Toyota Corolla Cross Punya 5 Nilai Jual, Berpotensi Masuk Indonesia?

Toyota Corolla Cross Punya 5 Nilai Jual, Berpotensi Masuk Indonesia?
Gambar
Review Pengguna

Bukan Toyota namanya kalau tidak memiliki lapis ketat segmentasi mobil. Mereka mengupayakan jarak antarproduk tidak terlalu jauh. Sehingga penetrasi pasar mudah dijangkau. Contoh terbaru, perusahaan merilis Corolla Cross di Negeri Siam kemarin. Sontak ia menjadi rival HR-V 1.8L dan Mazda CX-30. Sedang di Indonesia, perusahaan belum punya jembatan untuk mengisi celah antara Fortuner dan Rush. Dengan lima nilai jual berikut, cocokkah buat market sini?

Rancangan

Sang Corolla SUV mengantongi desain eksterior menonjol. Ia dibangun di atas papan konstruksi TNGA-C. Sama dengan versi sedan. Jadi wajar tatkala perusahaan menggunakan nama serupa. Corolla punya sejarah kuat, sehingga model SUV mudah dikenal khalayak. Bahkan niscaya punya kenyamanan tak kalah dari kendaraan saloon. Namun memang harus dibuktikan lebih lanjut. Nah, barang anyar memiliki power moonroof, rak atap, sorot depan berikut lampu belakang LED, pelek 18 inci tipe hybrid dan 17 tipe Sport (reguler).

Baca Juga: Ini dia Sang Alter Ego Toyota Corolla Cross, Desainnya Mirip RAV4

Dimensi seluruh varian 4,460 x 1,825 x 1,620 mm dan wheelbase 2,640 mm. Ia menawarkan ruang cukup untuk semua kebutuhan konsumen. Memasuki kabin, tatanan tergolong apik. Masih berbau premium lewat sentuhan warna merah Terra Rossa. Plus sisipan Multi Information Display (MID) tujuh inci.

2021 Toyota Corolla Cross rear

Opsi Enjin

Corolla Cross dijajakan dalam dua pilihan mesin: reguler & hybrid 1,8 liter. Unit konvensional, ditancap enjin empat silinder segaris DOHC 16 valve. Dengan ukuran bore & stroke 80,5 x 88.3, ia memuncahkan tenaga 140 PS di 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Mekanikal pacu bensin, memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 15,4 kilometer per liter. Emisi karbon dioksida 150 gram per kilometer.

Lalu Corolla Cross Hybrid konsumsi bahan bakar rerata hanya 23,3 km/liter berikut emisi gas buang CO2 98 gram/km. Dengan enjin sama 1.8L sama, ia memiliki daya 98 PS di 5.200 rpm dan momen puntir 142 Nm mulai 3.600 rpm. Lalu dorongan dari synchronous motor permanent magnet 600 V. Terpasang baterai nickel-metal hydride 28 modules 168 cells. Listrik mengaliri dinamo gerak hingga memproduksi imbuhan daya 53 Kw (72 PS). Kemudian dorongan torsi 163 Nm.

Baca Juga: Suzuki Pamer Across, Kembaran Toyota RAV4 Berteknologi Plug-in Hybrid

Andai unit hybrid dijual di sini, bisa menambah lini produk. Setidaknya tak kalah dari Nissan yang sebentar lagi memboyong Kicks e-Power. Faktanya, Toyota Astra Motor tengah gencar dengan hibridisasi di pasar nasional. Corolla Cross Hybrid jadi jawaban realistis menjawab tantangan industri di sini.

2021 Toyota Corolla Cross interior

Fitur

Toyota menawarkan All New Corolla Cross dengan ruang bagasi berkapasitas maksimum 487 liter. Selain itu, mobil memiliki pintu besar guna memudahkan masuk dan keluar kabin. Untuk menambah kepraktisan, mobil juga dilengkapi Power Back Door berikut Activated Kick Sensor. Cukup gerakkan kaki tepat di bawah bumper belakang guna membuka pintu bagasi. Selain itu, ada Power Adjustable Driver Seat, kontrol iklim otomatis dua zona. Kursi belakang dapat diringkuk hingga 6 derajat, sandaran kursi belakang fleksibel. Plus power outlet USB untuk penumpang belakang.

Keamanan

Peranti keselamatan dan Corolla Cross dikembangkan berdasarkan pada DNA seri sedan. Sehingga memastikan semua perjalanan berkendara begitu aman. Terpasang Toyota Safety Sense yang terbukti kemampuannya secara global. Kalau teknologi itu dibedah, tersedia Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist. Lanjut Automatic High Beam, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, Rear CROSS Traffic Alert serta 7 SRS Airbags.

Konektivitas

Untuk seluruh varian tersemat layar sentuh 9 inci. Kompatibel dengan Apple CarPlay bersama T-Connect. Anda bisa mendendangkan musik melalui berbagai sumber. Pemanja telinga menggunakan sistem 2-way dan rentang frekuensi tersembur dari enam buah speaker.

Baca Juga: Toyota RAV4 Mulai Dijual di Malaysia, Begini Spesifikasinya

“Dengan tagline New Journey, All-New Corolla Cross dikembangkan berwujud SUV kompak namun nyaman. Mobil Ini adalah produk gres dalam kategori baru yang belum pernah dimiliki Toyota sebelumnya di segmen SUV. Dan Thailand merupakan negara pertama di dunia yang merilis. Platform Corolla Cross didasarkan pada sedan Corolla. Oleh karena itu kualitas, daya tahan serta keandalannya terjamin. Bersamanya, Anda dapat menghabiskan waktu berharga bersama keluarga di ruang pribadi nan aman. Juga bagian gaya hidup pelanggan,” ucap Michinobu Sugata, President of Toyota Motor Thailand Company Limited.

Inferensi

Melihat itu semua, baik model reguler maupun hybrid sesungguhnya amat cocok dibawa ke Indonesia. TAM sudah biasa memboyong unit dari sana. Jadi bukan lagi perkara sukar dan ongkos perjalanan tidak begitu mahal. Misal, dibanding impor dari Jepang. Untuk menggenapi lini produk di sini, ia sangat cocok. Pun kalau masuk, GIIAS 2020 bisa jadi panggung pengenalan bersama SUV lain.

Walau begitu, APM tak mau berkomentar lebih jauh. "Untuk saat ini saya masih belum bisa memberikan informasi terkait Toyota Corolla Cross. Kalau memang meluncur di Indonesia, pasti akan kami kabari," terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM, seperti dilansir Liputan6. (Alx/Odi)

Baca Juga: Simak detail Toyota Fortuner Legender, Calon Pengganti TRD Sportivo di Indonesia?

Jelajahi Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Rp 457,8 - Rp 497,8 Juta Cicilan : Rp 10,45 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store