jakarta-selatan
Bahasa en | id

Yamaha MIO Z

Rp15,6 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat promo MEI
Mesin dan Performa
Displacement 125 cc
 
Keselamatan dan Keamanan
ABS No
Pass Switch Yes
 
Bahan bakar dan pembakaran
Sistem pembakaran TCI
Opsi start Kick & Electric
 
Konsol
Odometer Digital
Indikator Bbm Analog
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Bulanan Rp355.936
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Yamaha MIO Z Standard - Petrol

Harga Yamaha MIO Z

Varian (Harga OTR)  
Standard
125 cc, Kick & Electric , Disc, Petrol
Rp15,6 Juta*

Bandingkan Yamaha MIO Z dengan Motor Sejenis

Video Yamaha MIO Z

Lihat video terbaru Yamaha MIO Z untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Gambar Yamaha MIO Z

Warna Yamaha MIO Z

  • Hitam Zagoan

  • Putih Zuara

  • Red

Review Yamaha MIO Z

Tinjauan

Yamaha Mio Z lahir pertama kali pada awal tahun lalu. Kehadirannya sangat penting, terutama sebagai salah satu penerus dari skutik legendaris milik pabrikan garpu tala yaitu Yamaha Mio. Huruf Z dalam Mio Z memiliki arti tersendiri. Mengambil filosofi dari alphabet yang paling akhir. Dengan begitu, diharapkan skutik ini menjadi yang paling dalam segala-galanya. Sehingga dapat diandalkan dalam setiap perjalanan kapan saja dan di mana saja. Yamaha bahkan memiliki sebutan tersendiri untuk produk ini yaitu ‘Zagoan Super’ untuk para konsumen di Indonesia.

Salah satu kelebihan skutik ini, telah dibekali teknologi Blue Core layaknya Yamaha N-Max, Mio M3, Soul GT, Fino 125, dan lain-lain. Teknologi tersebut diklaim mampu membuat motor lebih efisien, bertenaga, dan handal saat digunakan. Ditambah lagi, terdapat fitur eco indicator di dalamnya. Membuat pengendara semakin mudah dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dari sisi desain, Yamaha Mio Z dibuat dengan bodi ramping. Sehingga membuatnya mudah untuk melibat jalanan perkotaan. Biarpun begitu, bagasinya tetap luas. Mampu menyimpan berbagai keperluan berkendara seperti jas hujan, sarung tangan, dan kaca mata. Hanya saja memang untuk helm belum bisa masuk ke dalamnya. Bodi rampingnya juga dipadankan dengan ban belakang yang lebar. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikannya ukuran 100/70-14. Efeknya motor menjadi lebih stabil. Terutama saat digunakan di jalanan bergelombang.

Sektor mesinnya menggunakan kapasitas 125 cc SOHC 4-Stroke. Mampu memuntahkan torsi puncak 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,38 hp pada 8.000 rpm. YIMM mengkombinasikan mesin tersebut dengan transmisi CVT ke penggerak roda belakang.

Harga skutik ini adalah Rp 15,6 juta (on the road Jakarta). YIMM menyediakan tiga warna pilihan yaitu putih Zuara, Hitam Zagoan, dan Merah Zuper. Menariknya, khusus warna Merah Zuper berasal dari pilihan para konsumen Yamaha di Tanah Air. Ketika itu sempat dilakukan sayembara ‘Mau Warna Apa’, dan akhirnya terpilihlah Merah Zuper lewat akun social media Yamaha Indonesia. Berbagai kegiatan juga dilakukan oleh YIMM untuk memasarkan Yamaha Mio Z. Akhir tahun lalu pernah diadakan Mio Z Photo Competition, dengan hadiah menonton MotoGP di Sepang, Malaysia.

Pros:

Desain agresif

Penggunaan ban belakang lebar

Cons:

Fitur minim

Bagasi tidak masuk helm

Desain

Yamaha Mio Z sungguh diperuntukkan untuk konsumen laki-laki. Hal ini terlihat dari parasnya yang agresif, dengan lekuk-lekuk tubuh yang sangat tegas. Terdapat pula penematan warna doff pada skutik ini. Sehingga aura kuat dan gagahnya semakin terlihat. Target pasar laki-laki juga semakin diperkuat dengan kehadiran tiga brand ambassador yang juga laki-laki. Mereka merupakan para stand-up comedian seprti Gilang Bhaskara, Kemal Pahlevi, dan Ge Pamungkas.

Kelebihan lain dari skutik berbobot 94 kg ini, menggunakan ban belakang bertapak lebar. Berukuran 100/70-14. Mampu membuat skutik berjalan lebih stabil saat berada di kondisi jalan bergelombang. Selain itu juga motor semakin terkesan gagah. Penampilannya pun ditunjang dengan kehadiran velg berdesain 5-spoke warna hitam.

Sayangnya YIMM tidak terlalu banyak menyediakan pilihan warna untuk Yamaha Mio Z. Hanya ada tiga opsi yaitu Putih Zuara, Hitam Zagoan, dan Merah Zuper. Selain itu, tidak terdapat pula pilihan aksesori resmi yang bisa dipasangkan ke skutik entry level ini. Padahal hal tersebut penting untuk konsumen, terutama yang kurang puas dengan tampilan standarnya.

Panjang: 1.870 mm Lebar: 685 mm Tinggi: 1.035 mm Jarak sumbu roda: 1.260 mm Berat: 94 kg

Pros:

Desain cocok untuk laki-laki

Cons:

Sedikit pilihan warna dan tidak ada aksesori tambahan

Fitur Unggulan

Sebagai skutik entry level, tentunya Yamaha Mio Z tidak bekali banyak fitur. Sebut saja sistem pencahayaannya yang belum dilengkapi dengan LED. Padahal teknologi LED sangat penting terutama untuk memberikan kelistrikan yang lebih stabil. Serta pencahayaan lebih baik. Instrument clusternya juga belum dilengkapi teknologi LED. Sehingga kesan modern kurang terpancarkan dengan baik pada skutik ini. Biarpun begitu ada juga fitur yang sangat berguna tersemat pada skutik ini. Terutama untuk menghemat konsumsi bahan bakar, yaitu eco indicator. Terletak di instrument clusternya, fitur ini memungkinkan pengendara mengoreksi cara berkendaranya. Jika sudah tergolong irit, maka terlihat warna hijau pada instrument clusternya.

Fitur lain adalah smart side stand switch. Memungkinkan mesin motor mati secara otomatis saat standar samping diturunkan. Hal ini memastikan keamanan untuk pengendara. Terdapat pula pengaman lubang kunci. Fitur ini membuat tangan-tangan tidak bertanggung jawab semakin sulit untuk mengaktifkan mesin skutik.

Pros:

Eco Indicator

Cons:

Belum dilengkapi pencahayaan LED

Performa Mesin

Yamaha Mio Z telah dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc, SOHC 4-Stroke berpendingin udara. Mesin satu silinder ini menggunakan ukuran 5,2 x 57,9 mm, dengan perbandingan kompresi 9,5:1. Mampu menghasilkan torsi puncak 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,38 hp pada 8.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT.

Menariknya YIMM telah memberikan teknologi blue core di dalamnya. Sehingga diklaim jauh lebih irit dan berperforma lebih baik dari mesin Yamaha lama. Kemampuan menghemat bahan bakar ini diklaim lebih baik 50 persen dibandingkan tanpa blue core. Hal tersebut sangat penting, terutama untuk motor yang digunakan sehari-hari di padatnya jalanan perkotaan. Kemampuan menghemat bahan bakar tersebut juga didukung dengan kapasitas tangki bahan bakarnya. Yamaha Mio Z mampu menenggak maksimal 4,2 liter bensin. Ditambah lagi instrument clusternya telah menggunakan fitur eco indicator, agar pengendara mampu mencatatkan kemampuan yang semakin irit.

Pros:

Mesin berteknologi blue core

Cons:

Torsi dan tenaganya bisa ditingkatkan

Berita Yamaha MIO Z

Yamaha Nmax dan Mio Laris Manis

Mengakhiri 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), jualannya laris manis. Selain produk andalannya V-ixion yang merajai penjualan segmen motor sport, dua produk lainnya juga terbilang su Baca Selengkapnya

Ditayangkan Pada | Jan 19, 2017 | Dilihat 248 Kali
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer