Skutik Rp 15 Jutaan, Pilih Yamaha Mio Z atau Suzuki Nex II?

Skutik Rp 15 Jutaan, Pilih Yamaha Mio Z atau Suzuki Nex II?
Gambar
Review Pengguna

Baru memulai pekerjaan di kota besar, dan budget terbatas untuk memilih skuter dengan harga Rp 15 jutaan. Coba tengok Yamaha Mio Z sebagai produk andalan pabrikan berlambang garputala. Opsi berikutnya Suzuki Nex II. Keduanya tentunya sudah didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Air. Mana yang lebih pantas dipilih?

Dimensi keduanya beda tipis. Terlihat dari data spesifikasi, Nex II ukurannya 1.890 x 675 x 1.045 mm (PxLxT) dengan ground clearance lebih tinggi, 150 mm dan bobot 93 kg. Mio Z konfigurasinya 1.870 x 685 x 1035 mm (PxLxT) dengan jarak terendah 135 mm dan berat 94 kg.

Melihat setingan di atas, harusnya Suzuki Nex II lebih aman melibas jalan tidak rata. Pun polisi tidur, yang tingginya kurang masuk akal. Walau begitu, wheelbase-nya sama, 1.260 mm. Dan posisi jok dari tanah juga cuma selisih 10 mm, Nex II 740 mm dan Mio Z 750 mm.

Suzuki Nex 2018

Tampilan keduanya hampir senada, desainnya mengedepankan aura dinamis. Simak saja garis bodi dan siku tajam di beberapa bagian. Kesannya juga futuristik. Tapi Nex II yang disuguhkan dalam beberapa tipe, punya pilihan yang lebih elegan dan mewah.

Varian yang dimiliki Nex II dibedakan warna, aksesori dan desain motif yang disematkan. Ada pilihan Sporty Runner, Fancy Dynamic dan Standard yang tersedia dalam kelir: Stronger Red, Titan Black dan Briliiant White. Untuk opsi lebih mewah ada Elegant Premium dan Elegant dengan karakter doff. Ini punya dua corak : Mat Stellar Blue dan Solid Black. Khusus untuk varian Fancy Dynamic, tampilannya makin unik karena sisi bodinya diberikan aksen lampu LED.

Warna Yamaha Mio Z sayangnya tak banyak, hanya tiga : Special Gold, Hitam Zagoan dan Merah Zuper. Khusus kelir gold berkarakter doff atau tak mengilap. Menariknya, ternyata ada campur tangan konsumen Tanah Air untuk pilihan merah. Saat itu Yamaha Indonesia membuka sayembara ‘Mau Warna Apa’ lewat akun sosial media resmi merek, dan terpilihlah warna itu.

Jantung mekanis Mio Z punya performa sedikit lebih baik dari Nex II. Mungkin ini dipengaruhi perbedaan kubikasi. Mesin Blue Core 125 cc yang diusung skutik Yamaha menghasilkan 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Sementara Nex II menggendong dapur pacu 113 cc, tapi keluaran tenaganya terpaut tipis, 9,1 PS pada 8.000 rpm dengan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm.

Mio Z unggul dari segi jangkauan jelajah. Tangki bahan bakarnya mampu menampung 4,2 liter, sedangkan Nex II di angka 3,6 liter. Dari hasil pengujian konsumsi bahan bakar antara keduanya tak berbeda jauh, antara 40 km per liter sampai 42 km per liter. Artinya Mio Z punya cukup bensin untuk membawanya lebih jauh dari Nex II.

yamaha mio

Fitur yang dimiliki keduanya sudah memenuhi kebutuhan utama. Bagasi di bawah jok cukup besar, walau memang tak bisa dipakai untuk menyimpan helm, tapi sudah cukup bagi jaket, sarung tangan dan barang lain. Masing-asing juga dibenamkan kunci kontak yang lebih aman dengan shutter atau penutup. Bahkan dari perangkat ini, pengendara bisa membuka jok. Tapi Nex II punya kelebihan seperti kompartemen depan yang ditunjang power outlet untuk mengisi daya smartphone. Selain itu, penerangannya juga sudah memakai teknologi lampu dioda (LED), sehingga lebih mumpuni dan meningkatkan tampilan di malam hari. Beda dengan Mio Z yang mempercayakan bohlam biasa.

Untuk harga, Suzuki Nex II ditawarkan bervariasi. Tiap varian yang ditawarkan punya banderol berbeda. Varian paling murah, Standard dan Elegant diharga Rp 15,1 juta. Kemudian Elegant Premium Rp 15,550 juta. Selanjutnya Sporty Runner dan Fancy Dynamic menjadi yang termahal dengan Rp 15,8 juta. Sedangkan Mio Z disuguhkan dalam satu harga, Rp 15,8 juta. Seluruh harga di atas berstatus OTR Jakarta.

Suzuki Nex II dari segi fitur tampak lebih unggul, karena dapat mengakomodasi kebutuhan pengendara saat ini. Harga yang disodorkan juga beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan bujet. Tapi bila Anda mengejar performa, Yamaha Mio Z bisa jadi pilihan lantaran tenaga dan jelajahnya mumpuni. (Hfd/Van) 

Baca Juga: Tujuh Hal Menarik Yamaha Soul GT AKS SSS

Jelajahi Yamaha MIO Z

Yamaha MIO Z Rp 15,8 Juta Cicilan : Rp 360.499

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store