KIA Rio

Rp 195 - 249 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar KIA Rio
3.5 / 5
based on 1 reviews
0 Shares

KIA Rio Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • 1399 cc, Bensin
      Rp 195 juta*
    • 1399 cc, Bensin
      Rp 209 juta*
    • 1499 cc, Bensin
      Rp 249 juta*

Iklan

Video KIA Rio

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Rio

  • Blue Metallic

  • Urban-blue

  • Signal-red

  • Platinium-graphite

  • Digital-yellow

  • Clear-white

  • Bright-silver

  • Aurora-black-pearl

Review KIA Rio

Ikhtisar

Dengan meningkatnya popularitas Kia Motors di seluruh dunia, perusahaan ini berencana untuk melebarkan jangkauan distribusinya. Dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut, Kia Motors telah mendirikan pabrik distributor di Indonesia pada 16 Desember 1999. Untuk meningkatkan kualitas dan layanan, hampir semua model Kia yang dijual di seluruh dunia masuk ke negara ini. Kia Rio tersedia bagi penduduk Indonesia dengan mesin bensin Kappa 1,2 liter yang memberikan keluaran tenaga maksimum 87 PS pada 6000 rpm dan torsi puncak 12,2 kgm pada 4000 rpm. Hatchback berukuran sub-kompak ini memiliki transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan untuk menghasilkan akselerasi yang cukup kencang dan perpindahan gigi yang halus dengan efisiensi bahan bakar yang seadanya. Di pasar global, Rio tersedia dalam dua tipe bodi mobil; sedan dan hatchback, namun di Indonesia varian hatchback adalah satu-satunya yang tersedia. Profil eksteriornya didesain dengan ukuran ban dan tapak ban yang diperlebar, cermin samping dan lampu depan terintegrasi dengan LED yang terpasang di sudut mobil, spoiler yang ditinggikan dan pelek alloy sporty dengan desain yang unik. Masuk ke bagian dalam, rasanya akan sama menariknya seperti bagian eksteriornya. Kokpitnya didesain dengan peralatan yang ergonomis, kabin barang, jok yang bisa disetel dan dilengkapi dengan penyangga kepala, enam ventilasi untuk AC di kabin bagian depan, dan banyak lagi. Kenyamanan dan kemudahan akses ditingkatkan dengan fungsi kontrol audio yang dipasang di roda kemudi. Selain itu, terdapat juga fungsi hands-free menggunakan konektivitas Bluetooth. Anda dapat memainkan lagu favorit melalui RDS Radio/CD, pemutar CD MP3, aux-in dan USB jack. Untuk keselamatan dan kenyamanan, Rio memiliki enam sistem airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake force Distribution), Electronic Stability Control (ESC) yang mencegah kendaraan dari selip dan kehilangan kendali dalam kondisi darurat/fatal.

Jarak tempuh dan efisiensi bahan bakar

Kia Rio berjalan menggunakan mesin bensin Kappa 1,2 liter yang memberikan jarak jangkau yang cukup layak sebesar 20 km/liter pada kondisi menyetir standar. Tidak terdapat banyak perbedaan dalam konsumsi bahan bakar saat Anda menyetir di jalanan kota, luar kota maupun kombinasi keduanya.

Tenaga

Untuk masalah tenaga, mesin Kappa 1,2 liter ini mengeluarkan tenaga maksimum 87 PS pada 6000 rpm dan torsi puncak 12,2 kgm pada 4000 rpm. Angka tersebut bukanlah yang terbaik dalam segmen ini, namun menawarkan daya dorong yang cukup untuk bermanuver dengan mudah di dalam kota.

Akselerasi

Kia Rio tidak didesain agar Anda khawatir selama mengemudi. Fokusnya selalu berada pada performa yang baik secara keseluruhan tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar. Sebagai hasilnya, mesin 1,2 liternya mampu memberikan akselerasi seperti kendaraan lain di kelasnya. Dengan mempertimbangkan struktur mobil secara keseluruhan, berat, dan aspek dinamis lainnya, Rio diharapkan bisa mencapai 100 kpj dari kondisi diam dalam 13 detik dengan kecepatan maksimal 168 kpj.

Eksterior

Dengan desain rancangan yang mencengangkan dengan kisi honeycomb "tiger nose" yang stylish, Kia Rio memiliki banyak fitur menarik yang ditambahkan pada profil eksteriornya. Hatchback ini memiliki lampu depan yang letaknya sangat menyudut. Rio juga memiliki bumper, pegangan pintu dan spion dengan warna yang sama dengan warna mobil menjadi standarnya. Cermin samping dan lampu di sudut depan menggunakan lampu LED dengan lampu biasa sebagai kombinasi. Hal ini membuat tampilan depan mobil ini seperti figur berkuasa, namun tetap menarik. Sketsa awal yang dibuat oleh desainer untuk mobil ini lebih rendah, dengan bagian depan dan belakang yang lebih lebar dibandingkan dengan generasi terbarunya. Wheelbase-nya juga lebih panjang dengan overhang yang lebih pendek sehingga menghasilkan identitas yang baru dan berbeda. Struktur yang dirombak ini dibuat, khususnya untuk menarik kaum muda kepada mobil ini. Kalau kita lihat sisi sampingnya, pelek yang didesain beda ini memberikan sedikit tampilan sporty. Bagian belakangnya kini tidak terlalu tinggi dan lampu rem yang posisinya juga diturunkan memiliki logo "Rio" di tengahnya. Bilah wiper Aero-nya akan selalu menempel di kaca depan meskipun bergerak dengan kecepatan tinggi. Fitur lainnya lagi, Rio ini memiliki spoiler yang diletakkan sedikit lebih tinggi yang juga bertujuan untuk mempertahankan profil aerodinamika pada kecepatan tinggi.

Ukuran eksterior

Hatchback 4 pintu ini melukiskan garis desain dan ukuran yang begitu intuitif. Ukuran mobil ini secara keseluruhan adalah 4045mm x 1720mm x 1455mm (PxLxT) sementara panjang wheelbase-nya masih sama, 2570 mm.

Interior

Penempatan yang cerdas berarti penggunaan yang tepat akan ruang yang tersedia secara baik dan memberikan ruang yang cukup untuk semuanya, entah itu untuk kaki, kepala, kokpit, segala perlengkapan maupun bagasi. Untungnya, Rio menonjol sekali dalam hal styling dan desain. Kokpit yang terdefinisikan dengan baik meningkatkan kendali pengemudi atas dashboard dan roda kemudi. Keduanya dibuat untuk memunculkan harmoni satu sama lain untuk menjalankan fungsinya dan memberikan sentuhan berkelas di interiornya. Bahkan jalur kontrol di bagian tengah juga diatur secara logis di ujung jari untuk memudahkan penumpang di bagian depan serta menambah kenyamanan. Sebuah mini trip computer diletakkan di tengah dua deretan tombol kendali yang menampilkan status tentang jarak tempuh, ketersediaan bahan bakar dan kondisi pintu. Selain itu Anda juga akan mendapatkan kesan sporty saat menginjak pedal gas yang berlapis stainless-steel. Sistem auto-defog akan mendeteksi pengkabutan di jendela depan dan otomatis menghapusnya.

Kenyamanan Interior

Duduk di dalam Kia Rio memberi Anda pengalaman yang memuaskan. Mobil ini menjamin perjalanan yang nyaman dengan sandaran kepala yang bisa disesuaikan dan kursi yang bisa digeser dan ditidurkan sandarannya. Sebagai tambahan, roda kemudi yang juga bisa disesuaikan kemiringannya menambah tingkat kenyamanan dan dilengkapi dengan tombol-tombol kontrol. Jendela power window dengan fungsi auto-up dan down di sisi pengemudi menambah kenyamanan lebih jauh lagi. Terdapat enam buah lubang pendingin udara di kabin depan yang akan mengatur suhu optimal di dalam kabin, termasuk kabin belakang. Anda juga akan bisa menyimpan minuman dingin Anda di dalam glove box berukuran 1,5 liter. Terdapat pula kompartemen penyimpanan di sandaran tangan untuk menyimpan buku, gadget, dll. Sandaran tangan ini juga bisa disesuaikan dengan posisi menyetir yang paling nyaman bagi Anda. Singkatnya, pemikiran cerdas dibalik interiornya menghasilkan kabin yang segar, nyaman dan lega.

Ukuran Interior

Kia Rio menawarkan pada Anda ukuran bagasi yang cukup untuk membawa barang, koper maupun bawaan lainnya ke tempat tujuan. Jika kita lihat dari sisi angka, ukuran bagasi Rio tepatnya adalah 288 liter.

Mesin dan Performa

Mesin yang digunakan oleh Rio adalah mesin keluarga Kappa 1,2 liter berbahan bakar bensin. Mesin ini memiliki 4 silinder segaris, CVVT (Continuously Variable Valve Timing) yang mampu menghasilkan tenaga 87 PS pada 6000 rpm dan torsi puncak 12,2 kgm pada 4000 rpm. Blok mesin aluminium yang dipasang rendah, crankshaft yang seimbang dan pegas katup minim gesekan meningkatkan efisiensi mesin dan mengurangi emisi CO2. Selanjutnya, untuk mendapatkan kepuasan maksimum dan perpindahan gigi yang halus, mobil ini ditawarkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Stereo dan aksesoris

Masuk ke segmen yang menyenangkan, Kia Rio memiliki RDS Radio/CD Audio dengan pemutar CD MP3 dimana Anda dapat memainkan lagu favorit Anda dan menghibur diri dalam perjalanan yang panjang. Jika Anda butuh untuk menghubungkan perangkat musik eksternal, konektivitas Bluetooth akan membantu Anda. Melalui koneksi ini, Anda dapat membuat maupun menerima panggilan dengan hands-free tanpa melepas tangan dari roda kemudi. Untuk meningkatkan kenyamanan lebih jauh sekaligus memberi akses ke fungsi audio, roda kemudi teleskopiknya dipasangi tombol-tombol kontrol audio. Untuk memenuhi segala jenis kebutuhan musik pribadi, koneksi Aux-in dan USB juga disediakan.

Pelek

Kia Rio memiliki pelek yang khas dan meningkatkan kesan sporty dan tampak sampingnya secara keseluruhan. Ukuran pelek standarnya adalah 15 inci dengan ukuran ban 185/65 R15.

Pengereman dan pengendalian

Untuk pengereman yang mantap, hatchback ini dilengkapi dengan sistem pengereman konvensional memakai ventilated disc di rem depan dan solid disc di rem belakang. Mekanisme ini, dipadu dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) menjamin keamanan mobil pada saat pengereman darurat supaya rem pada mobil Anda tidak mengunci dan membuat Anda lepas kendali. Suspensi depan dengan McPherson strut dan suspensi belakang tipe torsion beam menghisap gelombang kejut secara maksimal agar Anda dapat berkendara dengan nyaman. Radius belok minimum Rio adalah 5,2 meter yang cukup bagus untuk bermanuver di jalanan padat tanpa masalah.

Keselamatan dan keamanan

Kia Rio dilengkapi dengan enam buah sistem airbag yang menawarkan perlindungan pasif pada penumpangnya. Pembagiannya adalah dua di bagian depan, dua airbag tirai dan sisanya ada di bagian samping. Selain itu, kekuatan dari bodi mobil ini terdapat di susunannya. Bodi eksteriornya terbuat dari baja dengan tegangan tarik tinggi yang memberikan kekuatan dan kekakuan pada kendaraan ini. Back Warning System akan membantu Anda dengan membunyikan alarm ketika benda apapun terlalu dekat dengan bodi belakang. Electronic Stability Control (ESC) berfungsi untuk mengurangi kehilangan daya cengkeram dengan mengawasi gaya berkendara Anda. Dibawah kendali sistem ini, rem akan diaktifkan secara otomatis ketika terjadi understeering/oversteering.

Kelebihan

  • Konsumsi bahan bakar yang baik
  • Interior nyaman

Kekurangan

  • Fitur dan aksesoris untuk hiburan tidak terlalu banyak
  • Tidak ada pilihan mesin

Berita KIA Rio

Bentuk Asli Kia Rio Generasi Keempat Akhirnya Dimunculkan

Dirilis pada | | 1616

Setelah sempat memunculkan gambar sketsa All New Kia Rio, Kia Motors resmi menampilkan generasi terbaru Rio dalam bentuk aslinya. Hatchback yang cukup populer di Indonesia ini akan melakukan debut di hadapan publik di Paris Motor Show 2016, yang akan berlangsung akhir bulan ini. Setelah cukup lama terintai sedang uji coba, akhirnya terlihat jelas ...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Inilah Kia Rio Generasi Terbaru!

Dirilis pada | | 2141

Kia Motor Indonesia baru saja meluncurkan produk baru mereka di GIIAS 2016 lalu. Keduanya adalah MPV bongsor Grand Sedona, serta SUV Sportage. Kemudian ada beberapa model yang mulai terlihat membosankan seperti Rio dan Picanto, yang sebenarnya adalah volume maker bagi pabrikan Korea itu di Indonesia. Namun tidak perlu khawatir, terutama untuk peng...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Generasi Terkini Kia Rio Terintai Selama Uji Pengendaraan

Dirilis pada | | 574

JAKARTA: Baru saja membesut generasi ketiga, Kia Motor kini kembali lagi untuk menghadirkan mobil subcompact terlaris besutannya - Kia Rio, yang akan menjadi generasi keempatnya. Kia Rio terbaru ini memang telah terintai selama uji pengendaraan, dan sontak telah menciptakan spekulasi bahwa mobil ini akan segera hadir memeriahkan pasar. Meskipun mob...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Anti mainstream

By Posted on 09 May 16, 01:15 PM

Pros

Cons

Dua tahun lalu, saya yang baru memiliki 1 anak mencari pilihan mobil MPV. Namun sayang, semua merek MPV yang mainstream, saya rasa tidak bisa memberikan sesuatu yang lebih. Terutama untuk value for money. Garansi biasa 3 tahun, diskon biasa saja, dan rasanya membosankan melihat mobil-mobil seperti itu di jalan raya. Hingga suatu hari saya lewat di depan showroom Kia. Malamnya, situs Kia pun disambangi dan Kia Carens pun langsung diincar. Sayangnya, saat bertanya kepada tenaga penjual di dealer Kia, harga Carens ternyata melewati budget. Namun mobil di sebelahnya, Kia Rio, membuat saya jatuh hati. Usai sudah keinginan untuk memiliki MPV. Kia Rio ini memiliki apa yang saya cari. Value for money dalam bentuk garansi yang panjang, perawatan mudah, dan irit. Satu lagi yang membuat saya senang adalah pelayanan bengkel resmi yang tidak ribet. Kalau mereka mendeteksi ada yang salah, dan tidak bisa diperbaiki, langsung diganti dengan skema garansi tersebut. Salut untuk service Kia.

Was this review helpful? Yes / No

4 of 5 users found this review helpful.