Mudik Lebaran Makin Lancar Dengan Bantuan Aplikasi di Ponsel

Mudik Lebaran Makin Lancar Dengan Bantuan Aplikasi di Ponsel

Melakukan perjalanan mudik lebaran dapat semakin lancar jika kita mengetahui kondisi lalu lintas yang akan dihadapi. Bagaimana rute yang harus ditempuh, bagaimana kondisi lalu-lintasnya, dimana tersedia stasiun pengisian bahan bakar, hingga jadwal sholat untuk memastikan waktu perjalanan Anda tak terganggu. Semua informasi itu, mungkin saja bisa didapatkan dengan mendengarkan radio, meski begitu, tak sepanjang waktu pula radio akan menyiarkan kondisi terkini seputar mudik Lebaran.

Dengan semakin berkembangnya ponsel pintar, Anda dapat memanfaatkan gadget tersebut untuk turut mendukung kelancaran perjalanan mudik Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah menginstall aplikasi yang tepat yang dapat mendukung kenyamanan perjalanan Anda. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Waktu Sholat

Ada banyak aplikasi pengingat waktu sholat yang tersedia baik di Google Play Store maupun Apple Apps Store, salah satunya adalah “Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla” atau Prayer Times. Aplikasi ini akan membantu Anda mengingatkan jadwal sholat yang tepat sesuai dengan lokasi yang tengah Anda lewati. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat kompas untuk mengetahui arah kiblat, yang juga dapat membantu Anda untuk mengetahui arah mata angin dalam perjalanan.

Aplikasi waktu sholat

Salah satu hal lain yang cukup membantu adalah terdapat pengaturan waktu notifikasi yang dapat diatur mulai 2 menit hingga 60 ment sebelum waktu Sholat. Hal ini menjadikan Anda dapat merencanakan kapan saat yang tepat untuk berhenti dikala melakukan perjalanan mudik. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi serupa adalah berkaitan dengan kemampuannya mendeteksi lokasi ponsel, karena hal ini akan menentukan jadwal sholat yang berlaku.

2. Lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar

Meski saat ini telah banyak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik swasta, namun SPBU yang menjual bahan bakar Pertamina menjadi yang paling banyak dan telah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk membantu konsumennya mengetahui lokasi SPBU milik mereka, telah tersedia aplikasi Pertamina GO Mobile (Guides Online) yang dapat diunduh baik di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Aplikasi PertaminaGO

Aplikasi ini dapat mendeteksi lokasi ponsel yang Anda gunakan, dan dengan mudah menunjukkan lokasi SPBU Pertamina terdekat dengan lokasi Anda. Selain itu, juga terdapat menu Trip Planner yang dapat menunjukkan lokasi SPBU Pertamina sepanjang rute perjalanan yang telah Anda rencanakan. Jika Anda kemudian memilih logo Pertamina yang mewakili SPBU, maka dapat diketahui detail bahan bakar yang dijual oleh SPBU termasuk harga yang berlaku saat ini, serta fasilitas yang terdapat di SPBU tersebut. Anda bahkan dapat langsung mengetahui rute yang harus ditempuh ke SPBU terdekat tadi hanya dengan memilih pilihan 'Route' yang tersedia. Selain lokasi SPBU, melalui aplikasi ini juga dapat diketahui lokasi Olimart, Bengkel Enduro, Bright Olimart dan Kiosk Pertamax.

3. Google Maps & Driving

Bisa jadi, Google Maps merupakan aplikasi peta yang paling populer digunakan di musim mudik kali ini. Apalagi untuk pengguna ponsel berbasis Android, Google Maps adalah aplikasi standar yang ada. Meski begitu, Google Maps juga dapat ditemukan pada Apple Apps Store.

Google Maps

Melalui Google Maps, Anda tak sekedar dapat mengetahui rute yang akan ditempuh, Anda juga dapat memanfaatkan fitur navigasi untuk mencari rute aternatif yang ditunjukkan oleh Google. Yang menarik, Google telah memiliki infomasi arus lalu-lintas di beberapa ruas utama, sehingga jalur yang disarankan sudah memperhitungkan kondisi lalu-lintas. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai soal rute yang disarankan oleh Google. Jika disarankan melalui jalur alternatif yang semakin jauh dari jalur utama, pastikan kembali rute yang akan ditempuh dengan bertanya pada penduduk sekitar. Pengalaman beberapa pengguna Google Maps, mereka ditunjukkan rute yang ternyata belum memungkinkan dilewati kendaraan roda 4.

Selain Google Maps, untuk langsung menggunakan sistem navigasi untuk mengetahui rute yang dituju, Anda dapat langsung menggunakan Google Driving. Aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna mobil ini berfungsi serupa dengan Google Maps, hanya yang ditampilkan pertama kali adalah halaman navigasi bukan peta. Anda dapat langsung memasukkan lokasi yang akan dituju dan aplikasi ini langsung mengkalkulasi rute dan waktu yang diperlukan.

4. Waze

Berbasis peta Google, aplikasi ini pada prinsipnya adalah sebuah media sosial dengan berbasis sistem navigasi. Yang menarik antar pengguna Waze, Anda dapat berbagi informasi mengenai kondisi lalu-lintas yang dilewati secara real time. Hal ini sangat membantu untuk mengetahui apa penyebab terjadinya kemacetan dan kemungkinan mencari rute alternatif untuk menghindarinya.

Aplikasi Waze

Pada tampilannya, Waze menggunakan ikon-ikon unik yang menarik. Ada beberapa ikon yang menunjukkan terjadinya kemacetan misalnya, hadirnya polisi di beberapa ruas jalan atau terjadinya kecelakaan. Bahkan beberapa pengguna Waze di sekitar Anda dapat diketahui posisinya melalui ikon yang berbeda juga, dan Anda bahkan dapat untuk mengirimkan pesan langsung kepadanya untuk mengetahui kondisi yang lebih lanjut. Anda juga dapat menghubungkan akun Waze milik Anda dengan Facebook, untuk mengetahui teman-teman Anda yang sedang berada di dekat Anda.

5. Aplikasi Khusus Mudik Lainnya

Beberapa organisasi seperti media dan juga Agen Pemegang Merek, ada yang sengaja untuk membuat aplikasi khusus untuk mudik bagi para pelanggan atau pengguna mereknya. Seperti Metro TV dan PT Astra Isuzu Motor Indonesia (AIMI) misalnya, mereka memiliki aplikasi Peta Mudik yang bekerja sama dengan Metro TV. Bank Rakyat Indonesia juga memiliki aplikasi Jalur Mudik BRI 2016, dan Toyota dengan aplikasi Toyota Teman Mudik Lebaran.

Aplikasi Mudik APM

Biasanya dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa info terkini yang diupdate oleh pembuatnya. Sebagai contoh, pada aplikasi Peta Mudik terdapat informasi soal rute mudik, peta interaktif, info terkini, hingga streaming video dari beberapa lokasi jalur mudik. Sementara pada aplikasi Teman Mudik dari Toyota, terdapat informasi yang berkaitan dengan layanan mudik Lebaran yang disediakan oleh Toyota, seperti posko dan bengkel siaga. Yang unik pada aplikasi ini juga terdapat games ringan yang dapat dimainkan oleh keluarga.

Baca Juga: 10 Aksesoris Penting Untuk Di Mobil Anda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil