Tunggangan MotoGP, KTM RC16 Dilego Rp 4,9 Miliar!

Tunggangan MotoGP, KTM RC16 Dilego Rp 4,9 Miliar!

Tidak semua orang punya kesempatan mengendarai motor MotoGP. Bagaimana tidak, sang kuda besi dibuat berdasarkan kebutuhan kompetisi semata dan tidak diproduksi massal atau cuma prototipe. Bahkan mengenai siapa yang melajukannya pun, mungkin hanya teruntuk pembalap pilihan saja. Jangankan berharap untuk memiliki, keinginan untuk menungganginya saja rasanya hampir tidak mungkin.

Namun, bukan berarti jadi mustahil. Buktinya saja, KTM bisa menjual motor hasil racikan pabrik Mattighofen itu kepada khalayak. Kebetulan saja unit yang dijual merupakan motor tunggangan Pol Espargaro. Tak ada penjelasan apakah cara itu dipilih untuk 'menghilangkan' jejak si pembalap yang hijrah ke Honda tahun depan. Seperti diungkap dari Visordown, KTM RC16 milik KTM Factory ini merupakan senjata Pol saat berkompetisi di MotoGP 2019.

Harga KTM RC16

Saat itu, Pol tampil cukup memikat lantaran mampu bersaing di papan tengah. Sebanyak delapan kali finis di 10 besar. Memang tak ada satu pun podium ditorehkannya. Tapi dia berhasil menempati posisi 11 klasemen 2019 dengan capaian 100 poin. Sementara perihal spesifikasi, tak ada satu pun yang disunat. KTM RC16 ini tetap menggendong mesin V4 berkubikasi 1.000 cc dengan jangkauan daya maksimal 350 Hp di putaran 19.000 rpm. Layaknya motor balap, ia juga sudah disemati peranti elektronik seperti engine brake system, traction ciintrol, wheelie control, quick shift + dan eletronic throttle system. Dan tak lupa pula kelengkapan saluran buang titanium ala Akrapovic serta nomor kebanggaan Pol, 44.

Baca Juga: Pol Espargaro Resmi ke Tim Honda, Crutchlow jadi Tumbal

Agar bisa memilikinya, calon pembeli KTM RC16 harus menebus dengan harga 288,000 Euro atau sekitar Rp 4,9 miliaran (di luar pajak). Seharga mobil mewah, fantastis. Namun, tentu tak bisa disandingkan ketika Anda penggemar berat tim oranye. Ditambah lagi, dengan uang itu Anda juga kedapatan item yang tak kalah eksklusif. Perlengkapan balap, seperti racing suit dan helm plus tanda tangan Pol sudah termasuk dalam paket.

Motor motogp dijual

Pembeli KTM RC16 Pol juga berkesempatan menjadi tamu VIP di MotoGP 2021. Selain mendapat tempat menonton khusus, konsumen juga berhak mengunjungi paddock hingga bertemu sapa dengan pembalap MotoGP KTM. Bonusnya, Anda diberikan satu setel seragam milik tim Red Bull KTM Factory. Termasuk juga mendapatkan layanan hospitality tim selama gelaran berlangsung.

Baca Juga: Marquez Jalani Operasi Kedua, Absen Lagi di Seri Brno?

Hanya saja pembalap yang ditemui nanti bukan lagi Pol, melainkan Brad Binder dan Miguel Oliveira. Kita tahu, duet rider muda inilah yang diusung KTM pada hajatan tahun depan. Walau masih minim jam terbang, pabrikan Austria yakin akan potensi keduanya.

Motor pol espargaro

Satu contoh sudah diperlihatkan Oliveira kala lakoni seri pertama di Sirkuit Jerez (Spanyol). Pada putaran Perdana, rider Portugal yang saat ini menghuni tim satelit (Red Bull KTM Tech 3) mampu memulai balapan dari grid kelima dan finis kedelapan. Sayang, seri berikutnya dia gagal menuntaskan balapan karena terjatuh. Determinasi yang tak kalah impresif juga ditampilkan Binder. Beberapa kali bersaing dalam pencapaian lap time di sesi latihan bebas. Hanya saja keberuntungan belum berpihak kepada pembalap asal Afrika Selatan. Paling tidak, MotoGP 2020 ini bisa lebih mematangkan kemampuan serta mental mereka untuk bisa bersaing lagi di kelas para raja.

KTM sendiri memulai kiprahnya di MotoGP pada 2017 silam dan kini memasuki musim keempat di kategori utama. Beberapa pergerakan mulai terlihat tatkala mereka menggandeng Dani Pedrosa sebagai pembalap uji (test rider). Kinerja memang belum terlihat instan. Tapi dari pencapaiannya di kategori Constructors (peringkat empat tim pabrikan), pastilah tak lepas dari andil seorang Pedrosa. (Ano/Odi)

Sumber: Visordown, KTM Factory Racing

Baca Juga: Portugal Digadang Jadi Laga Pamungkas

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store