Update Harga dan Spesifikasi Lengkap Skutik Honda Agustus 2022, Mulai Dari Rp17 jutaan

Update Harga dan Spesifikasi Lengkap Skutik Honda Agustus 2022, Mulai Dari Rp17 jutaan


Kepopuleran skutik terus merajai penjualan sepeda motor di Indonesia. Paling banyak peminatnya lantaran mudah dikendarai, irit bahan bakar dan bentuk yang dinamis. Beragam model disediakan dengan harga variatif. Seperti yang ditawarkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Untuk kelas entry level boleh dibilang paling digemari, sebab memiliki dimensi kompak dengan kelengkapan fitur yang memadai. Di lain sisi, tipe premium juga tak kalah menarik. Sangat cocok untuk masyarakat untuk mobilitas perkotaan. Berikut detail spesifikasi serta daftar harga skutik Honda per Agustus 2022.

KEY TAKEAWAYS

  • Skutik Honda sangat populer dan menawarkan banyak pilihan

    Mulai dari Beat yang terlaris sampai skutik besar Forza 250
  •  

    Beat Series

    Beat cbs dance white black

    Di kelas termurah, Honda menawarkan Beat Series. Ia merupakan salah satu skutik entry level paling laris di Indonesia. Bahkan dirinya didaulat sebagai penguasa pasar skutik berbanderol murah. Padahal mesinnya cuma 110 cc dan dimensinya kecil. Generasi baru yang dilabeli All New ini dipasarkan dengan harga Rp17,620 juta (tipe CBS), Rp18,326 juta (CBS ISS), Rp18,472 juta (Deluxe) dan Rp Rp18,276 juta (Street) OTR DKI Jakarta.

    All New Honda Beat menggendong mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Ia dipercaya mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Dapur pacunya ketambahan fitur ISS agar bahan bakar tak terbuang percuma.

    Fiturnya ada bagasi penyimpanan barang sebesar 12 liter, kemudian ada dua rak kecil lagi di bawah stang. Sektor pencahayaan utamanya sudah berteknologi LED, panelmeter menggabungkan digital dengan analog, dan di dalamnya diberikan fitur indikator ECO. Kunci kontak sudah terintegrasi dengan pembuka jok, lebih praktis. Di bawah rumah kunci diberikan power charger (khusus versi CBS-ISS).

    Tak lupa juga Combi Brake System (CBS) yang menjadi fitur standar buat Honda Beat termurah. Ada pula Side Stand Switch serta Parking Brake Lock yang berguna saat motor berhenti di tanjakan atau turunan, sehingga lebih aman.

    Sementara Beat Street perbedaan paling mencolok karena menggunakan naked Handlebar. Membuat tampilannya lebih sangar, karena kabel push-pull throttle, kabel Combi Brake System dan master rem depannya terekspos. Pengendara tidak cepat pegal jika dibandingkan dengan stang yang lebih rendah dan pendek. Selain itu, Beat Series lebih ringan saat bermanuver karena mengadopsi rangka berteknologi eSAF.

     

    Genio

    Honda Genio

    Skuter matik (skutik) fashionable dari Honda ini mendapat penyegaran signifikan di 2022. Paling mencolok yakni perubahan di roda. Ia mendapat revisi ukuran pelek dari semula 14 inci menjadi 12 inci. Modelnya mirip kepunyaan Scoopy versi sebelumnya. Didukung ukuran ban tubeless terbaru yang lebih lebar, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12. Dengan pengaplikasian roda baru, komponen segitiga atas menyesuaikan. Diikuti pula ubahan suspensi belakang yang sekarang lebih panjang.

    Unsur kebaruan juga tampak pada bagian cover bodi depan, kini lebih besar. Kemudian lokasi power outlet pindah dari sebelumnya ada di bawah bagasi, sekarang berada di dek sebelah kanan.

    Berkat ubahan tadi, per Agustus 2022 AHM menjual Genio terbaru sebesar Rp18,880 juta (CBS) dan Rp19,475 juta (CBS-ISS) OTR DKI Jakarta.

    Untuk kelengkapan lainnya masih sama seperti model sebelumnya. Seperti penggunaan rangka berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Dampak positif penggunaan frame tersebut bisa dirasakan oleh pengguna dalam hal kestabilan dan pengendalian yang lebih lincah.

    Untuk mesinnya, ia tetap mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Output tenaga Genio sendiri ada di angka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

    Volume bensin berkapasitas 4,2 liter dan bagasi 14 liter. Untuk fitur keamanan ditunjang secure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Honda Genio.

    Teknologi lampu depannya sudah menggunakan LED. Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

     

    Scoopy

    Honda Scoopy

    Sejak diluncurkan pada 2010, Honda Scoopy memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta skutik unik dan fashionable. Hal ini mampu mengantarkan dirinya menjadi salah satu model skutik terfavorit di Indonesia. Akhir tahun lalu dirinya mendapat ubahan dari sisi visual. Peremajaan meliputi perubahan warna dan stripe. Dari empat varian yang ditawarkan, masing-masing punya satu cat baru.

    Sekarang All New Scoopy Prestige ada White dan Black. Stylish tersedia Brown dan Red. Fashion ada Black dan Blue. Sementara Sporty ditawarkan Black dan Red. Untuk harga per Agustus 2022, AHM membanderol Varian Sporty dan Fashion sebesar Rp21,353 juta. Sedang Stylish dan Prestige dibanderol Rp22,115 juta OTR DKI Jakarta.

    All New Honda Scoopy dibekali mesin generasi terbaru, 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, serta Idling Stop System (ISS) menjadi peranti standar.

    Sama seperti Genio, penggunaan rangka eSAF berdampak pada meluasnya kapasitas tangki bahan bakar dan ruang bagasi. Daya tampung bensin jadi 4,2 liter dan kompartemen bawah jok 15,4 liter. Bahkan tempat penyimpanan di bawah jok itu dapat menyimpan helm Scoopy.

    Beragam fitur canggih juga disematkan padanya. Pencahayaan LED projector di depan, Smart Key Sistem yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm, USB Charger model terbaru, hingga kombinasi panel meter.

    Lainnya ada Multi Function Hook, pijakan kaki yang terintegrasi dengan bodi, standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock.

    Baca Juga: Update Harga Motor Matik Bermesin 150 hingga 200 cc per Agustus 2022, Termurah Rp26 Jutaan

     

    Vario Series

    Honda Vario 160

    Vario punya dua varian, ada versi 125 cc dan terbaru ada All New Honda Vario 160. Perbedaannya tentu pada sektor mesin, dimensi dan penyematan fitur. Soal harganya, Vario 160 punya dua tipe, yaitu versi ABS yang dijual Rp29,064 juta, dan CBS Rp26,339 juta OTR DKI Jakarta. Sedang buat trim bawah dilego Rp22 juta (CBS), Rp22,920 juta (CBS-ISS) dan Rp23,081 juta (CBS-ISS Special Color).

    Vario 160 didapuk sebagai pengganti Vario 150. Kini kapasitas mesinnya lebih besar. Menurut data di atas kertas, ia menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,4 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Bagian dapur pacunya disematkan teknologi eSP, yang mampu menghasilkan pembakaran efisien dan minim gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma.

    Selain update dari sektor mesin, dirinya juga mandapat perubahan dari sisi visual. Konsepnya masih sama seperti sebelumnya, tetap mengusung skutik bergaya sportif. Tapi desain berubah total, memiliki garis-garis tegas. Kini dirinya tak lagi ramping. Beberapa panel bodi dibuat mengembung padat. Sistem pencahayaan depan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein yang tak lagi menyipit ke bawah. Diberi pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Terlihat agresif dan berkelas.

    Menyesuaikan dengan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit mengembung. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Bodi belakang diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus tipe ABS). Kesan elegan jadi makin kuat terlihat dari sisi samping. Bagian belakang masih didukung tampilan mewah, karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Model lampu stop berubah total namun tetap meruncing ke atas.

    Buat varian tertinggi sudah dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS), ditambah pengereman belakang dilengkapi cakram. Sedang tipe CBS masih seperti model lama. Lalu ada USB charger type A buat mengisi ulang ponsel tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

    Buat kelengkapan lainnya masih identik dengan model sebelumnya. Seperti pencahayaan LED depan-belakang serta sinyal belok, Side Stand Switch, Brake Lock System, double inner rack yang multifungsi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm dan panel instrumen full digital dan pakai teknologi negative display. Bentuknya masih sama dengan versi lawas, hanya saja buat varian termahal ada indikator ABS.

    Urusan kaki-kakinya masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Sementara diameter roda masih identik, yakni 14 inci. Tapi sekarang pakai palang model baru. Kulit bundarnya juga kini berprofil lebar. Kalau sebelumnya pakai 80/90 dan 100/80, saat ini 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless.

    Sementara Vario 125 tetap mengandalkan mesin 124,8cc eSP 4-langkah, SOHC dengan pendingin cairan dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan racikan 52,4 x 57,9 mm (bore x stroke) ia bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 hp di 8.500 rpm dan memuntahkan torsi sebesar 10,8 Nm di kitiran 5.000 rpm.

     

    PCX160

    Honda PCX 160

    All New PCX160 hadir dalam tiga varian, yakni CBS, ABS, dan e:HEV alias hybrid. Per Agustus 2022 masing-masing varian dibanderol dengan harga yang berbeda, Rp32,079 juta (CBS), Rp35,510 juta (ABS) dan Rp45,045 juta (e:HEV) OTR Jakarta.

    PCX160 menggendong mesin berkapasitas 160 cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan dengan teknologi anyar bernama eSP+. Dirinya bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di putaran 6.500 rpm. Dengan metode pengetesan ECE R40 Euro 3. Alias Idling Stop System (ISS) terus dinyalakan. Angka segitu boleh dibilang masih terjaga, mengingat tenaganya bertambah.

    Sedang All New Honda PCX e:HEV dilengkapi dengan motor assist dan riding mode. Ada mode normal (D) dan sport (S). Memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal. Sementara itu, terdapat fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada tipe ABS dan e:HEV (Hybrid Electric Vehicle). Teknologi untuk mengontrol output torsi mesin dengan mendeteksi perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang. Sehingga memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan yang licin.

    Selain mengaplikasikan sistem pencahayaan full LED, fitur penunjang lainnya bisa ditemukan di area kokpit. Tertera tampilan baru pada panel meter digital. Data yang disajikan meliputi indikator baterai, perawatan v-belt, serta indikator HSTC dan sensor ABS khusus dua seri termahal. Lubang pengisian di laci kiri pakai tipe jadi soket USB type A.

    Tetap menggunakan smart key system. Didalamnya mengemas 3 fitur sekaligus yakni Immobilizer, Answer Back dan Alarm anti-theft (anti maling). Teknologi dapat memberikan rasa aman dan nyaman kala memarkirkan motor kesayangan.

     

    New ADV160

    Honda ADV160

    Skutik berperawakan tualang ini sekarang dibekali fitur baru, ubahan mesin, dan revisi minor pada tampilannya. AHM masih menawarkan Honda ADV160 dalam 2 varian berbeda yakni CBS dan ABS. Keduanya dijual masing-masing dengan banderol Rp36 juta dan Rp39,250 juta yang sudah berstatus OTR Jakarta.

    New ADV160 kini mengemas enjin serupa dengan Honda PCX 160. Performanya lebih Tangguh dibanding model sebelumnya. Menurut data pabrikan, dirinya menggendong mesin 156,9 cc (dibulatkan 160 cc), 4 katup, pendingin cairan, dan sudah berteknologi eSP+ (enhanced Smart Power plus) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

    Walau masih terlihat identik dengan model sebelumnya, ternyata bagian muka dari New ADV160 ada sedikit perbedaan. Lebih tepatnya bagian cover bodi depan yang sedikit membesar sehingga kesan adventure dari motor ini semakin kuat. Pihak pabrikan juga merevisi sedikit windscreen.

    New ADV160 sudah pakai teknologi full LED. Daya tarik lain yaitu headlamp dilengkapi DRL. Sedang belakangnya pakai pattern “X” untuk memberikan kesan tangguh dan futuristik. Dan dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini hanya tersedia pada tipe ABS.

    Cluster meter atau panel meter di New ADV160 menggunakan interface baru. Tampilannya lebih canggih dan mirip kepunyaan ADV350. Sekarang sudah diberikan informasi RPM di sisi kiri dan ada tambahan pengaturan on off fitur kontrol traksi atau HSTC (Honda Selectable Torque Control) buat varian tertinggi. Tombol pengaturannya juga kini terpisah, posisinya ada di antara handle bar dan panel meter.

    Opsi warna masih tetap menarik. Untuk varian CBS dilabur dengan kelir metalik dengan pilihan Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White. Sementara tipe ABS tampil lebih premium dengan sentuhan cat matte (doff) dengan opsi Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.

     

    Forza

    Honda Forza

    Astra Honda Motor (AHM) memberi pilihan untuk kelas skutik bongsor 250 cc dengan hadirnya Forza. Tahun lalu dirinya mengalami perubahan, khususnya dari sektor dapur pacu dan tampilan. Saat ini dirinya dipasarkan dengan harga Rp90,313 juta On The Road (OTR) Jakarta.

    Tampilannya kini lebih atraktif dan kuat dengan kesan eksklusif. Electrical adjustable windscreen kini memiliki jarak penyesuaian lebih tinggi yaitu sekitar 40 mm. Desain cover muffler pakai versi anyar, memiliki tarikan garis yang lebih tajam.

    Semua sistem pencahayaan mengadopsi teknologi LED, baik di depan dan juga belakangnya. Honda Forza telah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Untuk mendukung mobilitas tinggi pengendaranya, model ini telah dilengkapi console box dengan USB Charger pada bagian depan.

    Honda Forza 250 terbaru mendapat teknologi eSP+. (enhanced Smart Power+). Tetap menggendong mesin 249,01 cc, SOHC, satu silinder, berpendingin cairan. Jantung mekanis ini sudah dilengkapi teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Performa di atas kertas sanggup menyemburkan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 23,5 Hp pada 7.750 rpm.

    Beragam fitur canggih lainnya tetap dipertahankan. Di antaranya ada Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Panel meter kombinasi digital dengan indikator Honda Selectable Torque Control (HSTC), indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Harga Terbaru dan Lengkap Motor Matik 110 hingga 125 cc per Agustus 2022, Termurah Rp14 Jutaan

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda CBR250RR
      Honda CBR250RR
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    • Honda CBR150R
      Honda CBR150R
    • Honda Genio
      Honda Genio
    • Honda ADV 160
      Honda ADV 160
    • Honda Sonic 150R
      Honda Sonic 150R
    • Honda Supra X 125 FI
      Honda Supra X 125 FI
    • Honda CB150R Streetfire
      Honda CB150R Streetfire
    • Honda CB150 Verza
      Honda CB150 Verza
    • Honda Revo
      Honda Revo
    • Honda Goldwing
      Honda Goldwing
    • Honda Supra GTR 150
      Honda Supra GTR 150
    • Honda Rebel
      Honda Rebel
    • Honda Forza 250
      Honda Forza 250
    • Honda X-ADV
      Honda X-ADV
    • Honda CBR1000RR-R
      Honda CBR1000RR-R
    • Honda CRF1100L Africa Twin
      Honda CRF1100L Africa Twin
    • Honda CB650R
      Honda CB650R
    • Honda CBR600RR
      Honda CBR600RR
    • Honda CB500X
      Honda CB500X
    • Honda CRF250Rally
      Honda CRF250Rally
    • Honda CT125
      Honda CT125
    • Honda PCX eHEV
      Honda PCX eHEV
    • Honda ST125 Dax
      Honda ST125 Dax
    • Honda Super Cub C125
      Honda Super Cub C125
    • Honda CB150X
      Honda CB150X
    • Honda Monkey
      Honda Monkey
    Motor Honda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Motor Honda Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Honda

    Artikel Motor Honda dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature