Ingin Libas Honda CBR150R, Ini Modal Yamaha R15 2017

Ingin Libas Honda CBR150R, Ini Modal Yamaha R15 2017
Gambar
Review Pengguna

Bogor: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kemarin (24/1) memperkenalkan All New R15. Generasi terbaru motor sport fairing kompak ini, diperkenalkan di awal tahun dengan mengusung banyak perubahan. Meski belum mulai dijual ke publik, namun YIMM yakin berbagai senjata yang diusungnya akan membuatnya lebih kompetitif untuk melibas kompetitor terkuat, Honda CBR150R.

Senjata utama melawan hegemoni Honda, tentu saja mesin tercanggih dan paling bertenaga di kelasnya. Yamaha Indonesia menanggalkan mesin 150 cc dan memberikan unit 1-silinder 155 cc dengan berbagai teknologi.

Kemampuan Yamaha R15

Pertama, konfigurasi mesin SOHC atau Single Over Head Camshaft. Mesin ini disebut Yamaha Indonesia dapat memberikan tenaga optimal di putaran bawah. Mesin ini pun, tetap efisien karena minimnya perangkat bergerak dibanding konfigurasi DOHC (Dual Over Head Camshaft).

Kelemahan SOHC yang lemah di putaran atas pun ditanggulangi para insinyur YIMM dengan memberikan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda ini, memungkinkan mesin bisa mendapat pasokan optimal pada putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.

Mesin inipun akhirnya bisa memiliki tenaga 19,3 daya kuda (dk), lebih tinggi 2,1 dk dibanding Honda CBR150R yang tenaganya hanya 17,1 dk. Motor racikan Honda kapasitasnya lebih rendah, yakni hanya 149,1 cc. Bandingkan dengan mesin milik R15 yang mencapai 155 cc.

R15 tak cuma lebih baik di sisi tenaga yang mampu melajukan motor ini ke kecepatan tinggi, namun torsi yang bisa menciptakan akselerasi pun dibuat paling unggul di kelasnya. Dengan torsi 14,7 Nm, ia jauh lebih tinggi dibanding CBR150R (13,7) maupun Suzuki GSX-R150 (14 Nm).

R15 2017 dengan fairing baru

Kedua, sistem transmisi dengan perpindahan gigi yang lebih halus serta responsif merupakan senjata R15. Dengan fitur bernama Assist and slipper clutch, memungkinkan motor mendapatkan percepatan yang lebih responsif. Pengoperasian kopling pun dibuat lebih ringan agar pengendara lebih nyaman dan cepat melakukan perpindahan gigi.

Salah satu senjata yang juga belum digunakan oleh kompetitornya adalah shock depan bersistem up-side down. Aplikasi suspensi dengan konstruksi terbalik seperti ini, disebut pihak YIMM bisa memberikan pengendalian yang lebih stabil.

R15 di sentul

R15 memang ditahbiskan berkarakter super sport yang mengaliri DNA R-Series. Tengok saja kaki-kaki yang diadopsi oleh R6, R1 atau tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha MotoGP yang menggunakan YZR-M1. Semuanya menggunakan sistem suspensi seperti ini, untuk mendapatkan kestabilan saat melibas tikungan.

Senjata terakhir untuk melibas Honda CBR150R adalah peningkatan fitur modern pada dashboard R15. Panel indikator yang sebelumnya masih menggunakan kombinasi antara analog dan digital, kini berganti layar full digital yang sangat informatif. Dengan penunjuk putaran mesin berupa bar dan penunjuk kecepatan berbentuk angka. Konsumsi bahan bakar yang lengkap, bahkan nama pemilik pun bisa dituliskan di panel digital.

Panel instrumen ini juga dilengkapi shift gear indicator. Lampu berwarna putih besar nan terang, menunjukkan waktu perpindahan gigi. Pengendara pun bisa menyesuaikan timing lampu ini sesuai gaya berkendaranya.

Bahkan, menjawab kebutuhan konsumennya yang gemar turing, YIMM melengkapi R15 2017 dengan hazard lamp. Lampu ini mengaktifkan dua lampu sein secara frekuentif untuk memberikan peringatan pada pengguna jalan lain. Yamaha Indonesia merasa harus memberikan fitur ini lantaran banyaknya pengguna R15 di seluruh Indonesia yang sudah mencapai 137 komunitas.

Fitur yang disebut di atas merupakan fitur baru yang ada pada R15 dan belum ada di kompetitornya. Sayangnya, peluncuran di depan awak media yang digelar di sentul itu tak diiringi penjualan ke masyarakat. Tak ada harga resmi yang diberikan pada saat peluncuran di depan awak media. Namun, jika ingin tetap kompetitif, harusnya Yamaha Indonesia mempertahankan harga psikologis pada R15 yang saat ini dijual dengan harga Rp 31,3 juta.

Baca Juga: Vinales puas dengan Yamaha R15

Jelajahi Yamaha R15

Yamaha R15 Rp 36,08 Juta Cicilan : Rp 823.217

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store