Honda HR-V 1.5L E Special Edition: Apa Keistimewaannya?

Gambar
Review Pengguna

Penyegaran yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) terhadap HR-V, sedikit melenceng dari ekspektasi. Saat peluncurannya di GIIAS 2018 lalu, ternyata Honda tidak merilis varian HR-V RS seperti yang ada di negara tetangga. Lineupnya kurang lebih sama seperti HR-V pertama kali meluncur di Indonesia, minus tipe A sebagai varian terendah yang memang sudah lebih dulu discontinue.

Jadi tersisa HR-V tipe S, E dan 1.8L Prestige. Tapi terselip satu varian baru di tengah-tengah, yaitu 1.5L E Special Edition. Secara posisi, varian ini mengisi celah antara HR-V tipe E dan Prestige. Nah, apa bedanya dengan varian lain dan keistimewaan edisi spesial ini? Yang pasti, HPM ingin memberi privilege lebih terhadap konsumen pembeli HR-V 1.5L, karena varian mesin inilah yang paling besar penjualannya ketimbang 1.8L. Ada beberapa fitur di HR-V 1.8L yang dimasukkan dalam 1.5L E Special Edition.

Kombinasi HR-V E dan Prestige

Dari luar tampak percampuran antara 1.5L E dan 1.8L Prestige. Pilihan warna mengikuti tipe E, begitu juga desain pelek yang sama. Perbedaan terbesar Special Edition terlihat jelas dari penggunaan lampu Full LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) seperti tipe Prestige. Lampu hemat daya ini dibekali fitur auto levelling untuk mengatur ketinggian sorotan lampu. Lampu kabutnya juga LED dengan desain pipih yang futuristik. HR-V 1.5L E biasa, masih mengandalkan lampu utama proyektor dan fog lamp halogen.

Tipe E masih bisa dikenali dari desain pelek palang lima model baru. Sesuai tren kekinian, warnanya two-tone antara hitam glossy dan metal. Desain pelek HR-V Prestige dibuat berbeda, tapi sama-sama 17-inci. Ukuran bannya 215/55 R17.

Perpaduan Prestige berlanjut ke kabin. Seluruh jok tertutup material kulit hitam elegan. Menutup dominasi warna kabin hitam, agar terkesan sporty, berbeda dengan Prestige yang two-tone black/ivory. Begitu pula setir dan tuas transmisi mendapat balutan kulit sama. Tak lupa Sporty Pedal Pad pemberi sensasi layaknya mobil sport. Bedanya dengan Prestige, hanya minus panoramic sunroof. Selebihnya serupa dengan tipe E. Tombol AC Smart Touch yang beroperasi seperti touch screen, terlihat canggih. Tersemat pula paddle shift, fitur cruise control dan head unit baru 8-inci bergaya floating, seperti diterapkan duluan di Honda Jazz dan BR-V.

kabin HR-V baru

Sayang fitur keselamatan tidak mengikuti seutuhnya tipe Prestige. Jumlah airbag hanya dua untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara HR-V Prestige dijejali 6 airbag. Untungnya fitur keselamatan lain sudah tergolong komplet untuk melawan crossover lain di kelasnya. Sebut saja ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Brake Override System, Emergency Stop Signal dan peranti elektrik di rem parkir (EPB) dan Auto Brake Hold.

Soal mesin, jelas tidak ada perubahan. Tetap setia dengan mesin L15 1,5-liter SOHC i-VTEC dengan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm, yang sudah memenuhi standar Euro-4. Pilihan transmisi untuk tipe E dan prestige tidak ada manual, melainkan CVT saja.

Harga ditawarkan untuk Honda HR-V 1.5L E Special Edition, Rp 329,5 juta (OTR Jabodetabek). Perbedaan dengan tipe E biasa selisih Rp 17 juta lebih mahal (Rp 312,5 juta). Tapi dibandingkan Prestige bedanya mencapai Rp 65,5 juta (Rp 395 juta). Menjadikan Special Edition kompromi tepat, jika menginginkan fitur yang ada di Prestige, namun sudah cukup dengan performa mesin 1.5L. (Odi)

Baca Juga: Adu Keunggulan All new Honda Brio vs Daihatsu Sirion

Jelajahi Honda HRV

Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan : Rp 6,88 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store