• Wishlist

KTM Pindahkan Produksi Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina

KTM Pindahkan Produksi Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina

KTM merelokasi penggarapan Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina. Proses produksi yang sebelumnya berlangsung di Austria, bakal dipindah ke Negeri Tirai Bambu. Jadi sah saja Anda berharap, banderol mereka bakal bersahabat.


KTM Duke 790


Sayangnya, tak semua model KTM bakal diracik di Cina, melainkan cuma dua model di atas. Bedanya mereka justru mendirikan pabrik sendiri. Bertempat di Hangzhou (Cina), fasilitas itu disebut berkapasitas 100 ribu unit. Mereka membuka pabrik barunya itu, Juni 2020. Meskipun pemindahan produksi Duke 790 dan 790 Adventure, terlaksana September 2020.


Dari situ, motor KTM tadi diekspor utuh (CBU) ke berbagai negara di Eropa. Termasuk di dalamnya Amerika Serikat, Australia serta beberapa negara di Asia. Belum diketahui seperti apa kebijakan menyoal spare part. Apakah sepenuhnya buatan Cina atau masih didatangkan dari Mattighofen. Informasi lainnya, India juga menjadi salah satu negara tujuan. Namun, ia didatangkan sebagai unit SKD (semi knocked down).


Ada kemungkinan kita mendapatkan jatah. Toh sekarang ini, kedua motor dual purpose itu juga sudah ada di Indonesia. Hanya saja masih didatangkan secara CBU dari Austria. Harga yang ditawarkan untuk Duke 790 Rp 320 juta. Sementara Adventure 790 mencapai Rp 350 juta. Dengan kebijakan itu, tentu ada kemungkinan banderol keduanya tak semahal sekarang. Patut dinanti, berapa harganya setelah keluar dari pabrik ini.


Selain itu, ada pula rumor menyebut, Duke 890 dan 890 Adventure bakal lahir dari sana. Bahkan CFMoto pun disebut-sebut memanfaatkan tempat itu untuk memproduksi motor mereka. Jika dilihat segmen yang diambil, tak menutup kemungkinan motor-motor tadi jua masuk ke Tanah Air.


KTM Duke


Putusan KTM ini tentu bukan satu-satunya. Sebelumnya, tak sedikit pula pabrikan roda dua menetapkan Tiongkok sebagai basis produksi. Sekarang saja di sana sudah ada beberapa brand. Mulai dari Benelli (Italia), MV Agusta (Italia) hingga Harley-Davidson (Amerika Serikat). Memang aktivitas itu dilakoni dengan cara menggandeng pabrikan lokal. Sebutlah Benelli dan Harley-Davidson bersama Qianjiang Group. Khusus HD memercayakan relasinya itu untuk menggarap motor 350 cc mereka.


Lalu, MV Agusta yang bekerja sama dengan Loncin Motorcycle. Kubikasi mesin serupa pun dibidiknya. Malah cukup menarik, lantaran motor itu bakal disemati jantung mekanis dua silinder. Belum bisa ditebak wujud apa yang mereka sajikan, apakah berbasis MV Agusta Brutale atau Dragster. Kita tahu, kedua motor ini merupakan ikon puritan asal negeri Pizza itu. Tapi, satu kepastian adalah kategori yang dituju segmented, mid-size. (Ano/Van)


Sumber: Bikewale


Baca Juga: Punya Empat Roda, Bisakah Qooder Masuk Tol?