BMW Motorrad Luncurkan Mesin Boxer Baru untuk Motor Adventure

Gambar
Review Pengguna

BMW Motorrad resmi meluncurkan mesin Boxer 1.250 cc terbarunya. Proyek ini akhirnya selesai, setelah sekian lama mereka rahasiakan proses pengembangannya. Dilansir Bikes Republic, merek motor Jerman itu menyiapkan mesin besar sebagai dapur pacu yang bakal dipakai oleh dua motor adventurenya; BMW R1250GS dan R1250RT.

BMW Motorrad Luncurkan Mesin Boxer Baru untuk Motor Adventure

Untuk diketahui, pabrikan Jerman itu meluncurkan motor seri GS dan RT terbarunya secara bersamaan di Intermot 2018 mendatang. Nantinya, kedua motor dibekali fitur BMW ShiftCam Technology. Dengan teknologi ini, mesin BMW memiliki dua karakter, memberi performa yang agresif dan bisa juga digunakan untuk berkendara sehari-hari dengan performanya yang "kalem".

Teknologi variable valve, memungkinkan variasi timing katup dan stroke katup pada sisi intake. Camshafts intake ini, didesain untuk membuka dua katup intake secara bergantian, agar menghasilkan putaran campuran udara yang lebih baik untuk pembakaran lebih efektif.

Perubahan teknis lainnya pada mesin berhubungan dengan camshaft drive, yang sekarang dijalankan oleh rantai bergigi (sebelumnya tipe roller chain). Ini membuat pasokan oli lebih optimal dan memiliki sistem pembuangan baru.

Teknologi shiftcam membuat mesin boxernya menghasilkan tenaga sebesar 136 bhp (100 kW) pada 7.750 rpm dan torsi 143 Nm pada 6.250 rpm. Tenaga ini meningkat 14 persen dibandingkan mesin 1.200 cc sebelumnya yang dipakai BMW R1200GS model sekarang. Mesin itu hanya menghasilkan 125 bhp (92 kW) dan 125 Nm torsi pada putaran mesin sama. Mesin anyar BMW juga diklaim mengalami peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 4 persen.

Penyematan teknologi terbaru pada mesin boxer BMW Motorrad, tentu berperan penting meningkatkan kurva tenaga di tiap lini perputaran mesin. Tak hanya itu, mode GS dan RT turut dipersenjatai teknologi Automatic Stability Control dan Hill Start Control. Sistem pengereman ABS, dynamic brakes, and dynamic traction control sudah standar pada kedua motor.

Fitur lainnya sebagai pendukung informasi bagi pengendara, BMW menyematkan layar sentuh TFT berukuran 6,5 inci pada dasbor motor adventure terbarunya. Layar ini terkoneksi dengan berbagai aplikasi pendukung lainnya.

Jika kedua model meluncur tahun ini, mereka bakal menjadi lawan yang sepadan untuk Ducati Multistrada 1260, KTM Adventure 1290, dan Triumph Tiger 1200. Soal pesaingnya, Ducati juga tak mau kalah. Dengan adanya motor baru BMW, Ducati telah mempersiapkan pembaruan pada motor tualang mereka. Seperti dilansir Bennets, pabrikan Italia itu berencana menambah varian motor adventure andalannya, Ducati Multistrada 1260 Enduro. Kabarnya, motor baru itu dirilis di EICMA yang digelar di Milan pada November 2018.

Untuk sektor kaki-kakinya, akan ada yang berbeda dengan varian Ducati Multistrada 1260 sebelumnya. Moge dual-purpose ini dibekali suspensi yang lebih empuk dengan pelek jari-jari. (Yrk/Van)

Baca Juga: Akhirnya, Ada Warna Baru Honda CRF150L

Jelajahi BMW R 1200 GS

BMW R 1200 GS Rp 695 - Rp 814 Juta Cicilan : Rp 15,86 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store