jakarta-selatan

5 Fakta Seputar Honda X-ADV

  • 28 Jan, 2019
  • 2316 Kali Dilihat

Honda punya skuter matik macho bernama X-ADV. Skutik tualang ini dibuat di fasilitas R&D Honda Roma, Italia. Dikatakan, kelahiran motor untuk menguraikan rasa berkendara yang berbeda. X-ADV disuguhkan buat mereka yang ingin melepaskan diri, bertualang dan menikmati pengalaman baru. Itulah esensi kebebasan roda dua dalam bentuk baru yang diklaim menarik. Untuk lebih perinci, simak lima faktanya.



Desain


Fascia X-ADV sekilas mirip Honda Africa Twin. Garis pahatan ekstrem, hampir tak ada celah nuansa feminin. Dengan tubuh yang eksotis, ia punya karakter sendiri dari keluarga Honda. Apalagi dengan kuda-kuda yang tinggi. Honda X-ADV menempatkan diri sebagi motor yang praktis. Frame dirancang untuk memungkinkan kapasitas penyimpanan 21 liter di bawah jok bertingkat.


X-ADV makin gagah dengan stang aluminium meruncing, hand guard milik Africa Twin, tampilan instrumen bergaya rally dan dudukan tengah. Motor juga dilengkapi layar 5-way yang dapat disesuaikan. Untuk penerangan, dibubuhkan dual headlamp dan lampu belakang yang lebar.


Bagian depan menggunakan suspensi upside-down, yang bisa diatur tingkat redamannya. Sementara suspensi belakang memakai model proling shock preload, yang juga bisa disesuaikan. Untuk melahap segala medan, X-ADV dibekali pelek depan 17 inci dan belakang 15 inci dengan ban bergerigi (120/70 R17 dan 160/60 R15).



Fitur


Skutik premium ini mengantongi banyak fitur. Ia mengadopsi tampilan instrumen CRF450 Rally, yang berbentuk persegi. Bentuknya besar dan mampu menunjukkan semua informasi yang dibutuhkan pengendara. Layar X-ADV diklaim tahan angin dan segala cuaca. Dan indikator peringatan yang berhubungan dengan mesin terletak di bagian bawah. Tampilannya terpisah. Tepat di atas stang lancip bergaya off-road, memberi info status penguncian dan kondisi parkir. Lalu ada pelindung tangan berbahan plastik. Desainnya sama seperti yang digunakan pada CRF1000L Africa Twin.


Di bawah jok, tersedia ruang bagasi 21 liter untuk menaruh helm fullface dan diterangi lampu LED integral. Jangan khawatir untuk bepergian jauh. X-ADV punya soket berdaya 12V di bawah kursi. Motor juga disisipkan sensor kemiringan sebagai standar. Jadi Anda bisa memarkirkan motor di lereng, tanpa takut terguling.


Yang tak kalah penting, X-ADV menggunakan Smart Key berteknologi immobilizer. Anda tidak perlu menggunakan anak kunci untuk membuka kontak, membuka tutup bahan bakar dan membuka jok. Smart Key memiliki dua sakelar: fungsi pintar on / off dan 'answer back', yang berkedip-kedip untuk identifikasi dari kejauhan. Oh ya, sebagai fitur keamanan, rem cakram yang dibekali teknologi ABS.


Honda X-ADV recall


Mesin


Jantung pacu yang digunakan berkubikasi 745 cc, SOHC 8-valve paralel-silinder. Posisi macam itu dirancang untuk memberikan dorongan rendah, menengah dan atas yang optimal. Mesin dikombinasikan dengan transmisi DCT, bukan CVT. Dikalim sanggup memberikan akselerasi instan. Tenaga puncaknya 54,8 PS pada 6.250 rpm dan torsi maksimum 68 Nm pada 4.750 rpm. Untuk model anyar, putaran mesin dinaikkan menjadi 7.500 rpm.


Transmisi DCT


Dual Clutch Transmision jadi kelengkapan standar Honda X-ADV. Sistem ini menggunakan dua kopling. Satu kopling untuk roda gigi 1, 3 dan 5. Satunya lagi untuk gigi 2, 4 dan 6. Setiap kopling dikendalikan secara independen oleh sirkuit elektro-hidroliknya masing-masing.


Ada dua mode: otomatis dan mode MT untuk perpindahan gigi manual. Nah, saat Anda berada di mode D otomatis, maka motor memilih rasio yang lebih sesuai dengan medan yang dilalui. Sedangkan mode S untuk pengendaraan yang lebih sporty. Level ini diprogram agar mesin memberi respons yang semakin agresif tanpa kekangan putaran mesin. Terakhir G switch yang meningkatkan traksi dan kontrol, serta mengurangi tingkat selip kopling selama penggantian gigi.


Honda X-ADV styling


Harga


Di Eropa, Honda X-ADV dibanderol mulai dari £9,959. Nilainya setara dengan Rp 184,5 juta. Sedangkan di Jepang, motor ini punya harga 1,2 juta Yen, atau Rp 162 jutaan. Untuk tahun ini tak ada ubahan teknis, selain tambahan warna baru. Di sana unit mulai didistribusikan ke konsumen pada Februari 2019.


“Konsep pengembangan kami pada X-ADV sederhana: Go Have Fun! Dan kami membuat sepeda motor yang penuh dengan semangat petualang. Kami juga tahu, orang butuh X-ADV untuk diajak berkeliling kota. Makanya, ia punya banyak fitur dan utilitas yang ramah pengguna. X-ADV dapat digunakan untuk melarikan diri dari semua rutinitas sehari-hari. Tentu dalam gaya baru yang unik dan membangkitkan semangat," papar Kenichi Misaki, Large Project Leader 17YM X-ADV. (Alx/Odi)


Baca Juga: Adu Skutik 250 cc, Honda Forza vs Kymco Downtown

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda X-ADV

Lihat video terbaru Honda X-ADV untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang