Yamaha MX King Punya Warna Baru, Tonjolkan Kesan Agresif

Yamaha MX King Punya Warna Baru, Tonjolkan Kesan Agresif
Gambar
Review Pengguna

Yamaha Indonesia rilis warna baru MX King 150. Ada dua kelir anyar yang ditawarkan. Ubahan cat dan grafisnya kian menonjolkan kesan agresif. Desainnya juga mempertegas karakter aura sporty. Saat ini ia dipasarkan dengan harga Rp 24,075 juta on the road Jakarta.

Dua warna anyar “The King of Street” yakni Sporty Black Yellow dan Aggressive Red. Keduanya menampilkan stripping baru serbatajam dan downforce line angle. Diselaraskan dengan gaya racy sehingga makin sporty. Menariknya, mereka pakai grafis asimetris, model kiri dan kanan dibuat berbeda. Kombinasi ini menghasilkan penampilan yang gagah, lebih fresh dan kental dengan gaya sporty yang mengesankan. Sementara buat kelir Active Blue masih tetap sama, yang merupakan ciri khas Yamaha Racing.

Sporty black yellow

Sporty Black Yellow diklaim sangat cocok buat kalangan muda yang berani tampil beda. Sensasi berkendara dengannya bisa menjadi pusat perhatian. Paling mencolok tentu cat yang disematkan, warna kuningnya mirip dengan ciri khas Valentino Rossi. Menempel di cover headlamp, bodi tengah, dan sedikit di bodi belakang. Uniknya roda depan dan belakang dibuat tidak selaras. Depan pakai kuning fluo, sementara belakang hitam dengan secuil grafis di bibir pelek.

Baca juga: Yamaha F155, Prototipe MX King yang Terinspirasi Dari YZF-R1

Aggressive Red didominasi warna merah glosi dengan hitam. Cat cerahnya itu tersemat di cover lampu tiap sisi, tameng depan hingga fairing. Buat bodi belakang hanya ada tarikan garis serbatajam warna silver, lengkap dengan tulisan MX King di atasnya. Sisanya dibungkus dengan kelir hitam. Ia sangat cocok buat pecinta bebek sport yang energik.

Aggressive red

"Banyaknya penggemar MX King 150 membuat kami konsisten menyegarkan tampilannya. Di bulan pertama 2021, kami kenalkan bebek sport dengan warna baru untuk konsumen. Sekarang ia tampil lebih sporty dan fresh dengan beragam pilihan warna terbaik," ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran resminya, Kamis (14/01).

Tak ada ubahan selain penyegaran warna untuk MX King 150. Jantung mekanisnya masih berkonfigurasi satu silinder tegak, 150 cc, SOHC, 4-tak, berpendingin cairan serta teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang membuat mesin tiga kali lebih awet dan tahan lama. Mesinnya mampu menghasilkan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm dan tenaga maksimal 15,3 hp di 8.500 rpm. Penyaluran dayanya lewat transmisi manual Full Cluth Centrifugal Wet yang memiliki 5 percepatan. Output yang dikeluarkan terasa sangat responsif, baik untuk berakselerasi atau meraih top speed.

Tampilannya sporty, stylish dan modern. Gaya agresif dengan lekukan tajam menjadi ciri khasnya. Tampang depannya meruncing yang dipadukan dengan sayap atau fairing ramping. Tujuan agar menghasilkan sistem aerodinamis yang baik saat melaju. Lampu utamanya berisi 3 LED (2 Low Beam, 1 High Beam), memberikan penerangan maksimal saat berkendara. Aksen lampu kota berbentuk menyipit membuat motor seperti menatap agresif. Lampu seinnya berada di samping fairing.

Bagian belakang juga memiliki tampilan layaknya motor sport, karena bentuknya meruncing. Memiliki sepatbor menggantung, khas YZF-R6. Bentuk knalpot yang digunakan serupa dengan Yamaha Vixion Lightning, sehingga lebih gagah meskipun lahir sebagai motor bebek.

MX King

Ukuran tubuhnya sangat ideal dengan dimensi 1.970 x 670 x 1.080 mm (PxLxT), serta memiliki bobot 116 kg. Tinggi tempat duduknya 780mm dan jarak terendah ke tanah 135mm, itu untuk memastikan pengendara dapat menapakkan kakinya dengan baik. Kapasitas tangki bahan bakarnya hanya 4,2 liter.

Motor ini memakai tipe rangka Backbone atau Light Frame Design. Frame itu terbukti mampu menopang beban dan stabil di kecepatan tinggi. Dibekali dengan suspensi depan teleskopik, kemudian bagian belakang menggunakan swing arm dengan monoshock yang sudah teruji kualitasnya. Hasilnya, bebek sport ini siap melibas berbagai karakter jalanan. Kemudian pijakan kaki pengendara bisa dilipat, membuat semakin nyaman dalam bermanuver hingga cornering.

Penunjang kestabilan lain yaitu penggunaan ban bertapak lebar. Depan 90/80 dan 120/70 belakang. Keduanya sudah berjenis tubeless yang terpasang di roda berdiameter 17 inci. Sistem pengeremannya sudah menggunakan cakram di kedua rodanya. Tapi belum dipasangkan sistem pengereman ABS.

Untuk fiturnya ada speedometer full digital. Bentuknya besar sehingga pengendara mendapatkan informasi dengan jelas. Hazard Lamp, untuk memberikan tanda dalam situasi darurat.

Selain menawarkan varian standar dengan 3 pilihan warna, MX King 150 juga punya tipe lain. Ada MX King 150 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition yang diniagakan Rp 24,375 juta. Versi ini desain stripingnya mengikuti motor MotoGP. Serta ada Doxou version yang dibanderol Rp 24,170 juta OTR Jakarta. (Bgx/Tom)

Baca juga: 7 Model Yamaha termasuk Niken GT Kena Recall, Terkait Masalah Sakelar Rem Depan

Jelajahi Yamaha MX King

Bandingkan & Rekomendasi