Oto
jakarta-selatan

Adu Keunggulan All new Honda Brio vs Daihatsu Sirion

  • 23 Agt, 2018
  • 9198 Kali Dilihat

Kami pernah membandingkan Honda Brio RS CVT lawas dengan Daihatsu Sirion. Kali ini, Brio sudah punya model generasi baru dan kembali kami bandingkan dengan Sirion AT. Keduanya merupakan pilihan yang sangat menarik di segmen city car. Seperti apa perbandingan keunggulan yang dibawa masing-masing produk?


Mesin


daihatsu sirion


Dari sektor mesin sebetulnya tak ada perubahan dari Honda Brio RS. Dengan begitu perbandingannya masih sama, Sirion unggul karena mesinnya lebih besar dan pastinya lebih bertenaga dibanding Brio. Mesin Brio 4-silinder 1,2 liter i-VTEC berdaya 90 PS dan torsi 110 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT. Sementara Sirion, 4-silinder 1,3 liter dual VVT-i bertenaga 95 PS dan torsi puncaknya 120 Nm. Transmisi Sirion masih otomatis 4-speed konvensional. Sedangkan Brio RS, terasa unggul dari transmisi CVT yang lebih halus tanpa jeda perpindahan gear. Kelebihan lainnya, piawai mengolah bahan bakar seirit mungkin.


Dimensi



Honda Brio RS terbaru punya dimensi lebih panjang, jarak sumbu roda yang juga dimelarkan. Hasilnya, kabin jadi makin lega dibanding model terdahulu. Ukuran all new Brio RS CVT sekarang, 3.815 x 1.680 x 1.485 mm (PxLxT), dan jarak sumbu rodanya 2.405 mm. Sementara Sirion, 3.895 x 1.735 x 1.525 mm dengan jarak antar poros roda 2.500 mm. Meski sudah bertambah, dimensi dan jarak sumbu roda Brio masih kalah dari Sirion, sekaligus mengukuhkan Sirion sebagai city car terlega kabinnya sampai saat ini, mempertahankan keunggulan generasi sebelumnya.


Fitur Eksterior & Interior


interior sirion baru


Dari kelengkapan luar, Brio cuma dibekali lampu halogen dengan LED positioning light guide dan lampu kabut. Sirion sudah sepenuhnya LED yang bisa diatur manual ketinggian sorotan lampunya dan ada fitur follow me home. Baik Brio RS baru dan Sirion memakai pelek 15 inci, lampu sein terintegrasi pada spion dan spoiler belakang dengan lampu rem menyatu pula. Sirion kembali unggul dengan wiper yang sudah didukung sensor otomatis.


Dari dalam kabin hampir seimbang, sama-sama menjagokan tema sporty dengan warna hitam mendominasi. Kursi juga masih dibungkus kain, dengan bahan kulit pada lingkar kemudi dan tuas transmisi. Sektor hiburan ada layar sentuh 6,1 inci untuk Brio dan 6,2 inci untuk Sirion. Penyejuk kabin keduanya juga sudah digital, dengan punya Brio diklaim kini lebih cepat dingin dibanding Brio lawas. Sirion kembali unggul dengan tombol start untuk menyalakan mesin tanpa perlu anak kunci seperti di Brio.


Safety



Soal safety juga harus diakui, Sirion masih unggul dari Brio RS baru sekalipun. Daihatsu Sirion punya 4 kantung udara, rem dengan ABS+EBD, stabilizer depan dan belakang. Keunggulan utamanya ada pada vehicle stability control, traction control, kamera parkir mundur dan sensor parkir depan belakang. Sementara Brio baru punya dual i-SRS airbag, rem ABS+EBD dan kamera parkir mundur.


Harga dan Kesimpulan


Meski membawa sejumlah perubahan, secara keseluruhan Sirion lebih unggul. Yang jadi pertimbangan terakhir adalah soal harga. Ya, dengan segudang fitur hebat Sirion punya harga tinggi, Rp 194 juta. Sementara Brio anyar belum punya label harga sampai saat tulisan ini dibuat. Dibanding Brio lama RS E CVT, ada perbedaan sekitar Rp 16 juta (Brio RS E CVT 2017 Rp 178 juta). Rumor yang beredar, Brio bakal naik harganya sampai 10 juta. Dengan itu juga Brio baru masih lebih murah ketimbang Sirion. Selain fitur, status CBU Sirion juga menjadikan harganya tak bisa ditekan. (Tom/Odi)


Baca Juga: All New Honda Brio RS vs New Chevrolet Spark, Pilih Mana?

Komparasi Sirion vs Brio

Daihatsu Sirion
Rp187,1 - Rp198,1 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Honda Brio
Rp140 - Rp191 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Sirion vs Brio
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi