jakarta-selatan

Yamaha Kembali Gelar Balap Motor Terbesar di Indonesia

  • 04 Mar, 2019
  • 679 Kali Dilihat

Peduli balap Tanah Air, Yamaha Indonesia kembali gelar Yamaha One Make Race (OMR). Misi pabrikan berlambang garputala untuk menemukan, mendidik dan memberikan peluang balap di kancah dunia, memang kerap dimulai dari event ini.


aerox 155


Untuk diketahui, OMR Yamaha sudah memasuki tahun ke-30 sejak pertama kali dihelat pada 1989. Kini, mereka membawa hajatan ini ke level yang lebih lanjut. Misalnya dengan mengadakan beberapa jenis balapan; Yamaha Cup Race (YCR), Yamaha Sunday Race (YSR), dan balap ketahanan Yamaha Endurance Festival (YEF). Bahkan, mereka pun berjanji membawa museum balap Yamaha ke sirkuit. Skala event ini, yang akhirnya membuat mereka berani mengklaim sebagai aktivitas balap motor terbesar di Indonesia.


“Kami bangga mengumumkan tim balap Yamaha Indonesia yang berkompetisi di beberapa ajang balap seperti Motoprix, IRS dan Yamaha Cup Race. Yang pada tahun ini merayakan 30th Anniversary, Yamaha Sunday race, serta Yamaha Endurance Festival sudah memasuki tahun ke-2,” jelas Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg dalam siaran persnya, beberapa hari lalu.


Salah satu balapan OMR Yamaha yang paling banyak pesertanya adalah Yamaha Cup Race (YCR). Tahun ini ketambahan satu seri, hingga terdapat total delapan seri yang digelar di sejumlah wilayah berbeda. Antara lain dua seri diadakan di masing-masing pulau; Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.


Untuk meramaikan YCR 2019, YIMM konon akan membuka kelas baru, yakni Ex-Rider. Sesuai namanya, kelas ini memberikan kesempatan bagi pembalap profesional yang dulu sempat berkompetisi di berbagai ajang balap tanah air. Balapan nostalgia di kelas Ex-rider ini tentu jadi bumbu tersendiri.



Satu balapan lagi yang juga tak surut peminatnya, Yamaha Sunday Race (YSR). Event adu cepat bagi pencinta balap dari berbagai komunitas ini, memang selalu menarik peminat. Seperti biasa, kelas dibagi atas pengguna motor YZF-R25 dan YZF-R15. Uniknya, tahun ini Yamaha membuka kelas khusus untuk sport 155 cc bagi R15 generasi anyar. Tak disebutkan lebih lanjut, namun nampaknya kelas ini terpisah dari YZF-R15 yang mesinnya 150 cc. maklum, motor beda generasi ini kubikasi, tenaga maupun teknologiya jauh berbeda. Sebutnya, gelaran YSR dihelat dalam 4 seri yang dibagi ke sepanjang 2019.


Balapan terunik yang digelar kembali, adu ketahanan di atas motor. Ya, Yamaha Endurance Festival kembali menghadirkanya di tahun ke-2, tepatnya 14-15 September. Kabarnya, untuk tahun ini, durasi waktu balap di kelas Komunitas Sport 150cc dan Sport 250cc ditambah menjadi 1 jam 30 menit dari sebelumnya 1 jam. Penambahan waktu ini tentu tantangan tersendiri bagi para peserta.


Seperti sudah disebut, Yamaha juga membawa museum balap ke ajang YCR-nya. Museum ini dihadirkan dengan tema merayakan 30 tahun kehadirannya di dunia balap Indonesia. Disebutkan dalam museum itu, ditampilkan dokumentasi foto dan display motor dengan livery khusus 30 tahun balap Yamaha. (Van)


Baca Juga: Ini Dia Motor Balap Rossi dan Vinales Untuk MotoGP 2019

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian R15 2019

  • Standard | Rp31,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3,2 Juta
    Angsuran Rp1,35 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • Movistar Livery | Rp35,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3,6 Juta
    Angsuran Rp1,52 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha R15 2019

Lihat video terbaru Yamaha R15 2019 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi