Kenal Dekat Yamaha FZ1, Motor Jokowi yang Sekaligus Kakak Byson

Kenal Dekat Yamaha FZ1, Motor Jokowi yang Sekaligus Kakak Byson
Gambar
Review Pengguna

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo naik Yamaha Byson ke Asian Games 2018? Banyak yang beranggapan begitu lantaran desainnya mirip. Hanya saja, itu bukan Byson, melainkan Yamaha FZ1.

Keduanya memang berasal dari DNA sama, FZ series. Nama lain Byson adalah FZ16. Kemiripan tampak dari desain lampu depan, tubuh berotot dan bokong yang naik ke atas. Meski begitu, dari sisi mesin, kapasitasnya berbeda jauh. Byson cuma 150 cc satu silinder, sementara FZ1 pakai 998 cc dengan konfigurasi empat silinder.

Ingin kenal lebih dekat Yamaha FZ1? Simak bahasan berikut:

1. Motor Lawas

Kuda besi yang ditunggangi Jokowi, tidak pernah dijual massal di Indonesia. Secara global, penjualannya juga telah berhenti. Diproduksi pertama kali pada 2005 untuk pasar Eropa dan Amerika Utara, kemudian sempat dapat revisi pada 2008.

Desain FZ1 mengambil teman real emotional roadster. Telanjang dan kekar menjadi pokok utamanya. Rangka motor ini terbuat dari aluminum. Jok dibuat terpisah antara pengendara dan penumpang. Kemudian pada 2015, Yamaha menggantikannya dengan MT-10. Hal ini berlaku seiring penggunaan nama baru MT (Master of Torque) untuk motor-motor naked sport keluaran pabrikan garputala.

2. Mesin Jelmaan YZF-R1

 

Yamaha YZF-R1 2005

Sektor mesin FZ1, basisnya sama seperti YZF-R1 model 2005. Mengandalkan konfigurasi empat silinder segaris DOHC berpendingin cairan. Jantung mekanis berkapasitas 998 cc, bisa memuntahkan torsi hingga 106 Nm pada 8.000 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 11.000 rpm. Sistem penyemprotan bahan bakar sudah injeksi.

Ada beberapa perbedaan bila dibanding mesin Yamaha YZF-R1. Hal ini dimaksudkan agar lebih nyaman diajak berkendara di berbagai medan jalan. "Modifikasi dilakukan agar tenaganya lebih jinak untuk berbagai keperluan. Kompresi rasio diganti dari 12,3:1 ke 11,5:1, profil cam dan crank inertial mass juga ditingkatkan 40 persen untuk mencapai keharmonisan antara tenaga mantap dan handling mulus," seperti dikutip dari rilis resmi Yamaha USA pada 29 September 2005.

3. Spesifikasi lain

Jokowi di Asian Games

Yamaha FZ1 pakai suspensi depan upside down 43 mm, persis YZF-R1. Dimaksudkan agar tetap stabil saat diajak bermanuver di kecepatan tinggi. Bobotnya juga lebih berat ke depan 51 persen dibanding pendahulunya FZS1000 Fazer. Posisi mesin pun dibuat maju 35 derajat. Tujuan pembagian distribusi ini, agar pengendara lebih lebih mudah memeluk motor dengan tubuh bagian bawah dan asyik ditunggangi.

Cakram depan pakai tipe ganda dengan ukuran 320 mm. Sementara yang belakang cakram tunggal. Ukuran ban 120/70-17 inci di depan dan belakang 190/50-17 inci. Total kapasitas tangki bensin FZ1 18 liter. Bobot totalnya mencapai 194 Kg. (Lodra/RS)

Baca juga: Website Yamaha Kirim Sinyal Kelahiran R25 Terbaru!

Jelajahi Yamaha Byson FI

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store