Biker Indonesia Solo Riding ke Berlin Pakai Yamaha MT-09 Bawa Misi Perdamaian

Dari Borobudur menuju Berlin menggunakan Yamaha MT-09

Biker Indonesia Solo Riding ke Berlin Pakai Yamaha MT-09 Bawa Misi Perdamaian

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dukung salah satu biker yang ingin melakukan solo riding ke Berlin, Jerman. Touring lintas negara membawa misi perdamaian dan toleransi dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Rencananya kegiatan bertajuk “Nunggang Roso Riding from Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace” menggunakan MT-09.

Pabrikan “garpu tala” selalu mendukung aktivitas positif terkait beragam bidang termasuk yang mengangkat kebudayaan bangsa Indonesia serta toleransi dan perdamaian. Salah satunya dengan berkendara sepeda motor. Peran Yamaha dalam hal ini yakni mendukung kegiatan bertajuk “Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace”.

Acara pelepasan biker solo riding berlangsung di area museum Sonobudoyo Yogyakarta, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2024. Diselenggarakan Daulat Budaya Nusantara bekerja sama dengan Yamaha, menampilkan pengendara tunggal Achmad Ibnu Wibowo atau yang dikenal dengan Gus Paox Iben. Dia mengendarai Yamaha MT-09 menuju Berlin, Jerman. Dirinya berangkat dari Borobudur, Jawa Tengah membawa misi kebudayaan, perdamaian dan toleransi dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika menuju Berlin.

Solo riding ke Berlin pakai Yamaha MT-09

"Temanya nunggang roso karena kendaraan ini alat dan yang terpenting adalah rasa. Bayangkan ada di suatu negara yang sama-sama tidak mengenal bahasanya. Komunikasinya tentunya pake roso. Rasa persaudaraan yang harus dilipatgandakan dan dikampanyekan ke Indonesia dan seluruh dunia, dan Indonesia punya Bhinneka Tunggal Ika. Kenapa dari Borobudur ke Berlin, karena Borobudur adalah ikon Indonesia yang mengajarkan banyak hal. Dan Berlin simbol robohnya batas antara barat dan timur. Perjalanan ini juga menjadi pesan di banyak tempat, bahwa ada dari Indonesia membawa misi toleransi, perdamaian, persaudaraan dan mengajak berpikir tentang masa depan kebudayaan kita,” kata Gus Paox Iben.

Perjalanannya bakal melewati 18 negara mulai dari Indonesia menuju Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Nepal, India, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Turki, Bulgaria, Yunani, Italia, Prancis, Belgia, Belanda, Jerman.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Daulat Budaya Nusantara melalui solo riding Gus Paox Iben bertemakan "Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace”. Ini merupakan perpaduan yang sangat menarik karena dapat mendeskripsikan perjalanan jauh lintas negara memakai motor Yamaha. Kami harapkan turut menyukseskan tujuan positif anak bangsa yang telah mempercayakan penggunaan kendaraan dengan memilih Yamaha MT-09 sebagai partner berkendara," ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Solo riding ke Berlin pakai Yamaha MT-09

Dalam kesempatan ini, perwakilan Yamaha yaitu Antonius Widiantoro ikut mengendarai Yamaha MT-07 bersama bikers komunitas motor melakukan city touring menuju area Candi Borobudur. Begitu pula Gus Paox Iben yang menggunakan MT-09 untuk menamani dirinya sampai Berlin, Jerman.

“Pakai MT-09 karena lebih cocok untuk body Asia, body Indonesia. Saya riding bukan untuk cepet-cepetan ngejar sesuatu atau ngetes kekuatan motor. Tapi banyak singgah di tempat-tempat heritage, ketemu komunitas, jadi motor harus disesuaikan. Lalu hari ini (20 Mei 2024) untuk city touring pakai MT-09, memang motor ini untuk kota ini tempatnya. Memang motor ini didesain untuk riding di wilayah kota dan rasanya enak sekali. Untuk yang suka adrenalin ya jelas ini jagoannya motor ini. Kontrol motor ini pun masih bisa dikuasai dengan baik," beber Gus Paox Iben.

Sebelum bertolak melewati rute menantang menuju Berlin, Gus Paox Iben melakukan touring domestik terlebih dahulu, selama sebulan mulai 20 Mei-20 Juni 2024. Adventure panjang tersebut tentunya akan memberikan momen mengesankan memakai big bike unggulan Yamaha MT-09.

Solo riding ke Berlin pakai Yamaha MT-09

Sebagai infomasi, MT-09 adalah motor big bike unggulan Yamaha dari keluarga MT Series yang memiliki beragam keunggulan. Motor ini mempunyai banyak keunggulan yang telah diakui dunia dan jadi pilihan bikers pecinta motor besar.

MT-09 mengusung konsep “Synchronized Performance Bike” dengan 3 keunggulan yaitu torsi bertenaga, handling lincah, dan karakter agresif yang hanya dimiliki MT-09.

MT-09 “Master of Torque”, mengusung mesin 3 silinder 120° crankshaft dilengkapi teknologi YCC-T Yamaha Chip Controlled Throttle; Unequal intake funnel; FS (Fracture split) connecting rod sehingga mampu menghasilkan torsi maksimal 87,5 Nm pada 8.500 rpm yang menjadikan MT-09 sebagai “Master of Torque” di kelasnya dan power maksimal 113 Hp pada 10.000 rpm.

MT-09 memiliki handling yang ringan dan lincah. Didukung dengan rangka aluminium dengan desain compact. MT-09 memiliki rigiditas yang baik saat berkendara. Biker akan merasakan kenyamanan dan kestabilan selama riding karena dilengkapi aluminum tapered handlebars, seat yang panjang dan desain tangki yang mendukung posisi berkendara. Dipersenjatai adjustable suspension pada kedua suspensi, pengendara dapat menyesuaikan keinginannya saat bermanuver di berbagai medan jalan.

Tipe suspensi depan model Upside down (USD) membuatnya semakin gagah serta suspensi belakang tipe link yang nyaris horizontal, membuat sentralisasi titik berat yang sangat baik. MT-09 memiliki karakter agresif, tercipta dari desain air scoop, desain rangka kekar dan kuat, desain muffler padat, dan ditopang oleh suspensi yang kokoh. Desain switch starter yang terintegerasi dengan switch engine stop memberikan kesan atraktif. Liquid crystal speedometer dan spion didesain compact dan bobotnya ringan sehingga harmonis dengan body dan mesin.

Dengan semua fitur yang ada pada MT-09, saat berada di atas motor ini pengendara akan merasakan sensasi adrenalin yang menantang dan pride tersendiri saat mengendarainya. (BGX/TOM)

Baca juga: Sebanyak 750 Starter Ikut Drag Race Khusus Harley-Davidson

Zenuar Yoga

Zenuar Yoga

Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

Baca Bio Penuh

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • Kawasaki Ninja H2SX
    Kawasaki Ninja H2SX
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Yamaha Niken
    Yamaha Niken
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Kawasaki Ninja H2R
    Kawasaki Ninja H2R
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW R 1200 GS 2024
    BMW R 1200 GS 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW F 800 R
    BMW F 800 R
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
  • New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
    New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
    13 Jun, 2024 .
  • Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
    Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
    13 Jun, 2024 .
  • New Vespa Sprint 2024, Sekarang Nyaris Rp60 Juta!
    New Vespa Sprint 2024, Sekarang Nyaris Rp60 Juta!
    04 Jun, 2024 .
  • Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
    Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
    24 May, 2024 .
  • Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
    Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
    21 May, 2024 .
  • PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
    PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
    06 May, 2024 .
  • Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
    Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
    06 May, 2024 .
  • Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
    Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
    26 Mar, 2024 .
  • Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
    Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
    01 Mar, 2024 .
  • New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
    New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
    27 Feb, 2024 .
Tonton Video Motor

Artikel Motor dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
    Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
    Setyo Adi, Hari ini
  • Skuter Listrik TVS iQube S Mulai Dijual, Fiturnya Mutakhir
    Skuter Listrik TVS iQube S Mulai Dijual, Fiturnya Mutakhir
    Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
  • Keeway Rilis Moge Gaya Bobber Napoleonbob 500
    Keeway Rilis Moge Gaya Bobber Napoleonbob 500
    Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
  • Kawasaki W175 Sekarang Punya Versi Mesin Injeksi
    Kawasaki W175 Sekarang Punya Versi Mesin Injeksi
    Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
  • Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
    Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
    Anjar Leksana, 13 Jun, 2024
  • Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
    Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
    Anjar Leksana, 06 Jun, 2023
  • 8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
    8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
    Bangkit Jaya Putra, 03 Mei, 2023
  • Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
    Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
    Zenuar Istanto, 26 Okt, 2022
  • Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
    Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
    Zenuar Istanto, 03 Okt, 2022
  • Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
    Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
    Zenuar Istanto, 16 Sep, 2022
  • First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
    First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
    Zenuar Istanto, 11 Jun, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
    Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
    Bangkit Jaya Putra, 25 Apr, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
    First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
    Setyo Adi, 07 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
    First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
    Bangkit Jaya Putra, 27 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
    Anjar Leksana, 30 Jan, 2024
  • Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
    Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
    Zenuar Istanto, 12 Jun, 2024
  • Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
    Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
    Anjar Leksana, 04 Jun, 2024
  • Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
    Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
    Zenuar Istanto, 22 Mei, 2024
  • 11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
    11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
    Bangkit Jaya Putra, 28 Jun, 2022
  • Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
    Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
    Zenuar Istanto, 22 Mar, 2022

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*