Telisik Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dan Dakar Ultimate

Telisik Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dan Dakar Ultimate

Mitsubishi Pajero Sport terbaru memang sangat menarik. Tampilannya yang sangat segar disertai ragam kecanggihan, membuat penantian lama terobati. Sadar akan potensinya yang sangat luas, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun tak mau pilah-pilih dalam merilis aneka variannya.

“Sejak diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 2009 Mitsubishi Pajero Sport telah mendapatkan perhatian, penerimaan positif serta pengakuan dari konsumen, dan institusi nasional. Hal ini dibuktikan dengan total populasi Pajero Sport di Indonesia yang telah mencapai 164.773 unit. Dengan segala keunggulan yang dilengkapi pada New Pajero Sport, kami berharap model ini mendapatkan penerimaan yang lebih baik lagi, sekaligus dapat menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian dan mimpi serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup. Live the adventure!” ungkap Naoya Nakamura President Director PT MMKSI saat merilis mobil ini ke Indonesia, Februari lalu.

Total ada 6 varian yang dihadirkan, dengan dua pilihan mesin diesel dan tiga pilihan transmisi. Dua varian yang ingin kami highlight kali ini adalah Dakar 4x2 dan Dakar Ultimate 4x2. Tipe ini merupakan trim 4x2 termewah yang dilengkapi mesin diesel 4N15 dan girboks otomatis dengan jumlah percepatan sangat banyak, mencapai 8-speed. Diferensiasi harga keduanya pun mencapai hampir Rp 50 juta, berikut detailnya.

New Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Dakar 4x2 merupakan varian termurah yang bisa Anda beli jika mengharap Pajero Sport dengan kombinasi mesin tercanggih dan girboks matik paling advance. Harga model ini adalah Rp 575,7 juta (OTR DKI Jakarta).

Mesin (4N15) 2,4 liter diesel yang diembannya sudah disisipkan teknologi MIVEC dengan turbo variabel (VGT). Dari mesin itu, tenaga sejumlah 181 PS bisa diekstrak beserta ketersediaan torsi mencapai 430 Nm. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari varian-varian lebih murah bermesin 4D56 yang cuma bisa menyajikan tenaga 136 PS dan torsi 324 Nm. Asyiknya, pada varian Dakar 4x2, Anda sudah mendapatkan girboks otomatis dengan rasio percepatan sangat banyak, mencapai 8-speed. Untuk mempernyaman proses pengendaraan, fitur Cruise Control siap menjaga kecepatan konstan.

Di dalam kabin, ragam fitur canggih bakal menyambut. Mulai dari panel instrumen digital yang jadi kluster pemampang seluruh parameter pengendaraan. Panel digital berwarna ini, berukuran 8 inci dan bisa dipilih formatnya dari tiga default yang tersedia. Plus juga, varian ini sudah punya sun roof yang tidak dimiliki oleh Dakar Ultimate 4x2.

Baca juga: Dapat Potongan PPnBM Lebih dari Rp 16 Juta, Ini yang Membuat Mitsubishi Xpander Ultimate Menarik untuk Dibeli

Penunjang hiburan juga sudah mumpuni, headunit 8 inci bisa mengakomodir konektvitas smartphone didukung 6 buah speaker di seluruh kabin. Asyiknya lagi, jika smartphone atau laptop sekalipun kekurangan daya, power outlet yang sudah dikonversi ke arus AC tersedia, sehingga tak perlu lagi adaptor khusus.

Salah satu yang baru di Pajero Sport adalah Mitsubishi Remote Control (MRC). Fitur ini sejatinya menghubungkan mobil Anda dengan smartphone. Beberapa fungsi mobil pun jadi bisa diakses dari jarak dekat hingga menengah. Misalnya menemukan mobil di parkiran, mengingatkan jika masih ada bagian mobil yang menyala atau belum tertutup sempurna ketika ditinggalkan, hingga ragam informasi ala MID, bisa dibaca di genggaman.

Tampilan eksterior model ini juga tak kalah mewah dengan Dakar Ultimate, pasalnya opsi warna untuk kasta 'Dakar' memang sama di semua levelnya. Begitu pun velg Alloy 18 inci dual-tone yang gagah menghias kakinya. Lampu di sekujur tubuhnya sudah LED, bahkan dilengkapi cornering lamp yang akan menyala sesuai arah kemudi.

Peranti keamanan mobil ini juga terbilang sudah cukup. Fitur pasif berupa airbag sejumlah 7 buah yang menyebar di sekujur kabin. Peranti aktif seperti rem ABS tersedia beserta distributor elektrik (EBD) yang akan membagi porsi rem di roda belakang dan depan sesuai kebutuhan. Untuk meningkatkan keamanan saat proses keluar-masuk parkir, fitur sistem sensor ultrasonik (UMS) siap mendeteksi adanya objek di depan/belakang mobil dan mengintervensi mesin jika masih terjadi pergerakkan.

Mitsubishi New Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

Varian ini adalah versi Pajero Sport dengan skema gerak 4x2 termewah yang dijual. Banderolnya Rp 624,7 juta (OTR DKI Jakarta). Sederhananya, semua fitur yang ada di versi Dakar, ada di sini, kecuali Sun Roof. Bedanya, versi Ultimate ketambahan aneka sistem canggih yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Ragam peningkatan ini diklaim Mitsubishi memang merujuk pada masukan konsumen tanah air. "Mitsubishi New Pajero Sport merupakan model yang dikembangkan dengan mempertimbangkan masukan dari konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting MMC di Kawasan ASEAN, guna menyesuaikan keinginan dan kebutuhan konsumen. Model Pajero Sport telah diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia sejak tahun 2017, hingga saat ini untuk New Pajero Sport. Dengan penerimaan dan penjualan yang baik kami berharap model Pajero Sport dapat terus berkontribusi untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, serta menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian dan mimpi serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup. Live the adventure!,” ungkap Nakamura dalam siaran pers yang berbeda.

Misalnya saja pintu bagasi elektrik di Pajero Sport pada varian ini, aksesnya bisa dilakukan dengan sensor tendang yang berada di bawah bumper belakang. Adanya sensor ini memungkinkan membuka bagasi hanya dengan mengayunkan kaki saja. Tak cuma itu, pintu juga bisa diperintahkan untuk terbuka jika smartphone yang terkoneksi dengan MRC terdeteksi. Akses bagasi dengan smartphone ini kami nilai paling canggih bahkan masih jarang ditemukan di mobil mewah sekalipun.

Mitsubishi Pajero Sport

Fitur lain yang juga baru bisa ditemukan di varian ini adalah penunjang pengendaraan berbasis sensor. Misalnya saja Cruise Control yang bisa ditemukan di tipe Dakar, kini pada tipe Dakar Ultimate, fitur itu bekerja lebih canggih lagi, bisa mengikuti kecepatan mobil di depannya secara otomatis. Ada sensor ultrasonik yang akan mendeteksi jarak dengan kendaraan lain dan bisa disetel jaraknya sesuai preferensi pengemudi.

Satu fitur canggih yang juga dibawa dari versi sebelumnya adalah Forward Collision Mitigation System (FCM). Memanfaatkan sensor yang ada, Pajero Sport bisa memberikan notifikasi jika sistem merasakan adanya risiko benturan. Ketika pengemudi lalai merespon notifikasi, maka akan ada perintah otomatis pada rem untuk memberikan deselerasi supaya pengemudi ikut mengambil alih kendali rem. Jika tak dirasa ada intervensi dari pengemudi dan risiko menabrak masih mungkin, sistem akan memberikan pengereman ekstrim.

Sistem keamanan lainnya berbasis sensor adalah Blind Spot Warning System, fitur ini tadinya berfungsi hanya untuk mendeteksi keberadaan mobil di titik buta yang tidak terlihat dari visual peripheral pengemudi. Pada Pajero Sport Dakar Ultimate terbaru, fitur ini bekerja lebih advance lagi dengan memberikan notifikasi ketika kendaraan di samping belakang terdeteksi saat akan berpindah lajur (Lane Change Assist). (Van/Tom)

Baca juga: Mengenal 5 Kecanggihan Fitur Remote Control di Mitsubishi New Pajero Sport

Jelajahi Mitsubishi Pajero Sport

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Pajero Sport Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang