Honda CRF1100L Africa Twin MY2021 Punya Warna Baru

Honda CRF1100L Africa Twin MY2021 Punya Warna Baru
Gambar
Review Pengguna

Honda CRF1100L Africa Twin untuk model 2021 mendapat tiga warna baru. Semua skema cat yang ditawarkan hanya untuk tipe standar. Meski mendapat tampilan baru, mesin dan fiturnya masih tetap sama dengan model yang masih dipasarkan saat ini.

Penyegaran ini ditujukan untuk para penggemar Africa Twin di seluruh dunia. Warna baru yang tersedia yakni Pearl Glare White Tricolor, Grand Prix Red dan Matte Ballistic Black. Semua cat itu sebenarnya sudah disematkan di varian tertinggi, Adventure Sports. Rupanya 70 persen konsumennya memilih motif klasik, 'Tricolor' (putih, merah dan biru). Jadi pihak pabrikan menawarkannya sebagai opsi di samping pilihan merah dan hitam yang sudah ada

Seperti kita ketahui, Honda CRF1100L Africa Twin menggantikan generasi sebelumnya. Kapasitas mesinnya lebih besar. Dari yang sebelumnya 998 cc, kini menjadi 1.084 cc. Berkat stroke yang dipanjangkan sekitar 5 mm, volumenya naik 86 cc. Kepala silinder juga direvisi, peningkatan katup meningkat, throttle body dan injektor lebih besar sehingga menghasilkan daya maksimal di dalam ruang bakar. Secara keseluruhan, torsi meningkat 7 persen dan tenaga puncak naik 6 persen. Kini menghasilkan torsi 105 Nm di kitiran 6.250 rpm dan tenaga maksimal 101 hp pada putaran 7.500 rpm.

2021 Honda CRF1100L Africa Twin

Tak hanya peningkatan di sektor tenaga, CRF1100L juga mempunyai fitur lebih lengkap dan bobot yang terbilang ringan. Desain bodinya juga lebih ramping dibanding pendahulunya. Penampilannya gagah, khas motor tualang sejati. Tetap menyuguhkan ketangguhan sebagai motor jelajah dan diciptakan untuk rider penikmat tualang.

Baca juga: Honda CBR 250 RR SP tanpa Quick Shifter Dijual Mulai Rp 72,7 Juta

Desainnya masih mengusung konsep Rally Dakar. Bagian depan kini lebih agresif, berkat dua lampu utama yang wujudnya mirip mata burung hantu. Di dalamnya sudah dibenamkan teknologi LED dan paket DRL (Day Running Light). Ditambahkan pula dengan fitur cornering lights, lampu tambahan yang menyala untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor.

Bagian dasbornya lebih canggih dibanding model sebelumnya. Itu tak terlepas dari penggunaan panel instrumen TFT berukuran 6,5 inci. Bentangan layarnya pun telah menerapkan teknologi touchscreen yang menawan. Sama seperti yang disematkan di Gold Wing baru. Dibekali Bluetooth Smartphone/Audio Connectivity. Teknologi ini dipadukan dengan fitur mirroring, Apple CarPlay. Sedangkan spidometer dan indikator lain dibuat terpisah di bawahnya. Tampilannya pun sederhana dan berukuran kecil.

2021 Honda CRF1100L Africa Twin

Untuk paket elektroniknya, ia hadir dengan 6 sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang terkoneksi dengan ECU dan ABS. Berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendara. Meliputi deteksi ABS ketika menikung (mencegah rem mengunci saat menikung), DCT cornering detection, mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, dan wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

Baca juga: Barisan Motor Ini Batal Tampil di Tokyo Motorcycle Show

Kuda besi tipe tourer ini juga dilengkapi pengaplikasian 4 riding mode. Bisa disesuaikan dengan medan jalan yang dihadapi, ada tour, urban, gravel dan off-road. Setiap modenya memberikan tenaga dan daya pengereman yang tergantung pada situasi dan tingkat agresivitas. Ditambah 2 mode yang dapat di kustom. Jadi, pengendara bisa menyesuaikan kemampuan motornya sendiri sesuai kebutuhan. Tambahannya ada fitur Emergency Stop Signals, power socket 12 volt dan fitur penghangat grip. Pengendaranya benar-benar dimanjakan dengan dukungan fiturnya yang berkualitas.

Rangkanya dirancang ulang. Alhasil mengalami penurunan bobot sekitar 1,8 kg. Subframe juga didesain dengan model bolt-on. Dibuat dengan material aluminium. Tangki bahan bakar lebih besar dibanding model sebelumnya. Generasi terbaru berkapasitas 24,2 liter. Membuat pengendaranya tidak perlu khawatir isi bensin berulang kali saat dibawa jarak jauh.

Kaki-kakinya dibekali suspensi Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA) keluaran Showa. Fungsinya dapat mengatur tingkat redaman suspensi saat berjalan. Terdapat 5 setelan EERA, yakni Hard, Mid, Soft, Off-Road, dan User. Ketinggian windhield dan joknya pun dapat diubah sesuai dengan keinginan pengendara.

Buat di Indonesia, AHM memasarkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan harga Rp 652,9 juta untuk tipe manual dan tipe DCT dibanderol Rp 692,9 juta on the road DKI Jakarta. (Bgx/Tom)

Sumber: Bennetts, Motorcyclenews

Baca juga: Satu Dekade Transmisi Dual Clutch Honda: Kelanjutan Evolusi Lebih Canggih

Jelajahi Honda CRF1100L Africa Twin

Honda CRF1100L Africa Twin Rp 652,9 - Rp 692,9 Juta Cicilan : Rp 14,9 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store