Oto
jakarta-selatan

Kia Rio 2017 VS Honda Jazz RS. Mana Yang Terbaik?

  • 29 Mei, 2017
  • 19459 Kali Dilihat

Kia Rio generasi ke-4 lahir di Paris Motor Show 2016 dan mulai dijual di tanah air pada Indonesia International Motor Show 2017 April lalu. Rio terbaru datang dengan sejumlah keunggulan dibanding kompetitornya. Salah satunya, Honda Jazz. Mana yang lebih baik, Kia Rio atau Honda Jazz?


DIMENSI, RUANG DAN KEPRAKTISAN KABIN



Kalau dibandingkan antara dimensi Rio terbaru melawan Jazz, jelas Rio memiliki dimensi yang lebih besar. Rio lebih panjang 110 mm dan lebih lebar 31 mm dari Jazz. Begitupun dengan jarak sumbu roda, Rio lebih panjang 50 mm. Jarak pijak roda depan Rio juga lebih lebar 42 mm dan jarak pijak roda belakangnya lebih lebar 58 mm. Tapi Jazz lebih tinggi 64 mm dari Rio.


Melihat catatan dimensinya ini, bisa diasumsikan bahwa ruang kabin Rio jelas lebih luas dibanding Jazz. Meski begitu, Jazz menjanjikan ruang kepala yang lebih tinggi dibanding Rio. Tapi perlu diingat, jarak terendah Rio dengan jalan lebih tinggi 15 mm dari Jazz. Perbedaan tinggi tadi sedikit dipengaruhi perbedaan ground clearance keduanya. Selain itu, Rio jadi punya kemampuan jelajah melewati jalanan berlubang yang sedikit lebih baik dari Jazz.



[caption id="attachment_65382" align="alignnone" width="650"]Bagasi Kia Rio Bagasi Kia Rio[/caption]

 


Menariknya, volume bagasi Kia Rio justru lebih kecil 29 liter dibanding Jazz. Jadi Jazz lebih mementingkan ruang untuk daya angkut barang ketimbang ruang penumpangnya. Apalagi Jazz memiliki konfigurasi pelipatan kursi Ultra Seat yang sangat fleksibel.



[caption id="attachment_65381" align="alignnone" width="650"] Bagasi Honda Jazz[/caption]

 


Kursi baris keduanya bisa dilipat rata dengan lantai bagasi. Bahkan kursi depannya pun bisa dilipat sama rata dengan kursi belakangnya, sehingga menyambung dari belakang untuk memuat barang yang berukuran panjang. Sementara jika kursi belakang Rio dilipat, ada perbedaan tinggi antara lantai bagasi dengan ruang di baris keduanya.


PERFORMA



Rio menggunakan mesin baru Kappa menggantikan mesin lama Gamma miliknya. Sama-sama 1.4 liter tapi mesin baru Rio, punya kapasitas yang sedikit lebih kecil dari sebelumnya. Kapasitas mesin barunya 1.348 cc sedang mesin lamanya 1.396 cc. Lalu mesin barunya ini sudah berteknologi D-CVVT atau Dual VVT-i kalau meminjam istilah Toyota. Hasilnya tenaganya menurun 7 Ps dan torsinya turun sekitar 2 Nm dibanding sebelumnya. Jelas performa bukan yang diutamakan Rio terbaru. Konfigurasi ini lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar.


Sebaliknya, Jazz memakai mesin berkapasitas lebih besar yaitu 1.5 liter. Tenaganya lebih besar 20 Ps dan torsinya pun lebih besar 12 Nm dari Rio. Jazz juga masih memakai mesin berteknologi Single Over Head Camshaft (SOHC) tak seperti Rio yang sudah Dual Over Head Camshaft (DOHC). Tapi mesin Jazz punya teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Sistem ini bekerja meningkatkan performa di rpm tinggi dan menurunkan konsumsi bahan bakar di rpm rendah.


Jazz jelas lebih bertenaga dari Rio. Tapi konsumsi bensinnya belum tentu lebih boros. Pertama karena teknologi VTEC itu tadi. Kedua, hatchback Honda ini dilengkapi fitur ECO Assist dan sudah memakai transmisi CVT yang menyalurkan tenaga ke roda secara lebih lembut tak seperti transmisi otomatis 4-speed konvensional Rio.


FITUR DAN HARGA



All New Jazz RS memiliki fitur yang jauh lengkap dibanding Rio. Misalnya, cruise control, paddle shift, tombol start-stop dengan fitur smart entry, sistem multimedia layar sentuh 6,1 inci dengan fitur mirroring dan lainnya.



[caption id="attachment_64492" align="alignnone" width="650"]Kia Rio 3 Sunroof Kia Rio[/caption]

Sementara Rio belum dilengkapi itu semua. Bahkan Rio terbaru, belum didukung sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Satu-satunya yang menjadi kelebihan Rio dibanding Jazz adalah adanya sunroof elektrik.


Hebatnya, walau unggul dalam fitur, Jazz RS CVT hanya lebih mahal Rp 1,5 juta saja dari Kia Rio bertransmisi otomatis.



[caption id="attachment_64494" align="alignnone" width="650"]Kia Rio 5 Head unit Kia Rio[/caption]

KESIMPULAN


Rio unggul dalam kelapangan kabin, juga memiliki sunroof. Sementara Jazz unggul dalam kapasitas bagasi dan fleksibilitas pelipatan kursi untuk memuat barang bawaan yang lebih beragam. Performa Jazz juga unggul dan fitur yang dimilikinya juga lebih banyak ketimbang Rio. Itupun Jazz hanya lebih mahal Rp 1,5 juta dari merek Kia.


Tapi perlu dicatat, Jazz generasi ketiga ini bukan model terbaru. Mobil ini diluncurkan di Indonesia pada 2014. Kabarnya versi facelift dari Jazz siap dipasarkan Juni nanti. Di Thailand, Jazz facelift sudah dijual. Di Malaysia bahkan Honda menyediakan pilihan mesin hybrid! [RS/VAN]


Baca Juga : Kupas Tuntas Fitur Wuling Confero S


Desain Grafis : Taufik Hasrullah

Komparasi Jazz vs Rio

Honda Jazz
Rp239 - Rp279,8 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
KIA Rio
Rp260 - Rp275 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Jazz vs Rio
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi