jakarta-selatan

Yamaha R15 Punya Daftar Fitur Menggoda

  • 11 Apr, 2019
  • 2117 Kali Dilihat

Selain agresif dan futuristik, fitur yang terpasang turut menambah nilai jual Yamaha R15. Nah, kami rangkum lima teknologi pabrikan yang membuatnya digemari konsumen. Sepeda motor sport ber-fairing Yamaha ini, mengantongi kelebihan: rangka deltabox, suspensi upside down, panel informasi full digital, teknologi VVA.


Yamaha R15 2018


Yamaha R15 meluncur perdana, April 2014 di pasar Indonesia. Dalam perjalanannya, motor ini sudah beberapa kali melakukan ubahan grafis, warna, muka dan bodi. Tujuannya, mempertahankan pasar sport di kelas 150 cc. Penggemarnya pun tergolong banyak. Secara garis besar, mereka menginginkan performa motor yang apik. Tetapi juga masih mempertimbangkan keiritan bahan bakar. Simak fitur keren R15 berikut ini.


Sasis Deltabox


R15 yang pertama mengadopsi model rangka deltabox. Tujuannya, untuk menambah rigiditas dan kekakuan frame sebanyak 30%. Diyakini, handling dan performa motor semakin baik saat dipadukan dengan deltabox. Bahan dasarnya aluminium dengan bobot yang ringan. Kombinasi ini, menurut Yamaha, memberikan pengendalian motor yang amat stabil. Dengan weight distribution 50 : 50, mengendarai R15 konon jauh lebih menyenangkan.


Ditambah desain bodi yang meruncing dan ramping, semakin menyiratkan citra “Racy”. Lampu depan dan belakang LED, plus lampu hazard, membuat motor terlihat agresif. Lewat perpaduan rangka deltabox ini, R15 tetap mengambil DNA Yamaha R-Series. Pabrikan senantiasa mengedepankan unsur supersport padanya.


Suspensi Upside Down


Tak dipungkiri, penyematan suspensi upside down menambah tingkat kegantengan motor. Apalagi yang berkelir emas. Anda serasa memiliki motor sport berkelas premium. Selain estetika, hadirnya jenis, suspensi macam ini juga punya banyak manfaat.


Yamaha YZF-R15 Front Angular


Khususnya untuk pengendalian dan stabilitas motor. Kenapa bisa begitu? Posisi inner tube atau pipa kecil tepat berada di bagian bawah. Sementara outer tube atau pipa yang lebih besar ada di bagian atas. Jadi tetap stabil saat motor melesat.


Speedometer Digital


Ia makin keren dengan speedometer full digital. Kemudian panel dilengkapi shift timing light, yang memberi tanda kepada Anda untuk berpindah percepatan. Ini bisa diatur sesuai keinginan pengendara. Lalu ada gear position, untuk mengetahui posisi percepatan saat berkendara. Pemilik juga bisa memasukkan identitas nama, maksimal enam digit pada tampilan LCD speedometer. Juga beberapa fungsi lain, yang membuat Multi Information Display R15 semakin informatif. Keren bukan?


Mesin Bertenaga


Mesin Yamaha R15 disusun atas konstruksi 1-silinder dengan kapasitas 155,1 cc. Bedanya dengan yang lain, mesin R15 memiliki konfigurasi head SOHC (Single Over Head Camshaft). Pelengkapnya 4-katup dan sistem pendingin cairan. Mesin itu punya torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm.


Betul, Yamaha R15 memakai jenis head SOHC. Konfigurasi ini unggul di dimensi yang lebih kompak, ringan dan cenderung minim perawatan. Menariknya, mesin SOHC itu pakai 4-katup dan punya VVA. Ini yang membuatnya tak kalah dengan tipe mesin DOHC (Double Over Head Camshaft). 


Teknologi VVA dan ASC


Yamaha luncurkan R15


Yamaha juga membekali R15 dengan variable valve actuation (VVA). Mirip dengan yang dimiliki NMax. Cara kerja sistem ini hanya dibantu oleh tiga komponen. Yakni sebuah solenoid, satu buah camshaft dengan tiga profil berbeda. Satu profil untuk klep buang dan dua profil lagi untuk klep masuk. Lalu ada rocker arm tambahan yang punya as penghubung. Kombinasi inilah yang membuat kinerja mesin semakin efisien dan bertenaga. Lalu torsinya juga rata di setiap putaran.


Assist & Slipper Clutch (ASC) juga jadi fitur unggulan. Biasanya ASC hanya ada pada motor besar (moge). Tapi Yamaha R15 punya. Dan pertama kali diaplikasikan di motor sport kelas 150 cc. Fitur Assist, membuat pengoperasian kopling sangat ringan. Jadi pengendara bisa semakin nyaman ketika menarik tuas kopling dan memasukkan gigi. Sedangkan fitur Slipper Clutch, membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Jika Anda mengendarainya, kesan pertama yang dirasa ialah responsifnya engine. Perpindahan gigi dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan ketika motor sedang dalam akselerasi maksimum.


Nah, itulah deret fitur yang bisa menjadi pertimbangan. Bisa digunakan sebagai acuan, sebelum Anda memutuskan dan membeli Yamaha R15. Untuk komparasi dengan produk lain sekelas, tersedia di artikel lain OTO.com.(Alx/Van)


Baca Juga: Mau Beli Yamaha Aerox? Kenali Fitur Uniknya

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian R15 2019

  • Standard | Rp31,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3,2 Juta
    Angsuran Rp1,35 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • Movistar Livery | Rp35,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3,6 Juta
    Angsuran Rp1,52 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha R15 2019

Lihat video terbaru Yamaha R15 2019 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi