• Wishlist

Tamparan Kedua Untuk VW

Tamparan Kedua Untuk VW

Jakarta: Skandal 'Dieselgate' yang dilakukan oleh Volkswagen ternyata masih berbuntut panjang hingga saat ini. Dieselgate adalah skandal dimana Volkswagen terbukti menggunakan software khusus, yang didesain untuk mengakali uji emisi. Ada bocoran bahwa sebenarnya para bos VW sudah tahu ada pemasangan software ini sejak 2014, sementara saat terbongkar, mereka menyangkal tahu menahu soal kecurangan ini.

Dengan peranti lunak tersebut, mobil-mobil VW yang bermesin diesel, mengantongi angka emisi yang 'patut diacungi jempol'. Software tersebut konon dipasang oleh sekelompok engineer karena mereka memerlukan hal tersebut demi untuk bisa lolos dari uji emisi di negara maju, terutama Amerika Serikat yang sangat ketat dalam hal emisi. Namun terbongkarnya kecurangan tersebut saat diuji di Amerika Serikat, membuat pabrikan tersebut harus terima 'di-bully' dimana-mana.

Laporan terbaru yang kami kutip dari Autonews mengatakan bahwa jajaran manajemen, terutama Martin Winterkorn, CEO VW pada saat itu, sudah tahu, dan diperingatkan kalau software tersebut bisa ketahuan kapan saja. Peringatan itu dikeluarkan melalui surat oleh seseorang di jajaran internal, yang tidak disebutkan namanya, pada bulan Mei 2014 atau lebih dari satu tahun sebelum skandal ini terungkap.

Bulan September 2015 lalu, setelah terbongkar, VW mengakui bahwa mereka memang memasang pernati lunak yang bisa mendeteksi kalau mobil sedang uji emisi. Saat berjalan, software tersebut tidak berfungsi, dan mobil menghasilkan emisi yang melewati ambang batas. Martin Winterkorn mengundurkan diri beberapa saat kemudian, sembari mengatakan bahwa pengunduran dirinya ini adalah demi masa depan perusahaan, dan dirinya tidak mengetahui adanya kecurangan.

Laporan yang ditampilkan Autonews, yang juga dikutip dari berbagai sumber tersebut mengatakan sebaliknya. Dan ini akan menjadi tamparan berat bagi mereka, yang saat ini sedang memulai kampanye untuk memperbaiki reputasinya, sekaligus bersiap untuk membayar denda dan kompensasi yang harus mereka lakukan.

Berita terakhir mengatakan bahwa Porsche, anak perusahaan Volkswagen juga terpaksa menunda peluncuran Macan Diesel di pasar Amerika Serikat, entah sampai kapan. Porsche Macan ini diproyeksikan untuk menjadi kendaraan entry level untuk pabrikan Jerman tersebut, dan diharapakan mampu menggenjot penjualan karena harganya lumayan menarik, yaitu sekitar US $60.000.

Baca Juga: VW Group Laporkan Penurunan Penjualan 2015

Sumber: Autonews

Jelajahi Volkswagen Golf

Volkswagen Golf Rp 600 Juta Cicilan : Rp 13,69 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store