jakarta-selatan
kali dibagikan

Layanan Purnajual KIA Motors di Jakarta Kini Dipegang Indomobil

  • 04 Mar, 2019
  • 2544 Kali Dilihat

PT Kia Motors Indonesia (KMI) masih bertahan di Tanah Air. Meski beberpa diler berhenti berjualan, brand ini nampak berupaya menjaga komitmen untuk terus memberikan layanan aftersales (purnajual) tetap diberikan. Kini sebagian aftersales dialihkan ke beberapa diler merek lain di Jabodetabek. Sebuah pesan singkat (SMS) soal ini dilayangkan Indomobil Group kepada kami, tak lama ini.


Kia Philippines Feature Image


Kia hadir bersama Indomobil. Siap melayani service kendaraan Anda di lima lokasi bengkel resmi Kia Jabodetabek. Untuk info lebih lanjut hubungi: 021-8565959,” tulis pesan yang masuk.


Setelah kami konfirmasi pada Kia Indonesia, mereka membenarkan pernyataan itu. General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Ridjal Mulyadi, membeberkan lokasinya. “Ya, memang betul. Kami menunjuk Indomobil Group untuk menjadi authorized workshop di Jakarta. Saat ini ada di lima lokasi Jakarta. Misalnya Pantai Indah Kapuk, Puri Jakarta Barat, Bumi Serpong Damai, Kawasan Halim dan di TB Simatupang,” jelas Ridjal saat dihubungi OTO.com.


Alasan pindahnya layanan ke Indomobil, dikatakan untuk tetap menjaga purnajual. Apalagi mereka ditinggal oleh jaringan penjualan di Jakarta. APM tetap berusaha melayani pascajual konsumen. Hanya saja, Kia Mobil Dinamika (KMD), jaringan diler Kia Jakarta berhenti menjual produk. Namanya juga bisnis, pasti ada perhitungan ulang. Terkait apakah menguntungkan atau tidak, sebuah produk ke depannya.


Ditunjuknya Indomobil jadi rekan Kia, lantaran pengalaman berkiprah di industri otomotif nasional. “Ya, penunjukan dilakukan secara profesional. Mereka punya kapasitas dan pengalaman untuk itu,” imbuhnya lewat pesan singkat.


Yang sedang dialami Kia, juga bisa menjadi salah satu gambaran. Betapa ketatnya persaingan industri otomotif di dalam negeri. Meski, mereka juga membantah kalau mereka hengkang atau gulung tikar. Ridjal memastikan, Kia tetap menjalankan aktivitas bisnis di Tanah Air. Walau ada perubahan manajemen dalam perusahaan.


Lantas bagaimana nasib Kia kelak dan apa saja yang menjadi strategi yang membangkitkan mereka? General Manager KMI, belum bisa memberi jawaban lebih perinci. “Untuk saat ini kami belum bisa bicara panjang soal itu (policy perusahaan, Red). Sebab saat ini, kami tengah melakukan konsolidasi,” pungkasnya.


Jaringan resmi KMI yang tersebar di daerah lain seperti Bandung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan lainnya tetap beroperasi seperti biasa. Mereka masih melayani penjualan, servis dan suku cadang. Untuk melanjutkan napas bisnis, Kia mengatakan sedang mencari mitra baru. Namun masih dalam proses.


Kondisi Kia juga sebetulnya santer terdengar kurang memuaskan, sejak tak lagi menjadi anggota Gaikindo. Hal ini disebabkan ada kewajiban yang tidak dipenuhi dalam beberapa bulan terakhir selama 2018. Kita lihat saja, langkah mereka ke depannya, semoga tak menyulitkan konsumen. (Alx/Van)


Baca Juga: Alasan Rasa Mengendarai Toyota Avanza Baru Lebih Nyaman

  • Tampak Depan Bawah KIA Rio
  • Tampak belakang serong Rio
  • Tampak Grille Rio
  • Fog lamp depan Rio
  • Lampu depan Rio
  • lampu belakang Rio
  • KIA Rio Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Rio
KIA Rio
Rp 260 - Rp 275 Juta
Lihat Promo

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video KIA Rio

Lihat video terbaru KIA Rio untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil KIA Pilihan

  • Populer
  • Komparasi