Ini dia Sang Alter Ego Toyota Corolla Cross, Desainnya Mirip RAV4

Gambar
Review Pengguna

Setelah beredar banyak spekulasi dan berbagai asumsi, akhirnya misteri Toyota Corolla versi SUV terkuak. Resmi sudah alter ego sedan terlaris Toyota itu mendebut di Thailand, membawa nama Corolla Cross. Racikannya kental dengan ciri RAV4, ditenagai seleksi pembangkit Corolla.


Rancangan keseluruhan cukup lantang menjelaskan sumber pengaruh RAV4. Dipahat lebih lembut seakan menjadikan Corolla Cross sebagai adik kecilnya. Tak salah juga karena secara dimensi memang lebih kecil, persis mengisi ruang antara Toyota C-HR dan RAV4. Dicatatkan angka 4.460 x 1.825 x 1.620 mm (PxLxT) dengan jarak antarsumbu seukuran C-HR: 2.640 mm.


Jika lekuk permukaan tubuh RAV4 tajam dan tegas, eksekusi Corolla Cross cenderung minim sudut. Garisnya mirip hanya saja dihaluskan. Di depan, rumah lampu berisi pendar LED tampak lebar menyipit, langsung terhubung ke arah grille. Di situ letak dominasi paras. Ketika melirik ke bawah, apron hitam memberikan nuansa tangguh bak elemen bull bar. Area dagu disudahi oleh fog lamp dan skid plate metalik.


Toyota Corolla Cross rear end


Melirik fasad samping, ciri sang kakak lebih terasa lagi. Terutama pada area rumah kaca lantaran ornamen trim kromium yang membelah pillar D. Pun dapat dilihat sepatbor mengotak, hanya saja sudut tidak setajam RAV4. Selain itu, definisi otot di fender memainkan lonjakan kontur mulus bukan lekuk.


Baca Juga: Toyota RAV4 Mulai Dijual di Malaysia, Begini Spesifikasinya


Lanjut ke buritan, tumpukan dari kaca ke bumper boleh dibilang mirip dan dihaluskan. Sama seperti bagian lainnya, bahkan komposisi jeroan lampu mengikuti. Jadi secara mendasar kurang lebih bagai satu keturunan, serupa tapi tak sama.


Kendati begitu, Corolla Cross berdiri di atas platform kompak TNGA-C serupa Corolla sedan, bukan TNGA-K. Penyesuaian diberikan berupa suspensi torsion-beam anyar, optimalisasi geometri, serta mengadopsi bos suspensi lembut demi pengendalian stabil sekaligus nyaman. Unit 2ZR dipercaya sebagai pencipta gerak, beroperasi mandiri atau dibarengi motor listrik pada model hybrid.


Berkaca pada dimensi tubuh, Corolla Cross mendekati ukuran SUV monokok yang beredar di Tanah Air. Karakteristiknya mirip Mazda CX-5, sanggup mengakomodir 5 penumpang saja dengan bagasi ekstra. Nuansa sederhana nan futuristis hadir dalam kabin, sekaligus dirancang mewah. Tidak banyak kesibukan di dasbor. Set sistem infotainment 9 inci dan kontrol AC melekat elegan, terbungkus finishing hitam mengilap di center stack. Material kulit diaplikasikan sebagai pembungkus bangku, setir, dan tuas transmisi.


Corolla Cross cabin


Opsi konvensional menggendong enjin 2ZR-FBE, sanggup membuncahkan tenaga 140 PS di 6.000 rpm. Torsi puncak 177 Nm diraih sejak putaran 4.000 rpm. Familiar, figur ini sesuai dengan tingkatan output versi sedan. Seluruh putaran kemudian diterjemahkan oleh transmisi otomatis Super CVT-i ke roda depan. Sementara itu, model hybrid mengenakan 2ZR-FXE berpadu Toyota Hybrid System II menghasilkan output sebesar 122 PS.


Baca Juga: Toyota Pasarkan Base Model GR Yaris Lebih Jinak Bertransmisi CVT


Selain jantung pacu, crossover kompak Toyota ini turut dibekali perangkat keselamatan sebagaimana versi sedan. Ialah Toyota Safety Sense, berisi paket komplet mulai dari peringatan blind-spot hingga pre-collision system. Di Thailand, Corolla Cross dipasarkan dalam empat tingkatan trim, dibanderol mulai dari 959.000 – 1.199.000 Baht (Rp 443,7 – 554,6 jutaan).


“Dengan Corolla Cross masuk ke dalam keluarga Corolla, kami dengan tulus berharap konsumen mau menerima mobil ini menjadi bagian dari keluarga: sama seperti rekannya sendiri, saudara, atau bahkan teman. Kami berharap Corolla Cross dapat bantu pelanggan dapat menciptakan cerita baru dengan menangkut penumpang yang dicinta, barang-barang, serta mimpi untuk masa depan,” Komentar Daizo Kameyama, Chief Engineer yang bertanggung jawab atas pengembangan Corolla Cross. (Krm/Odi)


Baca Juga: Suzuki Pamer Across, Kembaran Toyota RAV4 Berteknologi Plug-in Hybrid

Jelajahi Toyota Corolla Cross

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store