• Wishlist

Porsche Dalam Penyelidikan Penipuan Emisi

Porsche Dalam Penyelidikan Penipuan Emisi

Grup Volkswagen nampaknya lekat dengan skandal. Pasalnya, kasus dieselgate yang dari 2015 sampai saat ini belum tuntas, berbuntut ke anggota keluarga lain. Kali ini, giliran Porsche yang diberitakan terbelit kasus skandal emisi.

Menurut laporan situs Automotive News, jaksa penuntut di Stuttgart, Jerman, sedang melakukan penyelidikan kepada Porsche AG terkait penipuan dan informasi emisi palsu dari iklan mereka. Dikatakan, penyelidikan pada Porsche merupakan bagian akhir dalam investigasi menyeluruh terhadap produsen mobil grup Volkwagen dan emisi mereka setelah mengakui kecurangan sistematis dari hasil uji emisi mesin diesel pada 2015 lalu.

Cayenne-Platinum-Edition-(Exterior-2)

Jan Holzner, selaku jaksa Stuttgart, memberikan pernyataan bahwa mereka memiliki alasan yang kuat untuk mencurigai potensi penipuan dan iklan palsu dari pekerja Porsche. Sayangnya, ia menolak membeberkan lebih lanjut soal penyelidikan yang dilakukan.

Dari pihak Porsche juga angkat bicara. Mereka mengatakan, sepenuhnya bekerja sama dengan pihak berwenang dan secara proaktif menjalin komunikasi dengan jaksa, bahkan sebelum penyelidikan resmi dijalankan.

Perangkat lunak ilegal ditemukan di mobil VW, Audi dan Porsche yang menggunakan mesin diesel. Sejumlah model Porsche juga memakai mesin diesel V6 3.0 liter yang dipasok Audi. Sementara itu, jaksa di Munich juga melakukan penyelidikan terpisah kepada Audi mengenai perannya dalam mendesain mesin diesel 3.0 liter itu.

Pekan lalu, jaksa sudah menangkap Giovanni Pamio yang merupakan karyawan Audi, karena dicurigai melakukan kecurangan dan penipuan iklan. Pamio, yang saat ini dalam tahanan, juga dicari oleh departemen keadilan Amerika Serikat untuk dugaan mengarahkan karyawan-karyawan Audi agar mendesain perangkat lunak yang menipu pengujian emisi di Amerika Serikat.

Awal 2017 lalu, pihak Volkswagen sudah mengeluarkan penyelesaian melalui Federal Trade Commission dan disetujui oleh pengadilan. Isinya, berupa kompensasi penggantian uang serta pembelian kembali unit dari konsumen. Salah satu mobil yang masuk dalam daftar adalah Porsche Cayenne rilisan 2013-2016. Spesifikasi mesinnya, turbodiesel V6 3.0 liter TDI dengan padanan transmisi 8-speed Tiptronic S yang mengirimkan output ke penggerak empat roda.

Baca juga: Porsche Indonesia Siap Sajikan Model Hybrid

Jelajahi Porsche Cayenne

Porsche Cayenne Rp 3,43 - Rp 3,97 Milyar Cicilan : Rp 78,26 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store