MotoGP: Marquez Absen di Brno, HRC Pilih Bradl Sebagai Pengganti

MotoGP: Marquez Absen di Brno, HRC Pilih Bradl Sebagai Pengganti

Marc Marquez dipastikan absen pada helatan MotoGP Brno. Keputusan diambil pihak tim, lantaran sang pembalap baru saja menjalani operasi kedua pada tangan kanannya. Tentu terlalu berisiko jika memaksakannya untuk tampil - seperti di Grand Prix Andalusia. Hingga akhirnya pihak Repsol Honda mendaulat Stefan Bradl sebagai pengganti di seri ketiga nanti.


Perihal absennya Marquez ini memang sudah diprediksi setelah dia menjalani operasi kedua, pada 3 Agustus lalu. Kala itu Marquez terpaksa harus menggunakan plat titanium baru untuk menyangga tulang humerusnya yang patah. Itu juga berarti, ia mengulang langkah sama saat penanganan pertama kali jatuh di seri awal. Bedanya saat itu, Marquez bersikeras untuk tampil di putaran kedua. Sayang upaya The Baby Alien sirna karena terjadi peradangan pada lengan. Dan, memaksanya untuk mundur sebelum balapan dimulai.


Baca juga: MotoGP: Jadwal Resmi MotoGP 2020 hanya 14 Seri, Balapan Pamungkas bukan di Valencia


Pengalaman inilah yang sepertinya menjadi pelajaran penting. Baik untuk Marquez maupun tim. Penanganan terhadapnya dua hari lalu sebenarnya berjalan lancar. Pun demikian dengan kondisi fisik Marquez - tetap fit, persis pascaoperasi pertama. Meski begitu, menerjunkannya di Sirkuit Brno jelas bukan lagi opsi. Itulah kenapa pihak Honda Racing Corporation (HRC) selaku induk tim sepakat untuk tidak memasukan nama Marquez di putaran ketiga itu.


Pemulihan Marquez


"Marquez dan HRC sepakat, sang juara dunia tidak akan membalap di Republik Ceko agar bisa memberikannya lebih banyak waktu untuk pemulihan," tulis situs resmi HRC. Sebagai gantinya, dipilihlah Bradl. Dengan harapan pembalap Jerman bisa memberi kontribusinya untuk Honda dan Repsol Honda. Dari segi penampilan memang tak seimpresif Marquez. Di Brno, Bradl hanya bisa finis di urutan 10 besar. Itupun cuma tiga kali dari tujuh kali penampilannya di MotoGP. Walau begitu, penempatan Bradl ini pastilah sebagai cara untuk mendulang poin di klasemen team dan constructors.


Baca juga: MotoGP: Portugal Digadang Jadi Laga Pamungkas


"Pertama-tama saya ucapkan lekas sembuh untuk Marc. Apa yang dilakukannya di Jerez itu luar biasa dan dia menunjukkan semangat seorang juara sebenarnya. Saya menatap ke depan untuk mengendarai lagi Honda RC213V, walau selama pandemi ini tidak ada tes yang kami lakukan. Pasti butuh waktu untuk adaptasi lagi. Namun, ini adalah tantangan. Kebanggaan buat saya dapat membantu Honda. Kita lihat saja bagaimana akhir pekan ini berjalan," ungkap Bradl.


Agak disayangkan buat Marquez karena kembali gagal berpartisipasi di putaran lanjutan ini. Padahal, lintasan ini boleh dikatakan menjadi salah satu trek favoritnya. Tiga kemenangan berhasil diraihnya di sana. Dia bahkan menjadi pencatat pole position terbanyak di Brno yaitu sebanyak empat kali. Unggul dari Valentino Rossi dengan torehan tiga kali. Jika saja tak ada kendala ini, ada potensi Marquez bisa menambah kembali pencapaiannya di sana.


Nahasnya, ini (MotoGP Brno) menjadi laga ketiga yang dilewatkan Marquez. Toh sejak dua seri pembuka lalu pun ia urung mendapatkan poin. Kondisi ini pun kian memberatkan langkahnya untuk berkompetisi di MotoGP 2020. Memang masih terlalu dini menilainya bakal kehilangan peluang untuk menjadi juara dunia lagi. Namun perlu dilihat juga, saat ini ada Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang sudah mengoleksi 50 poin dari dua seri lalu. Semoga saja Marquez langsung bisa kompetitif saat kembali mengaspal nanti. (Ano/Tom)


Sumber: Honda Racing Corporation


Baca juga: Tunggangan MotoGP, KTM RC16 Dilego Rp 4,9 Miliar!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store