• Wishlist

5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Honda Vario eSP 110

5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Honda Vario eSP 110

Honda Vario bukanlah nama asing. Motor bertransmisi otomatis ini, hadir di Tanah Air sejak lama. Seiring perkembangannya, Vario mendapatkan berbagai macam peningkatan, sekaligus penambahan model dengan pilihan mesin berbeda. Honda Vario eSP 110, adalah model dengan mesin paling kompak. Berikut, 5 hal yang perlu diketahui mengenai skutik ini.


1. Tersedia dalam 4 Varian


Vario eSP 110 ditawarkan dalam 4 varian. Pertama CBS (Combi Brake System). Skutik satu ini dilengkapi perangkat yang mengoptimalkan pengereman. Cara kerjanya sederhana. Pengendara cukup menekan satu pedal rem untuk mengaktifkan perangkat penghenti laju berspesifikasi cakram di roda depan dan teromol di belakang secara bersamaan.


kelebihan honda vario 125 dari Yamaha Lexi


Pilihan selanjutnya, CBS Advanced. Punya fitur yang sama dengan varian di atas, perbedaannya terletak pada warna. Tersedia hanya dalam satu opsi, abu-abu dengan aksen matte atau doff yang tak mengilap.


Terdapat varian CBS-ISS. Selain CBS, tipe ini juga dilengkapi ISS (Idling Stop System). Fitur ini, mengizinkan mesin mati secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik. Ia menyala kembali ketika pengendara memutar tuas akselerasi. Fungsinya, mencegah bahan bakar terbuang sia-sia.


Terakhir CBS-ISS Advanced. Punya fitur yang sama dengan CBS-ISS, pembedanya lebih ke kelir yang menyelimuti. Ya, opsi warnanya tak berbeda dengan CBS Advanced, abu-abu matte.


2. Desain untuk Semua Pengendara


Dimensi Vario eSP 110 tak terlalu besar. Skutik Honda ini panjangnya 1.888 mm dengan lebar 679 mm dan tinggi 1.091 mm. Jarak antar-roda sebesar 1.265 mm dengan ground clearance yang cukup tinggi, 140 mm. Sedangkan tinggi joknya 734 mm dan berbobot 96 kg. Spesifikasi itu dapat mengakomodasi karakter pengendara yang berbeda-beda.


Honda Vario 2018


Wujud Vario eSP 100 juga tak kalah menarik. Desainnya masih memiliki garis detail yang sama dengan model terdahulunya atau bahkan generasi pertamanya. Namun, kini dibuat lebih modern dan terkesan sedikit sporty dengan lampu depan LED ganda. Terlihat dari pemakaian pelek berukuran 14 inci yang dipadu roda tubeless berukuran 80/90 di depan dan 90/90 di belakang. Terdapat empat pilihan warna : Grande White, Glam Red, Estilo Black dan Advanced Matte Grey. Khususnya Advanced Matte Grey hanya tersedia di varian Advanced baik itu CBS maupun CBS-ISS.


3. Fitur Memadai


Guna menunjang fungsi Vario eSP 110, beragam fitur disematkan ke dalamnya. Kunci kontak yang digunakan bermagnet, sehingga lebih aman dari bahaya pencurian. Akses bagasi berukuran 13 liter pun bisa melalui tombol yang terintegarasi. Tepat di bawahnya terdapat functional hook atau kait untuk membawa barang. Urusan kenyamanan, Vario dilengkapi ACG starter yang membuat proses menghidupkan mesin lebih senyap. Sedangkan keamananan ditunjang side stand switch yang berfungsi mencegah mesin menyala saat standar samping masih di posisi turun.


Tersedia juga answer back system yang ditawarkan hanya pada varian CBS-ISS. Berguna memudahkan pemilik mencari motor di lokasi parkir. Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol remote. Secara otomatis lampu motor menyala dan mengeluarkan suara, sehingga keberadaannya bisa diketahui.


4. Mesin Bertenaga dan Irit


Jantung mekanis yang dipakai berkubikasi 108,2 cc bertipe SOHC (Single Over Head Cam) satu silinder dengan pendingin udara. Diameter langkahnya berukuran 50 x 55,1 mm, yang rasio kompresinya diseting 9,5:1. Dengan konfigurasi itu, Vario eSP 110 mampu memproduksi tenaga maksimal sebesar 8,7 ps di putaran mesin 7.500 rpm dan momen puntir puncak 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Seluruh daya pendorong disalurkan ke roda belakang melalui sistem CVT (Continuously Variable Transmission).



 


Berdasarkan pengujian internal Honda, spesifikasi dapur pacunya cukup efisien. Melalui metode ECE R40 dengan standar Euro3 dan memakai fitur ISS, konsumsi bahan bakarnya mencapai 59 km per liter. Sedangkan pengetesan yang sama dengan batasan Euro2 sebesar 62 km per liter. Pengendara pun bisa lebih tenang, karena tangki bahan bakarnya berkapasitas 3,7 liter.


5. Harga Kompetitif


Sebagai skutik yang dapat menjadi tunggangan sehari-hari, Vario eSP 110 dijual dengan harga tak sampai Rp 18 juta. Perinciannya, untuk varian CBS dibanderol Rp 16,925 juta. CBS Advanced yang berbeda warna, naik Rp 100 ribu atau tepatnya Rp 17, 025 juta. Varian kombinasi CBS dengan ISS punya harga Rp 17,725 juta. Paling tinggi CBS-ISS Advanced seharga Rp 17,825 juta. Seluruhnya berstatus OTR DKI Jakarta. (Hfd/Van)


Baca Juga: 

Jelajahi Honda Vario 110

Honda Vario 110 Rp 17,67 - Rp 18,53 Juta Cicilan : Rp 403.121

Bandingkan & Rekomendasi