jakarta-selatan
kali dibagikan

Skutik Yamaha Seharga Xpander Kena Recall, Beltnya Potensi Putus!

  • 20 Feb, 2019
  • 1397 Kali Dilihat

Skutik premium Yamaha TMax DX, mendapat panggilan untuk penggantian komponen. Recall resmi yang dirilis Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dilakukan setelah hasil evaluasi dan ditemukan ada komponen yang perlu diperiksa lebih lanjut. Ada dua bagian dari TMax DX yang jadi sorotan recall, bagian belt pada dan ECU mesin jadi sasarannya.



Pada bagian belt yang bertugas menyalurkan daya dari CVT ke roda belakang, dikhawatirkan mudah putus. "Belt tidak cukup kuat untuk menahan beban pada saat motor digunakan," jelas Yamaha dalam siaran persnya. Peningkatan ketahanan wire pada belt dan menambah jumlah lilitan pada corenya akan dilakukan saat motor dibawa ke bengkel.


Sedangkan untuk ECU TMax DX, tidak sampai diganti, hanya diprogram ulang. Dikatakan, agar ECU bisa bekerja lebih optimal dalam meningkatkan kinerja mesin. Yamaha menjabarkan bahwa mixture udara dan bahan bakar terlalu miskin dan berpotensi membuat mesin mati saat idling atau berkendara dengan putaran rpm rendah.


Recall ini tentu gratis untuk konsumen TMax DX bernomor rangka JYASJ1450J0013801 - JYASJ1450J0016880. Pengerjaannya juga tak lama, diklaim hanya sekitar satu jam untuk mengganti belt dan program ulang ECU.


M. Abidin, GM CS Division (After Sales) PT YIMM mengatakan, recall ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa dari TMax DX. "Sebagai wujud komitmen Yamaha Indonesia untuk memenuhi hak konsumen dalam mendapatkan produk berkualitas, kami mengajak para pengguna TMax DX dengan nomor rangka yang telah kami umumkan untuk segera datang ke diler CBU resmi Yamaha terdekat dan melakukan penggantian komponen secara gratis guna mengoptimalkan performa sepeda motor," ungkap Abidin dalam keterangan resmi yang diterima redaksi.



Seperti disebut, konsumen bisa membawa motor mereka ke diler CBU Shop serta diler lain seperti Sentral Yamaha dan Flagship Shop Yamaha di seluruh Indonesia. Recall mulai berlaku per 18 Februari 2019, serentak di Indonesia. Pastikan motor TMax DX rangkanya sesuai dengan yang di-recall, sebelum membawanya ke bengkel diler yang ditunjuk.


Yamaha TMax DX, skuter matik premium yang menjadi pamungkas di lini maxi Yamaha. Tak cuma karena harganya yang lebih mahal dari all new Nissan Livina, Tmax DX punya fitur unggul mendukung performanya. Jantung mekanisnya 2-silinder 500 cc yang menyajikan daya 45,9 PS pada 6.750 rpm dan torsi 53 Nm pada 5.250 rpm. Teknologi YCC-T disematkan. Singkatan dari Yamaha Chip Controlled Throttle. Peranti itu seperti yang digunakan pada motor balap Yamaha R1-M. Fungsinya, manajemen mesin dengan throttle. Cukup dengan sedikit memuntir gas, mesin langsung merespons cepat dan presisi.


Fitur lain yang dibawa TMax DX termasuk cruise control, dua pilihan mode berkendara, suspensi depan upside down dan pengaturan elektrik pada windscreen. Selain itu, TMax DX juga didukung sistem kendali traksi yang sangat berguna di jalan basah dan licin. Harga Yamaha TMax DX, Rp 319 juta on the road Jakarta. (Tom/Van)


Baca Juga: BMW C 400 X Punya Fitur Apa Saja?

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Yamaha TMAX DX

Lihat video terbaru Yamaha TMAX DX untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi