jakarta-selatan
kali dibagikan

Honda Vario 110 eSP vs Suzuki Address, Mana yang Layak Dibeli?

  • 21 Nov, 2019
  • 2316 Kali Dilihat

Meski skutik premium terus tumbuh, beberapa pabrikan masih bertahan dengan versi bermesin 110 cc. Di antaranya Honda dan Suzuki. Honda dengan Vario 110 eSP, Suzuki ada Address. Dari segi harga, Vario lebih mahal. Tapi Address lebih praktis dan lincah. Mana yang lebih layak dibeli?


Fitur


Honda Vario 110


Walau tampilannya sederhana, Honda Vario 110 punya segudang fitur. Mesinnya menggunakan teknologi eSP, menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan. Terhubung dengan ACG Starter, suara mesin saat dihidupkan lebih halus. Paling canggih ada ISS (Idling Stop System), berfungsi menyala-matikan mesin secara otomatis kala berhenti lebih dari 3 detik. Diklaim mampu mengurangi emisi gas buang, juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk menghidupkan kembali, pengendara cukup menarik tuas gas.


Hentikan laju motor, Vario pakai teknologi Combi Brake System (CBS), daya pengereman jadi lebih optimal. Standar samping otomatis (Side Stand Switch), membuat mesin tidak dapat dinyalakan jika peranti ini masih berdiri. Ada pula Brake Lock, membantu pengendara mengunci posisi motor. Disematkan juga kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter), untuk mencegah pencurian. Samping rumah kuncinya ada tombol pembuka jok, lebih praktis dan menghilangkan potensi kunci tertinggal di bagasi.


Pencahayaan mengandalkan Dual Keen Eyes dengan lampu berteknologi LED. Memberikan efek terang dan hemat energi. Dilengkapi juga Answer Back System. Anak kunci yang terintegrasi dengan remote, memberi kemudahan pengguna saat pencarian kendaraan di lokasi parkir. Kapasitas bagasinya 13 liter, mampu menyimpan barang kebutuhan pengendara. Ditambah pengait dengan desain fungsional yang dapat dilipat. Memudahkan bawa barang belanjaan.


Suzuki Address punya fitur tergolong minim. Tidak punya fitur canggih semacam CBS, ISS maupun side stand switch. Ia hanya menang di kapasitas bagasi yang besar, mencapai 20,6 liter. Lebih praktis untuk membawa keperluan pengendara. Volume yang besar itu, bisa dimasukkan sebuah helm full face dengan sisa sedikit ruang. Bahkan, dinobatkan sebagai skutik entry level dengan bagasi terluas.


Urusan akomodasi patut diperhitungkan. Punya dek rata lantai dan luas, memudahkan saat membawa barang agak besar. Kaki juga lebih leluasa bergerak. Di bagian atasnya, ada cantolan yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh kantong belanjaan. Lalu di depan, ada dua laci penyimpanan terbuka. Cukup untuk menaruh botol minum, gawai (tidak disarankan), atau hal lainnya. Posisi aki berada di panel depan. Agar posisi aki aman ketika menerjang banjir. Inovasi dari Suzuki ini menghilangkan kemungkinan dari korsleting listrik ketika melibas air. Semua lampunya masih bohlam biasa, tidak ada teknologi LED. Wajar jika Address tidak punya banyak fitur canggih, harganya saja lebih murah Rp 2 jutaan dari Vario varian teringgi, yang sudah tersemat CBS dan ISS.


Desain


Kendati subjektif kala bicara desain, keduanya punya selera yang beda. Address lampu utamanya masih berada di kepala, sedang Vario ada di tameng depan, mengikuti tren masa kini. Namun guratan skutik Honda di bagian tengah masih sama dengan model lawas.



Di sini, skutik Suzuki bisa berbangga hati. Ia punya dimensi yang lebih ringkas dibanding lawannya. Ukurannya 1.845 x 655 x 1.095 mm (PxLxT). Tinggi joknya 755 mm, ground clereance 120 mm dan berat kosongnya 95 kg. Jadi lebih lincah ketika melibas kemacetan Ibukota. Sedang bodi Vario sedikit bengkak, total panjang 1.888 mm, lebar 679 mm, tinggi 1.091 mm. Namun, jarak tempat duduk ke aspal justru lebih rendah, 734 mm. Diikuti ground clearance 140 mm. Menyoal bobot, juga lebih berat 1 kg (96 kg).


Address punya dua varian, FI dan Playful. Secara teknis, tak ada perbedaan. Namun dari fisiknya, varian Playful lebih atraktif. Ini berkat pemberian bodykit di beberapa titik seperti di batok lampu, sayap samping dan bodi depan. Tambahan perangkat berbahan plastik, memiliki kontur yang memberi kesan sporty pada motor. Di sini, ia juga lebih unggul, karena dari segi tampilan punya banyak varian warna. Jika digabungkan keduanya, punya 15 opsi pilihan warna.


Lawannya punya 4 varian. Masing-masing dibedakan dengan penyematan fitur CBS dan ISS. Pilihan warna hanya punya 4 (Grande White, Advance Matte Grey, Glam Red dan Estilo Black).


Mesin


Honda Vario 110


Skutik entry level Honda mengandalkan mesin 108,2 cc SOHC satu-silinder berpendingin udara. Jantung mekanis itu sanggup memuntahkan torsi puncak 9,1 Nm / 6.000 rpm, tenaga maksimal 8,7 hp / 7.500 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT sebagai penyalur tenaga ke roda belakang.


Kompetitornya dibekali mesin yang sedikit lebih besar. Berkonfigurasi 1-silinder SOHC 113 cc, dengan ukuran silinder 51,0 mm x 55,2 mm. Rasio kompresinya tak begitu besar, di angka 9,4:1. Dengan karakter mesin overstroke, Address nyaman dibawa stop and go di perkotaan. Belum lagi tenaga itu disalurkan ke roda belakang melalui CVT yang halus.


Konsumsi Bahan Bakar


Suzuki Address


Skutik Suzuki sanggup menempuh jarak lebih kurang 50 km dengan 1 liter bahan bakar. Kapasitas tangkinya menampung 5,2 liter. Jika melihat kapasitas ini, tak heran kalau jarak tempuhnya mencapai 260 km sekali pengisian full. 


Vario lebih irit, mencapai 59 km/liter. Hasil itu didapat berdasarkan standar pengujian EURO 3, dengan metode pengujian ECE R40 yang dilakukan AHM. Dianggap sebagai skutik paling irit di kelasnya, dengan mengaplikasikan fitur ISS. Tapi, kapasitas tangkinya hanya 3,7 liter. Jadi si Address lebih praktis, karena tidak sering buka jok untuk isi bensin. Sebagai catatan, kedua data itu berdasar klaim masing-masing pabrikan, tidak bisa digeneralisasikan.


Harga


Harga Honda Vario 110 lebih mahal ketimbang rivalnya. Mulai dari Rp 17,3 juta dengan fitur CBS, hingga termahal yang versi CBS-ISS Advance Rp 18,2 juta (OTR Jakarta). Sedang Address varian FI standar dibanderol Rp 16 juta, dan versi Black Predator Rp 16,4 juta (OTR Jakarta). Untuk varian Playful seharga Rp 16,5 juta (OTR Jakarta). Bagi Anda yang menginginkan skutik dengan fitur lengkap, bisa memboyong Vario. Namun, jika senang motor berteknologi basic dengan mesin irit dan harga murah, Address bisa dijadikan pilihan. (Bgx/Van)


Baca Juga: Sebelum Beli Honda CBR150R, Ketahui Hal Ini

  • Tampak belakang serong Honda Vario 110
  • Mesin Honda Vario 110
  • Lampu depan Honda Vario 110
  • Lampu sein depan samping Honda Vario 110
  • Knalpot Honda Vario 110
  • Suspensi belakang Honda Vario 110
  • Jok Honda Vario 110
  • Ban depan Honda Vario 110
Honda Vario 110
Rp 17,34 - Rp 18,24 Juta
Lihat Promo

Harga dan Promo Varian Vario 110

  • CBS ISS | Rp 18 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 1 Juta
    Angsuran Rp 803.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • CBS Advanced | Rp 17 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 1 Juta
    Angsuran Rp 777.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • CBS | Rp 17 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 1 Juta
    Angsuran Rp 773.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • CBS ISS Advanced | Rp 18 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 1 Juta
    Angsuran Rp 811.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Honda Vario 110

Lihat video terbaru Honda Vario 110 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi