakomodir penumpang yang lebih banyak. Ruang kabin tersedia cukup luas untuk menampung hingga 7 orang dewasa.

9. Air Circulator Bukan AC Double Blower

Ya, sebuah inovasi yang menarik. Ketimbang menambah perangkat untuk sebuah double blower, dicari solusi lain yang lebih murah. Air circulator pada dasarnya sebuah kipas angin yang bertugas mengisap udara dingin dari AC di depan, kemudian mengembuskannya ke kabin belakang. Efeknya, memang tidak sedingin double blower, tapi sudah cukup menyebarkan udara dingin ke seluruh penjuru kabin.

air circulator Sigra

10. Harga Termurah Rp 108,9 juta

Harga Sigra memang sedikit lebih murah dari Calya. Tipenya pun banyak dengan rentang harga bervariasi, sehingga dapat disesuaikan kemampuan dan kebutuhan calon konsumennya. Harga termurah tercatat di website Daihatsu adalah Rp 108,9 juta untuk tipe 1.0 D MT. Perlu diingat, ini varian termurah dengan kelengkapan paling standar. Antara lain eksterior polos tanpa aksesoris krom, pelek kaleng tanpa dop dan belum ada immobilizer.

Baca Juga: Kelebihan Daihatsu Sigra Dibanding Datsun GO+

Jelajahi Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Rp 120,65 - Rp 163,4 Juta Cicilan : Rp 2,75 Juta

Bandingkan & Rekomendasi