Kalau ke Pameran Otomotif, Jangan Lakukan 5 Hal ini

Kalau ke Pameran Otomotif, Jangan Lakukan 5 Hal ini


Di dalam pameran otomotif,  umumnya berisikan kendaraan gres. Konsumen juga memanfaatkan momen tersebut untuk melihat langsung wujud dari kendaraan terbaru yang diluncurkan. Selain itu bisa juga merasakan secara langsung apa saja yang ditawarkan dari mobil atau motor itu. Beberapa bagian yang ingin dilihat secara langsung oleh konsumen mulai dari eksterior, interior hingga kelengkapan fitur yang ada.

KEY TAKEAWAYS

  • Pameran otomatif adalah tempat ekshibisi dan perdagangan produk terbaru

    Namun masih ada pengunjung yang tak tahu adap dan etika saat di tengah keramaian pengunjung
  • Namun beberapa pengunjung pameran masih terlihat kurang etis. Apalagi di pameran otomotif sebesar GIIAS 2022, yang tempatnya sangat luas dan ramai dikunjungi. Berikut ini kami hadirkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh pengunjung pada kendaraan yang dipajang saat ke pameran otomotif.

     

    Mengetuk Bodi Kendaraan

    Hal tersebut tidak sepenuhnya perlu dilakukan pada mobil keluaran terbaru. Karena seluruh bodi kendaraan terbaru sudah dilengkapi dengan peredam. Selain itu, metode tersebut lebih cocok digunakan pada bodi kendaraan bekas untuk memastikan kualitas cat dan tidak terdapat tambalan.

    Jika pengunjung tetap melakukan hal itu pada mobil anyar. Dapat menyebabkan kerusakan pada bodi kendaraan seperti lecet dan distorsi pada cat. Sehingga kendaraan harus kembali dibersihkan agar tidak terlihat noda dan bekas sentuhan.

     

    Membunyikan Klakson

    Pengunjung diperbolehkan untuk memasuki ruang kabin mobil yang dipajang. Namun jangan coba-coba untuk membunyikan klakson mobil karena bisa membuat pengunjung lain tidak nyaman. Sebab pameran otomotif dibuka untuk umum yang juga ingin menikmati jajaran kendaraan terbaru.

    Baca Juga: Dibuka Menko Airlangga Hartarto, GIIAS 2022 Hadirkan Banyak Kendaraan Listrik

     

    Menyalakan Mesin Kendaraan

    Saat mengunjungi pameran otomotif dan berada di booth pabrikan peserta, biasanya pengunjung juga ingin merasakan posisi berkendara di dalam kabin. Meski boleh duduk dan menyentuh ornamen yang terdapat pada ruang interior kendaraan pengunjung disarankan untuk tidak menyalakan mesin kendaraan.

    Jika para pengunjung pameran ingin menyalakan mesin dan merasakan langsung performa kendaraan tersebut biasanya tersedia di area test drive. Kebanyakan kendaraan yang diluncurkan pada pameran otomotif seperti GIIAS juga menyediakan unit test drive yang bisa dijajal oleh seluruh pengunjung.

     

    Memutar Kemudi/Setir

    Ketika pengunjung pameran berada di dalam kabin , ada hal lain yang juga tidak boleh dilakukan salah satunya ialah memutar lingkar kemudi atau setir mobil. Hal tersebut dikarenakan dapat merusak sistem power steering pada kendaraan yang pada umumnya dalam kondisi non aktif.

    Power steering yang populer di kendaraan terdiri dari dua jenis. Pertama dengan sistem hidrolik dan kedua electric power steering (EPS). Dalam kondisi kendaraan yang mesin mati, sistem power steering juga akan ikut tidak aktif. Otomatis lingkar kemudi akan terasa berat jika diputar dan power steering yang menggunakan sistem hidrolik atau fluida akan lebih bermasalah jika setir diputar dalam keadaan mesin mati. Hal itu juga bisa menyebabkan kebocoran pada pompa hidrolik dan mengakibatkan kerusakan lainnya yang tidak diinginkan.

     

    Pastikan Anak Anda Selalu Dalam Jangkauan

    Jika Anda mengunjungi pameran otomotif bersama dengan keluarga dan anak, selalu pastikan mereka dalam jangkauan. Karena biasanya anak-anak sangat tertarik dengan kendaraan yang dipamerkan seperti menyentuh, menaiki hingga memasuki ruang kabin kendaraan.

    Orang tua diharapkan untuk memantau anak-anak untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak kendaraan seperti menyentuh dengan benda-benda asing dan bersandar. Pastikan juga anak-anak Anda untuk tidak menaiki kendaraan di bagian-bagian yang tidak seharusnya seperti kap mesin, jok atau ban. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keselamatan anak-anak serta mobil-mobil yang dipajang pada ajang pameran otomotif seperti GIIAS 2022. (NDO/ODI)

     

    Baca Juga: GIIAS 2022 Jadi Ajang Edukasi dan Stimulasi Kendaraan Elektrifikasi Nasional

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature