GESITS Siapkan Motor Listrik Baru Berdesain Tangguh dengan Setang Telanjang, Ini Wujudnya

GESITS Siapkan Motor Listrik Baru Berdesain Tangguh dengan Setang Telanjang, Ini Wujudnya

Pabrikan motor listrik produksi dalam negeri, GESITS tampaknya tak lama lagi akan meluncurkan model baru. Hal ini terungkap lewat desain dan paten industri yang diunggah dalam laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Republik Indonesia.

Purwarupa baru dari motor listrik GESITS muncul di dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 28/DI/2021. Dalam dokumen tersebut tertulis PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) sebagai nama pendaftar dari hak paten motor listrik baru itu.

Desain ini sudah resmi terdaftar dengan nomor pengumuman A00202102517 dan diberikan perlindungan tertanggal 29 Juni 2021. Di dalam deskripsi produk, motor tersebut dijelaskan sebagai alat transportasi atau kendaraan roda dua dengan tenaga listrik. Adapun untuk pendesainnya adalah warga negara Indonesia (WNI Atep Supriadi, Idrus Abdullah Masyhur, dan Sigit Pramono.

motor baru Gesits

Dari visual gambar paten tersebut, terlihat desain dari motor listrik GESITS ini menggunakan setang model telanjang yang punya kemiripan dengan Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride. Pabrikan rasanya ingin menguatkan identitas sebuah motor listrik tangguh, lincah, dan cocok digunakan sebagai kendaraan mobilitas.

Baca juga: Setelah Senegal, Motor Listrik GESITS Bakal Diekspor ke Pasar Australia

Secara umum, desainya memancarkan aura motor yang agresif dan sporty. Itu bisa dilihat dari tarikan bodi serba tajam mulai dari fascia hingga ke buritan. Lampu depannya mengaplikasikan model double headlamp dan dipermanis dengan komponen visor mungil di depan setangnya.

Sementara bodi belakang terlihat sedikit gemuk dan tinggi. Motor ini juga dilengkapi dengan behel terpisah atau yang lebih dikenal sebagai behel model tanduk seperti di Honda CB150R Streetfire. Sayangnya tak dijelaskan spesifikasi yang akan digunakan, termasuk detail gambar yang lainnya.

motor baru Gesits

Sampai saat ini, pabrikan baru memiliki 1 produk motor listrik saja yang diberi nama GESITS G1. Motor setrum yang diperkenalkan secara resmi pada 2019 lalu itu dibekali dinamo listrik bertenaga 6,7 daya kuda dan torsi 30 Nm, yang berkapasitas 1.396 Watt. Dalam keadaan penuh bisa menjelajah hingga 50 kilometer. Soal pengisian daya baterainya ada 2 cara, pertama normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Maka dari itu untuk mode normal kecepatan pengisiannya sekitar 4 sampai 5 jam, sedangkan pengisian cepat 3 hingga 4 jam

Adapun untuk fiturnya, GESITS G1 dibekali dengan 3 mode berkendara yakni Eco, Urban, dan Sport. Semuanya menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh yang berbeda. Klaimnya motor setrum ini bisa digeber hingga 60 sampai 70 kilometer per jam. Untuk perantinya lainnya sudah menggunakan sistem pencahayaan full LED, hadir dermaga pengisian gawai, gigi mundur yang memudahkan pemilik saat parkir, dan juga panel meter backlit yang mengikuti intensitas cahaya.

Urusan deselerasi, GESITS G1 dibenamkan pengereman depan dan belakang model cakram. Nah untuk roda depan menggunakan velg palang racing (cast wheel) berukuran 14 inci dengan profil ban 80/80 dan 100/80 untuk roda belakang.

Motor listrik Gesits

Sementara dimensi tubuhnya punya kemiripan dengan skutik konvensional yang sudah akrab di mata konsumen indonesia. Memiliki dimensi panjang 1.947 mm, lebar 674 mm, tinggi 1.135 mm, serta wheelbase 1.290 mm. Sementara untuk bobotnya, GESITS G1 punya berat sampai Berat 94,5 kilogram dengan kapasitas angkut maksimum 150 kilogram.

Pastikan ada produk baru tahun ini

Direktur Keuangan PT WIMA, Trihari Agus Riyanto belum lama ini mengatakan, jika pihaknya tengah menyiapkan produk baru yang rencananya akan diperkenalkan paling lambat akhir tahun ini. Nah, dengan bocornya paten desain di laman PDKI, mungkin saja jika motor anyar yang dimaksud adalah tipe yang sama.

"Mudah-mudahan varian baru nanti kita perkenalkan akhir tahun (2021). Tahun 2022 juga kita akan luncurkan kembali varian yang lainnya. Hampir semua konstruksinya sama mulai dari rangka dan kelistrikan. Tapi harganya akan di bawah yang sekarang, ada fitur yang mungkin tidak terlalu wah diaplikasikan," kata Trihari kepada OTO.com beberapa waktu lalu.

Sebagai gambaran harga calon motor baru GESITS, kita bisa menganalisanya dari tipe G1 yang dijual saat ini dengan banderol Rp 26,6 juta off the road. Menarik buat ditunggu apakah harga jualnya akan lebih murah atau lebih mahal dari tipe yang sekarang. (Kit/Tom)

Baca juga: Cicilan Motor Listrik United T1800 September 2021, Per Bulan Cuma Rp 500 Ribuan

Jelajahi Gesits Electric

Model Motor Gesits

  • Gesits Electric
    Gesits Electric
Motor Gesits

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Gesits Electric Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Gesits Electric

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang