All New Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Memikat?

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Memikat?

Honda BR-V generasi kedua resmi dikenalkan pada, Selasa (21/9). Ia merupakan realisasi dari konsep awal N7X. Berstatus All New, dirinya membawa banyak perubahan. Hadir dengan desain lebih premium, dan memberikan kesan SUV modern. Tidak ada lagi lekukan-lekukan otot pada BR-V lama, kini garis desainnya mulus sampai ke buritan belakang.

All New Honda BR-V tersedia dalam lima varian. Ada S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing. Meski belum ada informasi harga secara detail, Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kalau banderolnya dimulai dari Rp 260 juta atau Rp 300 jutaan untuk varian tertinggi. Di rentang harga segitu, ada satu pemain dari Mitsubishi yang memiliki lenggokan kurang lebih serupa, Xpander Cross Namanya. Di antara keduanya, mana yang lebih memikat hati?

Honda All New BR-V 2022

Rancang Bangun

Secara profil, All New BR-V punya bentuk bodi yang dinamis. Garis bodi tegas menyatu dari depan hingga belakang. Sisi depan memiliki tampilan agresif dan sporty, layaknya SUV kelas atas. Menampilkan desain LED headlamp baru dan dilengkapi Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Belakang juga tampak segar dengan penyematan Rear Combi Lamp anyar, lengkap beserta LED Light Bars yang dirancang menyatu dengan garis bodi. Kesan tangguh juga kian terpancar dengan penyematan velg 17 inci (tipe tertinggi) dengan model baru.

Di sisi lain, Xpander Cross masih mencirikan LMPV dengan siluet tubuh agak tinggi. Ia bukanlah ubahan total dari Xpander, melainkan hanya berdandan a la SUV, plus perubahan sedikit pada suspensi. Meski begitu, ia punya rancangan tersendiri untuk mengarah ke jurusan crossover atau LSUV. Ciri khas tangguh tampak dari over fender di ruang roda berikut cover plastik hitam mengitari sisi terbawah. Di bagian kepala mereka sama-sama mendapatkan roof rail.

Bagus atau tidak di antara keduanya tergantung preferensi masing-masing, bahasa lain dari selera. Yang pasti All New BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV. Sedang Mitsubishi meracik postur Xpander Cross lebih jangkung. Digambarkan sebagai kemampuan ‘melangkahi’ beragam rintangan.

Baca juga: All New Honda BR-V Meluncur, Harga Mulai Rp 260 Juta Bawa Fitur Honda Sensing

Mitsubishi Xpander Cross

Kelengkapan

Mulai dari luar, lampu utama BR-V berpendar LED ditambah LED Daytime Running Light. Untuk varian tertinggi sudah diberikan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, Power Retractable Mirror yang memungkinkan spion melipat secara elektrik dan sepatu 17 inci.

Lebih dari itu, nuansa kemewahan dalam kabin dijanjikan lewat lapisan berbahan kulit. Dilengkapi pula dengan 1st Row Console Armrest dan 2nd Row Seat Armrest agar penumpang di setiap baris dapat semakin menikmati pengalaman berkendara. Model terbaru juga menambah jumlah Power Outlet, terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga.

Ruang penyimpanan kini semakin fleksibel, terdapat beberapa ruang penyimpanan untuk benda-benda kecil. Ada pula tempat cangkir di area konsol, pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu, kompartemen penyimpanan dengan banyak kantong di belakang kursi penumpang depan, 8 tempat botol air dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat hingga 50/50.

Kenyamanan mengendarai All New Honda BR-V juga didukung layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard. Menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda SENSINGTM, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar. Dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Baca juga: All New Honda BR-V Vs Model Lama, Apa Saja Perbedaannya?

Honda All New BR-V 2022 Honda All New BR-V 2022 interior

Sementara Xpander Cross punya bekal Dynamic Exterior Design. Secara desain mobil ini lebih tangguh, dengan tampilan muka Dynamic Shield dipadu desain geometrik. Sudah menggunakan lampu LED pada bagian head lamp dan fog lamp, yang mengoptimalkan visibilitas, lighting range yang lebih luas, dan kesan high-class.

Xpander Cross sudah dilengkapi wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty. Pada bagian atap juga disematkan shark fin antena, roof rail yang semakin menunjang aktivitas petualangan. Dan pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish.

Bagian kabin punya desain interior yang luxurious didominasi dengan warna hitam dan coklat pada dashboard. Begitu juga pada bagian jok yang dilapisi dual tone leather, khusus untuk varian premium package.

Selain itu, disematkan pula head unit dengan layar 7-inch touch screen audio yang dilengkapi dengan smartphone connectivity. Fitur lainnya, ada power outlet pada baris depan, tengah, dan juga belakang. Ditambah dengan ruang penyimpanan yang tersedia di bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, dan ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi.

Baca juga: Varian Teratas All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, Ini Kelengkapannya

Mitsubishi Xpander Cross Mitsubishi Xpander Cross interior

Fitur

All New Honda BR-V telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Paling mencolok hadirnya teknologi keselamatan Honda Sensing seperti Lane Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto High Beam.

Ada pula Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan. Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock yang berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih. Honda LaneWatch yang memantau area blind spot di sekitar pengemudi, dan Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci.

Pesaingnya punya modal Start/Stop Engine, cukup mengantungi kunci KOS (Keyless Operation System). Fitur ini cuma tersedia pada varian Sport dan Ultimate. Hill Start Assist, membantu saat beranjak jalan di tanjakan atau menahan laju mobil agar tidak mundur. Selain itu terdapat Stability Control dan Traction Control. Tugasnya menghindari oversteer atau understeer saat menikung dan memberikan traksi optimal kala berakselerasi.

Untuk fitur keamanan, Xpander Cross telah dilengkapi ABS + EBD, Brake Assist, dual SRS airbags, seatbelt 3 titik, Isofix, Parking Sensor + Rear View Camera, Keyless Operation System, dan Immobilizer with Security Alarm. Khusus untuk varian A/T mendapat tambahan fitur cruise control.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Edisi Spesial Kembali Dijual, Bawa Tambahan Fitur Fungsional

Honda All New BR-V 2022

Mesin

Untuk urusan dapur pacu, semua varian All New BR-V kebagian enjin serupa Honda City Hatchback. Bermesin empat silinder 1.500 cc DOHC i-VTEC. Sanggup gelontorkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. Khursus Tipe S, putaran diantar ke roda depan via transmisi manual tanpa opsi CVT.

Lawannya menggunakan mesin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Pilihan transmisinya ada otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya masih menggunakan dua roda depan.

Varian dan Harga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, All New Honda BR-V memiliki lima varian. Ada S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing. Namun hingga saat ini belum ada pengumuman mengenai harga resminya. Pihak HPM hanya menyebut unit terbarunya dijual mulai dari Rp 260 juta dimana versi Pretige dengan Sensing diperkirakan bakal menembus angka Rp 300 juta. Sementara Xpander Cross M/T dijual Rp 276,5 juta, A/T Rp 286,5 juta dan versi Premium Package A/T Rp 299,5 juta. (Bgx/Raju)

Baca juga: Lima Susuk Pemikat All-New Honda BR-V yang Berpotensi Mengangkat Derajatnya

Model Mobil Honda

  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda BRV 2021 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda BRV 2021

Tren SUV

  • Yang Akan Datang