MotoGP: Marquez Kembali di Seri Spielberg?

MotoGP: Marquez Kembali di Seri Spielberg?

Marc Marquez akan melewatkan lebih banyak lagi balapan musim ini. Setelah dua putaran di Sirkuit Jerez (Spanyol) dan Brno (Republik Ceko), pembalap Repsol Honda kembali absen di seri Austria. Namun ada indikasi ia kembali di putaran selanjutnya (Spielberg GP) yang juga berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung melalui situs resmi Honda Racing Corporation (HRC). Disampaikan oleh mereka sang pembalap masih menjalani pemulihan terhadap tangan kanannya, pasca operasi kedua beberapa waktu lalu. Sebagai pengganti, HRC pun kembali menunjuk Stefan Bradl untuk mengisi kursi Marquez di Austria nanti.

Tentu terlalu tinggi jika Honda mengharapkan Bradl naik podium atau bahkan juara di Red Bull Ring. Apalagi di putaran sebelumnya pun, ia belum bisa mendulang poin untuk pihak pabrikan. "Brno adalah akhir pekan yang sibuk, ketika Bradl beradaptasi dengan RC213V 2020 dan mengerjakan sejumlah item untuk HRC. Walaupun tanpa poin, dia menunjukkan kemajuan yang kuat selama akhir pekan di Ceko," tulis HRC.

Marc Marquez

Bradl sendiri tak sabar untuk melakoni pekerjaannya lagi di Austria. Diakuinya, kesibukan di Ceko bakal berlaku sama di putaran keempat ini. Bedanya, kini ia lebih optimis, mengingat pencapaiannya di tahun lalu. Kali itu - saat ditunjuk menggantikan Jorge Lorenzo, ia berhasil finis di urutan 13 dengan torehan 3 poin. Bisa dikatakan, Honda hanya mengharapkan poin saja dari test rider mereka ini.

"Saya sangat menantikan lagi membalap di Red Bull Ring. Kami pasti akan sibuk lagi, tetapi mungkin cuaca akan sedikit mengubahnya. Saya senang bisa kembali bersama Repsol Honda dan yakin bisa menjalani akhir pekan ini dengan lebih kompetitif. Mari kita lihat bagaimana ini ini terungkap. Saya optimis bisa lebih dengan para pembalap reguler MotoGP," ucap Bradl.

Bradl juga sempat menerangkan bahwa dia bakal membalap di dua seri sekaligus. Seperti kita ketahui, Red Bull Ring dipilih sebagai salah satu lintasan yang menyelenggarakan dua putaran. Masing-masing pada 16 Agustus dan 23 Agustus 2020. Jelas mengecewakan bagi Marquez karena harus melewatkan lima putaran sekaligus. Di samping itu, dia juga harus memupus rasa penasaran untuk memenangkan balapan di sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut. Dalam tiga tahun berturut-turut (2017-2019), Marquez hanya finis sebagai runner up. Dirinya bahkan dua kali diasapi oleh Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), tepatnya pada musim 2017 dan 2019.

Baca juga: MotoGP: Laga Puncak di Portugal Bakal Diramaikan Penonton

Lantaran absen lima seri pula, peluang Marquez untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020 menjadi sedikit tertutup. Saat ini dia belum mendapatkan satu poin pun di klasemen. Sementara pembalap lain sudah cukup jauh di atas. Sebut saja dari Dovi yang sudah mengantongi 31 poin (urutan keempat klasemen sementara). Bagi rider Ducati, dua seri di Red Bull Ring pasti bakal dimanfaaatkannya untuk menambah perolehan angka.

Namun, Dovi juga tak bisa melupakan aksi Fabio Quartararo di musim 2019 lalu. Sebagai pendatang baru - tahun pertamanya berkompetisi di MotoGP, pembalap Petronas Yamaha SRT berhasil meraih podium ketiga. Determinasi untuk menapaki podium lagi di dua balapan nanti jelas dimilikinya. Terlebih dengan status pembalap Prancis sebagai pemimpin klasemen (59 poin).

Asa Marquez untuk ikut dalam pertarungan juara dunia menjadi lebih berat karena rider di bawah Quartararo juga sudah mengumpulkan poin lumayan banyak. Sebut saja Maverick Vinales (Mosnter Energy Yamaha) dengan torehan 42 poin. Kemudian Franco Morbidelli (31 poin) maupun Brad Binder (28 poin) yang baru saja mencetak sejarah buat KTM. Di balapan nanti pun , pastilah dia bakal bersikeras memberikan penampilan terbaiknya lagi. Bukan sekadar menjaga ritme atas kemenangannya di Ceko, melainkan juga karena dua seri itu berlangsung di negara asal tim KTM Factory Racing.

Entah atas alasan inikah, Bradl lantas menghapus postingan di Twitter terkait keikutsertaannya di dua balapan tersebut. Situasi inilah yang lantas memunculkan prediksi soal kehadiran Marquez di putaran Spielberg. Sampai saat ini, belum ada pengumuman lanjutan dari pihak tim. Walaupun sepertinya baru akan diberitahukan pascaputaran keempat nanti. Sembari pula melihat perkembangan dari sang pembalap itu sendiri, tentunya. (Ano/Tom)

Sumber: Honda Racing Corporation

Baca juga: MotoGP: Insiden Pol Espargaro dan Johann Zarco, Salah Siapa?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store