Musim Hujan, Jangan Sepelekan Perawatan Ban Mobil Anda

Musim Hujan, Jangan Sepelekan Perawatan Ban Mobil Anda

Musim hujan mulai menyapa sebagian besar wilayah Indonesia. Intensitasnya mulai dari rendah hingga lebat yang membuat berkendara di kondisi seperti ini membutuhkan perhatian ekstra saat berkendara. Mengemudikan kendaraan saat hujan turun berbeda dengan kondisi panas. Butuh konsentrasi ekstra.

Salah satu faktor yang berperan penting dalam keselamatan berkendara di saat hujan adalah kondisi ban. Sebagai bagian kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan aspal, pemilik kendaraan wajib untuk memperhatikan kondisi ban saat musim hujan. Peran ban yang vital termasuk untuk menopang berat mobil, mengendalikan arah mobi di jalan serta meredam getaran yang diterima bersamaan dengan suspensi.

Jenis kendaraan yang banyak dipakai di Indonesia adalah low MPV. Secara spesifik kendaraan seperti Avanza yang memiliki kemampuan daya angkut besar, membuat perhatian terhadap kondisi ban memerlukan perhatian ekstra. Terlebih sebagian besar pemilik Avanza adalah first time buyer kendaraan roda empat, ini membutuhkan edukasi tersendiri dalam perawatan bagian ban.

Tips ban

Nah, berikut langkah perawatan ban yang perlu dilakukan:

1. Cek Tekanan Udara Ban

Ini adalah langkah paling mudah. Cek tekanan ban setidaknya seminggu sekali. Tekanan udara ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal dengan optimal di musim hujan. Tidak boleh kurang atau lebih. Daya cengkeram yang pas membuat ban mobil dapat menjalankan tugasnya dengan baik di jalan yang licin atau tergenang air akibat hujan.

2. Periksa Alur Telapak Ban

Langkah memeriksa alur telapak ban bisa dilakukan bersama dengan memeriksa tekanan udara ban. Kedalaman alur telapak ban ditandai oleh tonjolan di alur ban yang diberi nama Tread Wear Indicator (TWI). Pemilik wajib mengganti ban bila tanda tersebut sudah sejajar dengan tinggi telapak ban. Letak TWI yang ada di beberapa titik ban merupakan gambaran mengenai tingkat keausan ban. Jika tidak merata, mungkin ada masalah di sektor suspensi atau kemudi.

3. Inspeksi Dinding Ban

Periksa dinding ban dari potensi rusak seperti sobek atau benjol. Tidak ada toleransi, ban mobil yang dindingnya rusak harus segera diganti baru. Biasanya ban mobil benjol akibat tekanan udara yang kurang kemudian menabrak benda keras seperti batu, trotoar, dan lubang sehingga dinding ban menekuk membuat benang di samping ban putus.

Baca juga:  Memahami Cara Bermanuver yang Aman Saat Berkendara, Perhatikan 4 Hal Ini

Auto2000 Bengkel

4. Waspada Pelek Mobil

Tugas pelek terbilang berat lantaran menopang kinerja ban mobil. Jika terdeteksi masalah seperti bibir pelek pecah, hampir bisa dipastikan ban mobil telah mendapatkan tekanan sangat berat dan berpotensi rusak. Pelek yang rusak juga membuat keseimbangan ban berubah, bahkan jika terlalu berat harus mengganti pelek mobil.

5. Rotasi Ban Mobil

Rotasi membuat seluruh ban dapat ‘merasakan’ tugas yang sama sehingga tingkat keausan ban ikut merata. Terutama ada kecenderungan telapak ban depan lebih cepat aus lantaran memegang tugas paling besar saat mobil bergerak. Pada low MPV seperti Avanza, proses rotasi ban ikut melibatkan ban cadangan karena ukurannya sama dengan ban standar. Pemilik dapat melakukan rotasi ban dengan mudah yaitu di saat servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel Auto2000.

6. Spooring dan Balancing

Spooring mengembalikan sudut geometri seluruh ban agar sesuai dengan ketentuan pabrikan dan memastikan kaki-kaki mobil, baik suspensi maupun kemudi, bekerja dengan baik. Sementara balancing menyeimbangkan keempat roda sehingga dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengurangi kenyamanan berkendara. Tugas ini sebaiknya diserahkan kepada teknisi bengkel resmi yang memiliki fasilitas spooring-balancing yang modern dan lengkap.

"Meskipun dikenal andal dan tangguh, bukan berarti Anda boleh mengabaikan perawatan ban Avanza saat memasuki musim hujan. Lakukan pemeriksaan ringan dan pastikan ban dalam kondisi prima. Untuk rotasi dan spooring-balancing dapat diserahkan kepada petugas bengkel Auto2000 agar hasilnya optimal dan terjaga. Segera booking servis berkala dan manfaatkan Promo Toyota Flexy Service untuk Avanza kesayangan melalui Auto2000 Digiroom,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangannya.

Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan ban adalah layanan servis berkala di bengkel resmi. Auto2000 menawarkan Paket Servis Rem mulai dari Rp 226 ribu, Paket Tune Up mulai dari Rp 336 ribu, Paket Servis AC mulai dari Rp 215 ribu, dan Paket Wiper Set + Wiper Fluid mulai dari Rp 118 ribu. (Sta/Raju)

Baca juga: Rem Tidak Berfungsi Normal Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menghadapinya

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil