jakarta-selatan
kali dibagikan

Honda X-ADV Bakal Punya Varian 250 cc?

  • 10 Jul, 2019
  • 7191 Kali Dilihat

Demi menyasar konsumen kelas menengah, pabrikan berlambang sayap kabarnya tengah membuat Honda X-ADV versi murah. Rumor yang beredar, skutik adventure itu punya varian yang lebih kecil, berkapasitas 250 cc atau 300 cc. Mengutip dari Greatbiker, Senin (8/7), basisnya Honda Forza dan diproduksi di Thailand serta diekspor ke berbagai negara.


Honda X-ADV side profile


 


Sebelumnya, banyak yang mengira, bakal ditanam mesin PCX ke tubuh Honda X-ADV. Tetapi, rupanya keliru. Honda justru memilih mesin dengan tenaga lebih besar. Jika jadi direalisasikan dan dikirim ke Indonesia secara utuh, besar kemungkinan mengandalkan tenaga Forza 250 cc.


Tampilan Honda X-ADV versi kecil diduga tak jauh beda dengan ‘sang kakak’. Memiliki windshiled, stang lebar, dual-LED headlight, hand-guard, skid-plate dan ground clearance tinggi. Karena menganut skutik tualang, bagian kaki-kakinya dibuat tinggi, mengandalkan suspensi upside down depan teleskopik dan monoshock swing-arm layaknya motor trail. Kedua rodanya memiliki ukuran berbeda depan maupun belakang. Dan tetap mengandalkan jari-jari (spoke-wheel), ban dual-purpose serta dikawal rem cakram.


Jika memiliki basis yang sama dengan Forza, berarti mengusung mesin 249,01 cc 1-silinder SOHC liquid-cooled. Jantung mekanisnya dilengkapi teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Di atas kertas sanggup mengail torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 23,5 PS pada 7.500 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT.


Fitur unggulan tetap dipertahankan. Adanya Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban selip. Ditambah Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm antimaling dan Answer Back System.


Kabar X-ADV bermesin kecil, sebenarnya sudah tersiar sejak Honda meluncurkan motor yang sama dengan kapasitas 750cc. Bahkan, PT Astra Honda Motor (AHM) sempat buka suara terkait hal itu. “Bisa saja kami membuat yang ber-cc kecil. Nantinya dari yang sudah ada ini (yang ber-cc besar), kami lakukan studi lagi, soal bagaimana minat dan permintaan konsumen,” ungkap Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Seumpama X-ADV versi kecil benar diwujudkan, besar peluang muncul di Tokyo Motor Show 2019 Oktober. Untuk informasi, Honda X-ADV pertama kali dirilis di EICMA 2016, Milan, Italia. Baru masuk ke Indonesia tahun ini, tepatnya pada gelaran IIMS 2019. Distributor sepeda motor Honda di Tanah Air membanderol skutik adventure ini sebesar Rp 450 jutaan. (Bgx/Van)


Baca Juga: BMW Motorrad Hadirkan R nineT /5

Galeri

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda X-ADV

Lihat video terbaru Honda X-ADV untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi